11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya, 1 Diantaranya Hampir Punah

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Jenis ikan tuna yang sering dikonsumsi dan ciri cirinya – Sahabat bertaniorganik, Ikan tuna merupakan salah satu jenis ikan laut yang paling banyak dikonsumsi di dunia. Biasanya ikan tuna disajikan dalam olahan sashimi dan sushi. Selain itu ikan tuna juga dikemas dalam kaleng agar awet dan tahan lama.

Terdapat lebih dari 70 negara di dunia ini yang menghasilkan ikan tuna termasuk Indonesia. Karena memang ikan ini dapat ditemukan di seluruh lautan kecuali lautan kutub yang dingin.

Klasifikasi dan Ciri ciri Ikan Tuna

Ikan tuna (Thunnus sp.) merupakan jenis ikan laut pelagis bernilai ekonomi tinggi dalam perdagangan perikanan dunia.

Ikan ini tergolong sebagai perenang andal dengan kecepatan mencapai 77 Km/jam dan memiliki kebiasaan bermigrasi sepanjang hidupnya hingga ribuan kilometer.

Menurut Saanin (1984), berikut ini klasifikasi ikan tuna berdasarkan taksonominya:

  • Filum : Chordata
  • Subfilum : Vertebrata
  • Kelas : Teleostei
  • Subkelas : Actinopterygii
  • Ordo : Perciformes
  • Subordo : Scombridei
  • Family : Scombridae
  • Genus : Thunnus
  • Spesies : Thunnus sp.

Ikan tuna memiliki ciri ciri atau karakteristik seperti:

  • Bentuk tubuh seperti torpedo dengan sisi sisinya yang sedikit memipih dan moncong meruncing.
  • Memiliki dua sirip punggung, dengan sirip punggung pertama biasanya lebih pendek daripada sirip punggung kedua.
  • Pada bagian sirip punggung pertama dan sirip dubur terdapat sederetan sirip sirip kecil tambahan yang disebut finlet.
  • Ikan tuna memiliki sirip perut kecil dan sirip dada yang terletak agak ke atas. Sirip ekor ikan tuna bercabang dalam dengan jari jari penyokong menutup seluruh ujung hipural.
  • Pada bagian belakang kepala dan di sekitar sirip dada ditutupi oleh sisik sisik tebal dan agak besar, sedangkan tubuh ikan tuna tertutup oleh sisik sisik kecil berwarna biru tua dan agak gelap pada bagian atas tubuhnya.
  • Pada sebagian besar ikan tuna mempunyai sirip tambahan berwarna kuning cerah dengan pinggiran yang berwarna gelap.
  • Kalau pada umumnya ikan memiliki daging berwarna putih, namun sebagian besar ikan tuna memiliki daging berwarna merah muda sampai merah tua. Hal ini karena otot ikan tuna mengandung myoglobin daripada ikan lainnya. Meskipun ada diantara spesies ikan tuna memiliki daging berwarna putih.

Jenis-jenis Ikan Tuna

Ikan tuna memiliki beragam jenis yang dapat ditemukan di berbagai belahan dunia dengan ukuran tubuh dan berat yang beragam.

Ikan tuna yang terkecil adalah tuna peluru (auxis rochei) yang memiliki panjang 50 cm dan berat mencapai 1,8 kg.

Sedangkan ikan tuna yang terbesar adalah tuna atlantik sirip biru (thunnus thynnus) yang memiliki panjang mencapai 4,6 meter dan berat mencapai 684 Kg.

Ikan tuna diyakini mampu bertahan hidup hingga 50 tahun lamanya.

Berikut ini jenis ikan tuna populer yang sering dikonsumsi yang dapat ditemukan di berbagai belahan dunia.

1. Tuna Sirip Hitam/Blackfin Tuna (Thunnus atlanticus)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Ikan tuna ini disebut dengan tuna sirip hitam karena memiliki punggung yang berwarna hitam dengan sedikit kuning pada siripnya, dan kuning di sisi tubuhnya.

Dalam genus Thunnus, ikan tuna sirip hitam tergolong sebagai spesies ikan tuna paling kecil dan berumur pendek. Karena ikan ini memiliki ukuran panjang tubuh maksimal 1,1 meter dan berat maksimal 22,4 Kg dan masa hidup sekitar 5 tahun.

Ikan tuna sirip hitam banyak terdapat di perairan barat Samudera Atlantik, termasuk Laut Karibia dan Teluk Meksiko.

2. Tuna Sirip Biru Pasifik/ Pacific Bluefin Tuna (Thunnus Orientalis)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Ikan tuna yang memiliki nama latin Thunnus Orientalis ini merupakan jenis ikan tuna yang hidup di perairan samudera pasifik bagian utara. Namun mereka juga sering bermigrasi ke samudera pasifik bagian selatan.

Tuna sirip biru pasifik merupakan salah satu jenis ikan tuna termahal. Sehingga menyebabkan penangkapan secara berlebihan dan menjadikannya sebagai spesies tuna yang terancam punah.

Pasar utama tuna sirip biru pasifik ini adalah Jepang, di sana tuna jenis ini sering diolah menjadi sashimi atau sushi yang berharga fantastis.

Ukuran panjang tubuh tuna sirip biru pasifik dapat mencapai 3 meter dengan berat mencapai 450 Kg.

Pada tanggal 5 Januari 2019 silam, seekor tuna biru pasifik dengan bobot mencapai 280 Kg berhasil terjual di pasar ikan Tokyo dengan harga 333,6 Juta Yen atau sekitar 44 Miliar Rupiah.

3. Tuna Sirip Biru Atlantik/ Atlantic Bluefin Tuna (Thunnus Thynnus)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Ikan tuna bernama latin Thunnus thynnus ini merupakan salah satu spesies ikan tuna terbesar karena mampu tumbuh maksimal dengan panjang 4,6 meter dan berat mencapai 684 Kg.

Spesies tuna yang berasal dari samudera atlantik bagian barat dan timur serta laut Mediterania ini juga menjadi spesies ikan tuna termahal, dengan Jepang sebagai pasar utama dan terpenting.

Ikan tuna sirip biru atlantik pernah terjual dengan harga 247 ribu Dolar Amerika atau sekitar 3,5 Miliar di pasar Tsukuji pada 2008 silam.

4. Ikan Tongkol Abu-Abu/ Tuna tongkol/ Tuna Ekor Panjang/Longtail Tuna/Nothern Bluefin Tuna (Thunnus Tonggol)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Indonesia dan Thailand merupakan negara penghasil tuna tongkol terbesar dengan pasar utama Amerika serikat dan Swedia.

Biasanya ikan tuna tongkol ini dijual dalam bentuk tuna kalengan dan tuna segar.

Tuna tongkol merupakan spesies tuna bertubuh kecil karena panjang dan beratnya maksimal mencapai 1, 45 m dan 35,9 Kg dengan masa hidup hingga 18 tahun.

Ikan tuna tongkol mudah dikenali dari punggungnya yang berwarna biru tua dan sirip dada yang pendek.

5. Ikan Tuna Ramping / Tuna Slender (Allothunnus Fallai)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Ikan tuna ramping atau tuna silinder merupakan satu-satunya dari marga genus Allothunnus.

Ikan tuna ini memiliki panjang hingga 1 m dan bisa ditemui di seluruh laut yang ada di dunia dengan garis lintang 200 dan 500 selatan.

6. Tuna Albakora / Tuna Bersirip Panjang

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Tuna albakora sering pula disebut dengan tuna putih karena dagingnya berwarna putih (kadang kadang dengan sedikit merah muda) dengan tekstur daging yang lembut.

Tuna albakor merupakan jenis tuna yang kaya akan nutrisi dan omega 3 yang baik untuk kesehatan jantung. Jenis tuna ini sering dijadikan sebagai tuna kalengan premium.

Habitat tuna albakor berada pada berbagi jenis lautan seperti samudera atlantik, samudera hindia, samudera pasifik hingga laut Mediterania diantara Eropa dan Afrika.

Ikan tuna albakor dapat memiliki panjang tubuh hingga 1,4 meter dan berat 60,3 Kg. Tuna ini dapat bertahan hidup hingga 13 tahun di Atlantik namun hanya 9 tahun di Mediterania.

7. Madidihang/ Tuna Sirip Kuning (Yellowfin Tuna)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Ikan tuna yang dikenal dengan sebutan gatarangan merupakan ikan tuna yang dapat ditemukan di perairan laut tropis dan subtropis di seluruh dunia.

Beberapa negara yang menjadi pemasok tuna jenis ini adalah Indonesia, Filipina, Thailand, Meksiko, Venezuela, Ekuador, Kolombia, Spanyol, dan Italia. Dengan pasar utama Jepang, Eropa Selatan, dan Amerika Serikat.

Biasanya ikan tuna ini dijual dalam bentuk tuna kalengan, utuh segar, fillet segar, dll.

Ikan tuna sirip kuning memiliki ciri utama yaitu sirip dubur dan punggung kedua mereka yang berbentuk bulan sabit. Ikan tuna ini mampu tumbuh maksimal hingga mencapai panjang 2,4 meter dan berat 200 Kg.

8. Tuna Mata Besar (Thunnus Obesus)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Sekilas tuna ini mirip dengan tuna sirip kuning. Namun tuna ini memiliki ciri utama berupa sepasang mata yang besar dan sirip dada yang panjang yang bisanya melewati sirip dubur.

Tuna mata besar memiliki tekstur daging yang lembut dan bukan merupakan bahan utama tuna kalengan. Ikan tuna ini paling banyak digunakan sebagai ikan sashimi.

Ikan tuna mata beasar dapat ditemukan di semua samudera tropis dan subtropis kecuali Mediterania.

Tuna mata besar memiliki ukuran panjang yang bervariasi antara 0,4 – 2, 5 meter dengan berat maksimal 210 Kg. Ikan tuna mata besar dapat bertahan hidup antara 5-16 tahun.

9. Tuna Sirip Biru Selatan (Thunnus Maccoyii)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Tuna sirip biru selatan memiliki tekstur daging yang lembut. Tuna ini tidak dijual dalam bentuk kaleng, namun tuna ini menjadi jenis ikan tuna yang sering digunakan dalam hidangan sushi atau sashimi.

Tuna sirip biru memiliki ciri berupa punggung yang berwarna biru tua hingga hitam dengan sisi bawah yang berwarna keperakan. Tuna ini umumnya memiliki sirip punggung kedua yang lebih besar dari pada sirip punggung pertama dan berwarna coklat kemerahan.

Tuna ini dapat mencapai panjang masksimal 2,45 meter dengan berat mencapai 260 Kg.

Negara penghasil utama tuna sirip biru selatan adalah Indonesia, Thailand, dan Amerika Serikat dengan pasar utama Jepang. Tuna ini dapat mencapai usia hidup hingga 40 tahun.

10. Tuna skipjack/ cakalang (Katsuwonus pelamis)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Tuna ini dinamakan tuna skipjack sesuai dengan kebiasaannya yaitu suka melompati permukaan laut. Dibanding jenis tuna lain, tuna skipjack memiliki harga jual yang lebih terjangkau dan disebut dengan chunk light tuna saat dikalengkan.

Ikan tuna skipjack memiliki ciri khas yang mudah dikenali yaitu rasanya yang kuat dengan kadar lemak yang tinggi.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), kadar merkuri dalam ikan tuna ini tergolong rendah dan dapat dimakan 2-3 kali dalam seminggu.

11. Tuna peluru/ tongkol lisong (Auxis rochei)

11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya

Tuna peluru merupakan spesies tuna terkecil karena hanya memiliki panjang maksimal 50 cm dan berat 1,8 Kg. Ikan tuna ini dapat ditemukan dilautan tropis pada kedalaman 50 meter.

Makanan tuna ini adalah larva stomatopoda, krustasea planktonik, ikan kecil, dan cumi-cumi.

Ikan tuna peluru sering dijual dalam kondisi fresh, dibekukan, diasinkan, diasap, maupun dikalengkan.

Selain jenis tuna di atas, terdapat beberapa anggota marga lain dari familia Scombridae yang juga masih digolongkan sebagai tuna yaitu:

  • Allothunnus fallai
  • Auxis tongolis
  • Auxis thazard/ tongkol krai
  • Euthynnus affinis/ tongkol como.
  • Euthynnus alletteratus
  • Euthynnus lineatus
  • Gymnosarda unicolor
  • Thunnus lineaus

Itulah 11 Jenis Ikan Tuna Yang Sering Dikonsumsi dan Ciri cirinya semoga dapat menambah wawasan dan pengetahuan kita.