Mengenal Bunga Bougenville, Gambar dan Jenis jenis Bougenville

bertaniorganik.com – bunga bougenville – Bagi para pecinta tanaman hias tentu sudah tidak asing dengan bunga kertas atau bunga bougenville.

gambar bunga kertas

Tanaman yang memiliki bunga beraneka warna ini sering dijadikan sebagai tanaman hias di halaman rumah ataupun dijadikan bonsai yang unik.

Nah pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai bunga bougenville, ciri-cirinya, serta jenis jenisnya yang beraneka ragam.

Filosofi Bunga Bougenville

Bunga bougenville atau dikenal pula dengan nama bunga kertas merupakan salah satu tanaman hias yang sudah cukup populer bagi masyarakat Indonesia. Bunga ini dapat ditanam di taman atau dijadikan sebagai bonsai bunga kertas yang unik dan indah.

Bunga kertas memiliki warna yang beraneka ragam dan cara menanam bunga kertas juga sangat mudah dan tanpa perawatan khusus.

Bougenville merupakan tanaman yang berasal dari Amerika Selatan. Menurut sejarahnya, filosofi bunga bougenville diambil dari nama penemunya yaitu seorang prajurit angkatan laut berkebangsaan Perancis bernama Sir Louis Antonie de Bougenville.

Baca: Cara Menanam Bunga Mawar Potong di Pot Dengan Stek Batang

Lalu kenapa di Indonesia bougenville disebut dengan bunga kertas? Dinamakan bunga kertas karena tekstur dari bunga tersebut yang kaku, tipis, dan halus mirip dengan kertas.

Namun tahukah kamu bahwa bunga kertas yang memiliki warna cerah, dan berwarna warni itu sebenarnya bukan bunga?

Bunga berwarna warni yang kita lihat dan kita nikmati keindahannya tersebut sebenarnya adalah seludang. Dan bunganya sendiri memiliki bentuk yang sangat kecil dan terletak ditengah-tengah seludangnya.

Apa itu seludang? Seludang adalah daun pelindung bunga yang berukuran agak besar, dan berfungsi menyelubungi seluruh bunga majemuk saat bunga mekar.

Bagian bagian Bunga Kertas

Berikut ini bagian-bagian atau struktur bunga kertas beserta fungsinya:

bagian bagian bunga kertas

1. Tangkai induk bunga(rachis, pedunculus, pedunculus communis) merupakan aksis perbungaan sebagai lanjutan dari batang atau cabang.

2. Tangkai bunga (pedicellus) merupakan cabang terakhir yang mendukung bunga.

3. Dasar bunga (receptacle) merupakan ujung tangkai bunga sebagai tempat melekatnya mahkota bunga.

4. Daun pelindung (brachtea) merupakan daun terakhir yang di ketiaknya tumbuh bunga.

5. Daun tangkai (brachteola) merupakan daun pelindung yang letaknya di pangkal tangkai bunga.

6. Kelopak bunga (sepal) merupakan bagian yang menyelimuti bunga saat bunga masig menguncup. Kelopak bunga akan membuka saat bunga mulai mekar.

Baca: Cara Menanam dan Merawat Bunga Aster Di Pot Dengan Mudah

7. Mahkota bunga (Corolla) merupakan bagian paling indah pada bunga. Terdiri dari daun perhiasan bunga yang berwarna-warni dan berkelompok. Keindahan sebuah bunga terletak pada bentuk dan warna daun mahkotanya.

8. Benang sari (stamen) adalah bagian fertil pada bunga yang terdiri dari kepala sari (anthera), berisi serbuk sari (polen), tangkai sari (filamen), dan pendukung kepala sari. Benang sari merupakan alat kelamin jantan pada bunga.

9. Putik bunga (Pistill) adalah bagian fertil pada bunga dimana bakal buah dan bakal biji berada. Putik berbentuk seperti botol yang lehernya lurus dan panjang. Bagian putik yang paling ujung disebut kepala putik, Bagian putik yang paling panjang disebut tangkai putik. Sedang bagian bawah putik yang mengelembung disebut carpel yaitu pendukung makrospora dimana bakal buah dan bakal biji berada.  Bakal biji mempunyai dua inti, yaitu sel telur (Ovum) dan calon lembaga.

Ciri ciri Bunga Bougenville

Salah satu ciri utama dari bunga bougenville adalah adanya daun pelindung atau seludang yang tipis seperti kertas, berwarna cerah, dan memiliki berbagai varian warna tergantung jenisnya. Bougenville akan berbunga sepanjang musim dan akan menggugurkan sebagian daunnya saat bunga mekar.

Bunga bougenville memiliki tekstur batang yang cenderung keras, berbatang dan memiliki ranting, serta ditumbuhi duri di area batang dan rantingnya.

Pohon bunga bougenville dapat tumbuh lebih dari 10 m. Daunnya memiliki bentuk yang besar dengan sudut agak tirus atau berbentuk oval dan tumbuh lebat di sekeliling ranting.

Mitos dan Manfaat Bunga Bougenvile

Sahabat bertani, mungkin kamu pernah melihat bunga kertas digunakan sebagai bunga rangkaian dalam kematian, digunakan untuk sesajen, dll. Nah ternyata ada beberapa mitos bunga kertas yang dipercaya oleh sebagian masyarakat, misalnya adanya bunga bougenville di rumah akan mengakibatkan penghuni rumah ingin selingkuh terus, dsb.

Baca: 14 Mitos Bunga Kantil Pengantin Yang Penuh Mistis

Namun diluar mitos yang beredar, ternyata bunga kertas memiliki berbagai manfaat lho.

Menurut Adib Nurdiyanto, warga Bojonegoro, seludang bunga kertas mengandung zat yang bagus untuk kesehatan. Seludang ini dapat diolah menjadi minuman herbal.

Manfaat bunga kertas yang lain adalah dapat mengobati batuk, mengatur tekanan darah, pembersih udara, dll.

Jenis jenis Bougenville

Seperti kita sebut di atas, bahwa bunga kertas memiliki berbagai jenis dengan warna yang beraneka ragam. Berikut ini macam-macam bunga kertas yang perlu kamu tahu.

1. Bougenville Cherry Blossom

Bougenville cherry blossom merupakan salah satu jenis bougenville yang umumnya menjadi favorite masyarakat Indonesia. Cherry blossom memiliki bunga berwarna pink
terkadang warnanya sangat pudar hingga mendekati gradasi putih seutuhnya.

Varietas cherry blossom termasuk jenis bougenville yang terus mekar sepanjang tahun.

2. Bougenville California Gold

Bougenville california gold memiliki varian warna dari emas hingga jingga. Seperti halnya varian bougenville yang lain, jenis ini juga berbunga sepanjang musim.

Selain itu bunga ini juga akan menggugurkan bunga dengan cepat setelah bunga-bunganya bermekaran.

3. Bougenville Gold Rush

Meski sama-sama memiliki warna keemasan, namun dibanding california gold warna keemasan yang dimiliki gold rush lebih cerah dan mencolok.

4. Bougenville Afterglow

Bougenville afterglow juga berbunga berulang-ulang kali sepanjang tahun. Afterglow memiliki bunga berwarna orange. Namun jenis ini juga memiliki varian lain seperti merah muda, serta coral

Afterglow memiliki daun yang halus tapi bertekstur. Warna bunga yang mencolok didukung oleh daun yang berwarna hijau tua menjadikan bunga ini sedap dipandang mata.

5. Bambino Baby Allison

Bagi kamu pecinta pink mungkin sangat cocok dengan jenis bunga yang satu ini. Karena bunga ini memiliki kelopak bunga berwarna pink lembut dan cantik.

6. Bambino Baby Lauren

Bambino baby lauren memiliki warna bunga ungu lembut. Umumnya bunga ini mekar pada akhir musim semi, awal musim panas, dan juga akhir musim gugur.

7. Bambino Baby Victoria

Dibanding jenis bambino lain, bambino victoria memiliki warna yang unik karena bunganya berwarna magenta atau pink bergradasi berwarna ungu. Bunga ini juga dapat mekar sepanjang tahun.

8. Bougenville Coconut Ice

Bougenville coconut ice merupakan varietas yang memiliki kombinasi warna paling banyak dibanding varietas lain. Beberapa diantaranya pink pucat, merah muda, ungu, serta putih. Namun mayoritas berwarna putih. Varietas ini memiliki daun berwarna hijau dan bunganya mekar sepanjang tahun.

9. Bougenville Alexandra

Varietas ini memiliki bunga berwarna keunguan dan bunganya sangat rimbun ketika bermekaran. Varietas ini memiliki sifat menggugurkan daunnya pada waktu-waktu tertentu.

10. Bougenville Barbara Karst

Variteas ini memiliki bunga yang mekar berulang kali sepanjang tahun. Barbara Karts memiliki bunga berwarna magenta, merah, hingga warna scarlet. Daun bunga ini bertekstur halus, bunga kertas tipe ini mekar sepanjang tahun.

11. Bougenville Bambino Majik

Bambino majik memiliki gradasi warna yang sangat indah yaitu antara ungu dan putih. Seperti jenis lainnya bunga ini juga dapat bermekaran sepanjang musim.

12. Bougenville Bambino Pedro

Bambino pedro juga memiliki dua varian warna yaitu merah serta merah tua. Varietas bunga ini juga dapat mekar setiap muim, bahkan saat kemarau sekalipun.

13. Bambino Ningili

Bambino ningili merupakan salah satu dari keluarga Bougenville yang memiliki bunga berwarna merah muda dengan daun berwarna hijau tua. Tanaman hias ini dapat berbunga hampir di sepanjang tahun, dengan gradasi warna daun yang menarik hingga sedap dipandang mata.

Demikian artikel tentang bunga bougenville beserta jenis-jenisnya semoga bermanfaat. Baca juga artikel lain tentang bunga kertas atau tanaman hias.

Artikel Menarik Lain

Cara Menanam Bunga Matahari Dari Biji Dengan Mudah

7 Jenis Tanaman Hias Aglaonema Termahal

4 Jenis Tanaman Sikas,Cara Menanam Dan Perawatannya