Smart City Bandar Lampung ala Hartarto Lojaya Mewujudkan Kota Cerdas dan Modern

bertaniorganik.com – Smart City Bandar Lampung – Teman-teman apakah pernah mendengar istilah smart city?

ilustrasi smart city acehtrends.com

Smart city atau kota pintar adalah sebuah konsep pengembangan perkotaan yang mengintegrasikan teknologi informasi dan komunikasi dalam seluruh tata kelola dan operasionalnya sehari-hari.

Integrasi teknologi tersebut bertujuan untuk meningkatkan efisiensi, menyampaikan informasi ke publik, hingga memperbaiki pelayanan kepada masyarakat ataupun meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Di Indonesia beberapa kota yang telah menerapkan smart city diantaranya adalah Jakarta, Tangerang, dan Surabaya.

Baca: 14 Mitos Bunga Kantil Pengantin Yang Penuh Mistis

Di Bandar Lampung sendiri konsep Smart city atau kota cerdas ini pernah digagas oleh Hartarto Lojaya pada 2016 silam saat dirinya mencalonkan diri sebagai calon wali kota Bandar Lampung.

Konsep Smart City Bandar Lampung ternyata mencuat kembali pada 2019 kemarin, setelah Hartarto Lojaya memasukkan konsep ini sebagai program unggulannya sebagai solusi mengatasi berbagai masalah perkotaan.

Menurut pengusaha sekaligus mantan anggota DPRD Provinsi Lampung tersebut, sudah selayaknya Bandar Lampung menjadi smart city (kota cerdas). Karena di era digital ini kita harus segera membangun kota Bandar Lampung agar lebih maju dan tidak ketinggalan dengan kota-kota lain di Indonesia bahkan harus mengadopsi kota-kota modern di dunia.

Smart City Bandar Lampung, Gagasan Menarik Yang Layak Diparesiasi

Menurut saya ide menjadikan Bandar Lampung sebagai smart city ini menarik dan layak kita apresiasi. Setidaknya ada beberapa hal yang menjadi alasan saya.

lampung.tribunnews.com

Saat ini kita sudah memasuki era digital atau sering disebut era revolusi 4.0. Hampir semua sisi kehidupan kita tak terlepas dari kecanggihan teknologi. Sehingga smart city seperti sudah menjadi kebutuhan bagi generasi saat ini dalam menghadapi percepatan kecanggihan teknologi.

Bandar Lampung adalah ibu kota provinsi Lampung, gerbang Sumatera, pusat pemerintahan, sekaligus pusat perekonomian provinsi Lampung yang menjadi lalu lintas serta pusat keramaian.

Di dalamnya terdapat berbagai potensi besar seperti kawasan wisata bahari, pelabuhan, terminal dll. Sehingga dengan pembangunan smart city akan mengoneksikan atau mengintegrasikan berbagai wilayah tersebut.

Baca: Manfaat Daun Bidara Arab dan Cara Menggunakannya

Tentu ini akan menjadi magnet berbagai sektor seperti pariwisata, jasa, perdagangan, ekonomi kreatif, dll untuk semakin tumbuh dan berkembang.

Hadirnya para wisatawan dan investor ke Lampung khususnya Bandar Lampung tentu harus disambut dengan berbagai pelayanan yang terbaik. Sehingga akan mampu meningkatkan kualitas kota dan kesejahteraan masyarakatnya.

Gagasan Smart City Bandar Lampung dan Implementasi Sederhananya

Saya sendiri mengenal istilah Smart City Bandar Lampung secara sekilas saat saya membaca sebuah surat kabar beberapa tahun silam. Saat itu saya tidak begitu ngeh apa itu smart city.

Ingatan saya mulai terusik saat beberapa hari lalu membaca berita di beberapa situs online yang membahas tentang konsep smart city Bandar Lampung. Karena penasaran akhirnya saya baca-baca ulang berita itu dan saya baru paham ternyata konsep smart city Bandar Lampung ini pernah digagas oleh bapak Hartarto Lojaya.

Karena menurut Hartarto Lojaya, bila konsep ini benar-benar diterapkan akan terjadi konektifitas teknologi antar program.

Misalnya saja, pasar yang bisa langsung terakses antara penjual dan pembeli. Nantinya pasar tradisional akan memiliki tampilan yang modern sehingga menjadikannya semakin nyaman dan aman untuk beraktifitas.

Baca: Peluang Usaha dan Cara Budidaya Daun Kelor Secara Lengkap

Promosi pasar yang canggih dan menarik akan menjadi daya tarik bagi wisatawan dari luar untuk menjadikannya wisata belanja. Dengan digitalisasi di setiap informasi pasar yang dapat diakses dengan bebas namun sehat akan berdampak sangat baik bagi pelaku usaha. Misalnya bagi pelaku usaha pertanian, seperti pertanian organik, hidroponik, dll akan semakin memberi kemudahan dalam memasarkan produknya.

Apalagi bila konsep ini disinergikan dengan sektor pariwisata, tentu Bandar Lampung tak sekedar sebagai lalu lintas beristirahat. Tapi juga dapat memanjakan para investor. Sehingga tidak lari keluar.

Bandar Lampung dengan kawasan teluk yang terkenal sebagai tempat pelangan ikan nantinya juga akan disinergikan dengan teknologi, informasi dan digital.

Dengan pengemasan yang baik dalam berbagai program akan juga akan memicu pertumbuhan ekonomi. Sehingga ekonomi kreatif pun akan hidup.

Demikian beberapa gagasan smart city Bandar Lampung yang saya tangkap. Semoga apa yang diimpikan oleh hartatarto Lojaya serta kita semua dapat terwujud yaitu menuju Bandar Lampung Kota Cerdas 2020.

Sebenarnya masih banyak ide ide briliant dari Bapak Hartarto Lojaya terkait konsep smart city ini. semoga dapat kita sambung di lain kesempatan.

Artikel Menarik Lain

Mengenal Tanaman Porang, Harga dan Manfaatnya

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Wajah, dan Rambut

Manfaat dan Khasiat Seledri dan Cara Mengolahnya