Melirik Potensi dan Peluang Usaha Budidaya Durian Bawor

Peluang Usaha Budidaya Durian Bawor

bertaniorganik.com – budidaya durian bawor –Apakah kamu seorang penikmat durian? kalau iya tentu kamu tahu dengan durian yang satu ini. Ya durian bawor, salah satu varietas durian khas banyumas ini sedang menjadi primadona dan banyak diburu oleh para penikmat durian.

Oleh para penikmatnya, durian bawor merupakan varietas durian yang dikenal memiliki daging tebal, rasa yang manis dan tentu saja memiliki harga yang cukup mahal.

Melihat beberapa keunggulan durian bawor serta melihat tingginya permintaan akan durian ini dipasaran, tentu memberi peluang bagus untuk melakukan usaha budidaya durian bawor.

Dari segi ekonomi, peluang usaha budidaya durian bawor potensinya juga sangat besar. Karena dengan sekali tanam anda dapat menikmati hasil hingga puluhan tahun berikutnya.

Sebagai gambaran, misalnya 1 kg buah durian dihargai 30 ribu rupiah (harga terendah) maka jika durian bisa mencapai berat 5 kg harganya bisa mencapai 150 ribu rupiah.

Padahal, berat durian bawor ini bisa mencapai 8 kg perbuahnya. Sementara untuk jenis bhineka bawor sendiri beratnya dapat mencapai maksimal 15 kg. Jadi kamu bisa bayangkan keuntungan dari 1 buah saja bisa sangat besar. Apalagi seandainya satu pohon bisa menghasilkan setidaknya 50 buah saja tentu keuntungannya sudah sangat besar.

Alasan Mengapa Kamu Harus Menanam Durian Bawor?

Ada banyak alasan mengapa saat ini banyak pelaku usaha yang mulai melirik peluang bisnis di dunia perkebunan yang satu ini. Diantara alasannya adalah:

Banyak peminatnya

Harga durian bawor memang terbilang mahal. Namun bukan berarti buah yang satu ini sepi dari pembeli.

Dengan rasanya yang khas, daging yang tebal dan biji yang kempes menjadikan peminat buah ini tak pernah surut.

Lebih menguntungkan

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penjualan durian bawor ini terbilang cukup fantastis. Untuk 1 kg sekitar 30 ribu rupiah, dan durian ini biasanya memiliki berat sekitar 5 kg (rata-rata).

Anda bisa bayangkan berapa besar keuntungannya jika 1 pohon durian ini menghasilkan puluhan buah dengan berat rata-rata tersebut. Pastinya, Anda akan memperoleh penghasilan yang jauh lebih besar.

Waktu berbuahnya lebih cepat

Durian bawor tergolong jenis durian yang cepat berbuah. Dengan waktu tanam 2 tahun saja kamu sudah bisa melihat bauhnya bergelantungan di pohon.

Namun agar durian bawor kamu bisa cepat berbuah dalam waktu 2 tahun ada beberapa syarat yang harus kamu lakukan.

Sebelum kamu menanam durian bawor, pastikan bibit yang kamu tanam adalah bibit unggulan dan berkualitas bagus. Selain itu, tanamlah bibit yang telah memiliki ketinggian minimal 3 meter..

Pohonnya lebih pendek sudah bisa berbuah

Pada umumnya, durian memiliki batang yang menjulang tinggi dan seringkali menyusahkan pemiliknya ketika ingin memetiknya.

Namun berbeda dengan durian bawor. Durian ini memiliki pohon yang tidak terlalu besar dan tingginya tidak sampai puluhan meter. Dan uniknya, pohon ini tetap bisa berbuah maksimal.

Apakah ini alami? Tentu saja tidak, ada trik khusus yang bisa dilakukan supaya pohon durian ini tetap pendek, tapi tetap bisa berbuah maksimal.

Caranya adalah dengan memotong ujungnya setelah mencapai 4 meteran, kemudian memberikan pemberat pada setiap rantingnya. Hal ini ditujukan untuk membuat pohon durian ini tidak menjulang tinggi.

Demikian ulasan singkat tentang Potensi dan Peluang Usaha Budidaya Durian Bawor semoga dapat bermanfaat.

Artikel Menarik lainnya

Panduan Umum Menanam Durian Unggul Agar Cepat Berbuah

Inilah 5 Jenis Buah Naga Yang Wajib Anda Ketahui

Asam di Lidah Manis di Kantong, Inilah Cara Lengkap Budidaya Jeruk Nipis