Cara Menanam dan Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur

Budidaya Aglaonema

bertaniorganik.com – Cara Menanam Aglaonema – Tanaman aglaonema atau juga dikenal dengan nama sri rejeki merupakan salah satu tanaman hias daun yang saat ini sedang populer dan diburu para pecinta tanaman hias. Bahkan dari berbagai jenis aglaonema beberapa diantaranya memiliki nilai jual yang fantastis.

Baca: 7 Jenis Tanaman Hias Aglaonema Termahal

Daya tarik tanaman ini adalah warna dan bentuk daunnya yang cantik dan unik. Karena daun aglaonema tidak didominasi warna hijau namun lebih bervariasi seperti warna putih, merah, merah muda dan kuning.

shoopie.co.id

Selain memiliki warna cantik, tanaman aglaonema juga mudah dirawat dan dapat dijadikan tanaman hias indoor.

Nah jika kamu tertarik untuk menanam atau budidaya aglaonema, simak ulasan cara menanam aglaonema berikut ini.

Syarat Tumbuh Tanaman Aglaonema

Tanaman aglaonema sangat ideal ditanam pada lahan dengan ketinggian 300-400 mdpl. Namun tanaman ini juga toleran pada dataran rendah.

Sesuai dengan habitat aslinya, tanaman aglaonema menyukai kondisi tempat yang teduh dengan pencahayaan terbatas.

Persiapan Bibit Aglaonema dan Penanaman

Sebelum menanam aglaonema, langkah pertama adalah mempersiapkan bibit aglaonema terlebih dahulu. Bibit aglaonema ada beberapa jenis yaitu bibit aglaonema berupa biji, stek, cangkok dan pemisahan anakan.

1. Menanam Aglaonema Dengan Biji

Menanam aglaonema dengan biji dikenal pula dengan menanam aglaonema secara generatif atau kawin. Biji aglaonema diambil dari tanaman aglaonema yang berbunga. Untuk mendapatkan biji yang berkualitas sebaiknya pilih biji dari indukan yang sudah cukup tua atau berumur. Agar biji yang ditanam dapat berkecambah dengan cepat sebaiknya rendam biji selama 2-3 jam kemudian semai biji aglaonema pada media semai. Setelah biji aglaonema sudah tumbuh daun selanjutnya dapat ditanam pada media tanam yang lebih besar.

2. Menanam Aglaonema Dengan Stek

Selain kita dapat menanam aglaonema dengan biji kita juga dapat menanam aglaonema dengan cara stek. Menanam aglaonema dengan stek dilakukan dengan memotong pucuk indukan aglaonema. Pilih indukan yang memiliki batang kokoh dan memiliki minimal 5 daun tersisa sesudah diambil pucuknya, agar tanaman tetap dapat hidup setelah pucuknya dipotong. Potong pucuk aglaonema sekitar 6-7 ruas daun. Setelah itu tanam pucuk aglaonema dan letakkan pada tempat yang cukup teduh.

Kelemahan dari cara ini adalah indukan yang telah diambil pucuknya nantinya akan tumbuh bercabang.

3. Menanam Aglaonema Dengan Cangkok

Mencangkok tanaman aglaonema sebenarnya tidak terlalu sulit hanya perlu ketelitian. Bila kamu berhasil melakukan cangkok aglaonema, maka kamu akan mendapatkan tanaman baru secara cepat. Namun jika gagal indukan yang dicangkok akan mengalami pembusukan batang.

Berikut ini cara mencangkok aglaonema:

  • Pilih indukan yang memiliki batang yang kokoh dan berwarna coklat.
  • Daun pada batang dengan warna ini umumnya sudah gugur atau jika belum daun akan mudah lepas jika tersentuh tangan.
  • Kupas sedikit batang sampai terlihat bagian dalamnya yang putih dan liat.
  • Lalu lapisi bagian ini dengan media cangkok berupa campuran tanah dan kompos kemudian bungkus dengan plastik.
  • Buat lubang-lubang kecil pada plastik untuk sirkulasi udara serta sebagai lubang perakaran.
  • Lakukan penyiraman 2 kali sehari selama 3- 4 minggu atau sampai aglaonema siap untuk ditanam.

4. Menanam Aglaonema Dengan Pemisahan Anakan

Cara berikutnya adalah dengan melakukan pemisahan anakan dari indukan dengan cara memotong akar sambungan antara indukan dengan anakan. Anakan yang akan dipisahkan adalah anakan yang telah memiliki daun yang mekar dan sudah tidak tergulung.

Baca: Agar Aglaonema Cepat Beranak Ini Dia Caranya

Setelah anakan dipisahkan, agar indukan cepat bertunas kembali potong pucuk indukan sampai tersisa 1 daun saja.

Untuk menjaga kondisi indukan agar tetap sehat kamu bisa mengoleskan cairan antiseptik khusus tanaman pada bagian yang sudah dipotong lalu padatkan daerah sekitar akar tanaman.

Media Tanam Aglaonema

Untuk mendapatkan tanaman aglaonema yang sehat dan tumbuh subur sebaiknya media tanam yang digunakan memiliki tingkat keasaman (PH) 6-7. Kamu bisa membuat media tanam aglaonema berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan sekam padi. Campurkan secara merata bahan-bahan tersebut kemudian masukkan ke dalam polybag atau pot sampai kira-kira 3/4 bagian. Selanjutnya tanam bibit aglaonema kemudian tutup kembali dengan media tanam hingga penuh.

Cara Merawat Aglaonema

Agar tanaman aglaonema dapat tumbuh subur dan tetap terjaga keindahan dan pesonannya maka tanaman aglaonema juga perlu perawatan dan pemeliharaan yang bagus dan tepat.

Perawatan tanaman aglaonema meliputi penyiraman, pemupukan, hingga tata letak tanaman.

1. Penyiraman Aglaonema

Penyiraman aglaonema dapat dilakukan sekali sehari pada pagi atau sore hari. Lakukan penyiraman secukupnya jangan sampai menggenang agar batang aglaonema tidak busuk.

2. Pemupukan Tanaman Aglaonema

Lakukan pemupukan tanaman aglaonema secara rutin setiap 3 bulan sekali. Untuk pemupukan dapat menggunakan pupuk NPK 16-16-16 atau pupuk NPK mutiara.

3. Penempatan Tanaman Aglaonema

Kondisi tempat budidaya juga berpengaruh terhadap pertumbuhan tanaman aglaonema. Sebaiknya kamu meletakkan tanaman ini pada teras atau tempat lain yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Selain itu untuk melindungi tanaman dari sengatan matahari langsung kamu bisa memasang paranet di atas tanaman.

Perawatan Daun Aglaonema

Keindahan tanaman hias Aglaonema adalah di bagian daunnya. Jika daun Aglaonema yang bersih, indah dan mengkilap kian menambah pesonanya. Sebab itu salah satu cara merawat tanaman hias aglaonema ialah membuat daunnya mengkilap.

Untuk mengkilapkan daun tanaman Aglaonema kita dapat memakai beberapa bahan yaitu air, susu dan ampas kelapa. Cara memakai bahan-bahan tersebut untuk merawat daun Aglaonema supaya mengkilap yaitu dengan mengelapkannya air ke daun Aglaonema.

Spon yang amat halus dibasahi dengan air sumur bersih kemudian dilapkan di bagian daun. nah cara ini adalah cara sangat sederhana merawat daun tanaman Aglaonema.

Air susu juga bermanfaat untuk merawat daun tanaman hias Aglaonema. Cairan susu mempunyai fungsi sebagai pupuk daun. Susu yang dipakai ialah susu bubuk yang sudah dilarutkan dalam air atau susu cair juga bisa digunakan.

Tetapi selain bermanfaat dalam merawat tanaman Aglaonema susu juga mempunyai risiko mengundang bakteri perusak tanaman. Jadi jika anda menggunakan susu, pastikan juga menggunakan pestisida

Ampas kelapa juga berguna untuk membuat daun Aglaonema mengkilap, sehingga dapat dipakai untuk merawat tanaman Aglaonema. Dengan memakai ampas kelapa maka daun akan mengkilap.

Cara memakai ampas kelapa untuk merawat tanaman hias aglaonema ialah ampas kelapa tersebut bisa dioleskan ke permukaan daun memakai kain bersih, maka akan bersih dan mengkilap.

Artikel Menarik Lainnya

Inilah Jenis Tanaman Hias Daun Aglaonema Berpenampilan Eksotis Yang Populer di Indonesia

11 Jenis Tanaman Hias Daun Lebar Yang Bisa Anda Pilih Untuk Penghias rumah

13 Jenis Tanaman Hias Gantung Paling Mudah Dirawat Cocok Untuk Mempercantik Rumah Anda