Cara Menanam Bunga Matahari Dari Biji Dengan Mudah

bertaniorganik.com – Cara Menanam Bunga Matahari – Sahabat bertani, siapa sih yang tidak kenal bunga matahari? Pasti semua sudah tahu dong… apa lagi bagi para penggemar kwaci, karena kwaci yang sering kita makan asalnya dari biji bunga matahari. Nah pada artikel kali ini kita akan mengulas cara menanam bunga matahari.

Mengenal Bunga Matahari

Oh ya, bunga matahari merupakan salah satu bunga yang unik dan indah lho. Karena bunga ini memiliki ciri yang khas yaitu memiliki kelopak berwarna kuning yang mengelilingi bunga itu sehingga terlihat bentuknya mirip seperti matahari. Ciri lain dari bunga matahari adalah kuncup bunga dan bunga mudanya akan selalu mengikuti arah matahari. Yaitu menghadap ke timur di pagi hari dan akan mengikuti matahari saat bumi bergerak di siang hari.

Bunga matahari merupakan tanaman bunga yang berasal negara Meksiko, Peru, dan Amerika serikat dan menyebar ke seluruh dunia. Bunga ini akan tumbuh mekar setahun sekali (musiman).

Nama latin bunga matahari adalah (Helianthus Annuus L), sedangkan nama-nama untuk setiap negara adalah Sun Flower (Inggris ), Mirasol (Filiphina), Himawari (Jepang), Xuang Ri Kui (China), Bunga matahari (Indonesia).

Klasifikasi Bunga Matahari

Kingdom : Plantae
Divisi : Magnolipyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Asterales
Famili : Astereceae
Genus : Helianthus
Spesies : Helianthus Annus L

Manfaat Bunga Matahari

Mungkin selama ini orang hanya tahu bunga matahari selain sebagai penghias pekarangan rumah, merupakan bahan baku utama kwaci. Namun ternyata bunga matahari memiliki manfaat lain yang mengagumkan yaitu dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

Akar dari bunga matahari ini mampu menyembuhkan infeksi yang menyerang saluran pernapasan, dan saluran kencing. Sementara itu bagian bunganya sangat bagus untuk mengurangi sakit kepala, nyeri karena haid dan masih banyak lagi.

Oh ya, selain beberapa manfaat tersebut, ada manfaat lain dari bunga matahari adalah penghasil nektar sebagai makanan utama lebah klanceng. Nah jika kamu ingin beternak lebah ada baiknya kamu menanam bunga matahari.

Baca: Cara Budidaya Lebah Klanceng Trigona Dengan Mudah

Baca: Jenis jenis Lebah Madu Yang Wajib Anda Ketahui

Langkah-langkah Budidaya Bunga Matahari

Untuk menanam bunga matahari berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

Memilih benih dan jenis bunga matahari

Seperti halnya budidaya tanaman yang lain, dalam budidaya bunga matahari pemilihan benih juga menjadi hal yang penting karena akan menentukan hasil bunga matahari yang kita budidayakan nantinya. Benih bunga matahari didapatkan dari biji bunga matahari.

Nah sebelum kamu menanam bunga matahari ada baiknya kamu tahu dulu jenis-jenis bunga matahari yang akan kamu tanam. Karena sebenarnya bunga matahari ada banyak jenisnya, dengan bentuk benih yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Namun yang paling populer ada 3, yaitu

  • Mammoth grey
americanmeadows.com

Bunga matahari mammoth grey memiliki ukuran bunga yang sangat besar dengan tinggi batang mencapai 2 m. Benih mammoth grey memiliki biji berwarna putih, berukuran besar, dan memiliki corak garis hitam-coklat pada benihnya.

  • Velvet queen

Bunga matahari velvet queen memiliki bunga berwarna merah darah. Benih bunga matahari ini memiliki ukuran yang lebih kecil dibanding benih bunga yang sebelumnya.

  • Evening sun

Bunga matahari jenis evening sun memiliki warna bervariasi seperti kuning dan orange. Benih bunga ini memiliki variasi warna, mulai dari putih sampai dengan warna hitam.

Memilih lahan terbuka yang cocok untuk menanam bunga matahri

Bunga matahari sebenarnya jenis tanaman yang tidak memiliki persyaratan khusus untuk kondisi tanah. Karena bunga matahari tetap dapat tumbuh subur pada berbagai kondisi lahan selama mendapatkan air dan sinar matahari yang cukup.

Menanam Biji Bunga Matahari

  • Setelah kamu mendapat lahan yang cocok untuk budidaya bunga matahari, selanjutnya kamu tinggal membuat lubang tanam dengan kedalaman sekitar 1,5 cm dan jarak tanam 45 cm.
  • Dengan jarak tanam yang tepat tanaman menjadi longgar dan luas serta dapat mempercepat pertumbuhan bunga matahari.
  • Lakukan penyiraman terlebih dahulu sebelum menanam jika kondisi tanah dalam keadaan kering.
  • Tanam biji bunga matahari dengan memasukkan 2 biji ke dalam satu lubang kemudian tutup lubang dengan pupuk kandang atau kompos. Setelah 4 hari dari penanaman, benih matahari sudah terlihat tumbuh.
  • Setelah tunas-tunas bermunculan, lindungilah tunas dengan menggunakan botol-botol plastik. Cara ini dilakukan untuk melindungi bunga matahari dari ancaman luar seperti dimakan ternak atau rusak terkena hujan.

Perawatan Bunga Matahari

Perawatan bunga matahari meliputi pemberian pupuk, penyiangan, seleksi tunas, serta penyiraman.

Pemberian pupuk, setelah benih bunga matahari berusia satu bulan ia sudah mulai tumbuh daun-daun. Agar tanaman dapat tumbuh subur kamu perlu memberikan pupuk tambahan. Pada usia ini pupuk yang perlu kamu berikan adalah pupuk NPK dengan dosis 5 gram per tanaman. Setelah tanaman berusia 2 bulan pupuk kembali tanaman dengan pupuk TSP.

Penyiangan. Setelah dilakukan pemupukan, karena kondisi tanah yang subur biasanya akan diikuti dengan tumbuhnya suburnya gulma atau rumput. Lakukan penyiangan atau pembersihan gulma yang tumbuh disekitar batang tanaman. Gulma yang tidak dibersihkan selain dapat merebut unsur hara yang seharusnya dimakan oleh tanaman bunga matahari juga dapat mendatangkan hama dan penyakit yang merugikan.

Penyeleksian tunas. Setelah tanaman berusia 3 bulan, akan tumbuh tunas-tunas di sekitar ketiak daun. Perhatikanlah mana tunas yang bagus dan tidak. Tunas yang dirasa kurang bagus sebaiknya dipangkas agar tunas lain dapat tumbuh dengan maksimal.

Penyiraman. Tanaman bunga matahari merupakan tanaman yang membutuhkan ketersediaan air yang cukup. Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore.

Demikian ulasan cara menanam bunga matahari dengan sangat mudah. Selamat mencoba.

Artikel Terkait

Cara Menanam dan Merawat Bunga Aster Di Pot Dengan Mudah

Cara Menanam Bunga Mawar Potong di Pot Dengan Stek Batang

Cara Budidaya Anggrek Dalam Pot Dengan Mudah Bagi Pemula

Mengenal Refugia, Tanaman Hias Pengendali Alami Hama Tanaman