Membuat Hidroponik Tanpa Sinar Matahari dan Jenis Tanamannya Yang Cocok

Membuat Hidroponik Tanpa Sinar Matahari Beserta Jenis Tanamannya
verticalonkauai.org

Hidroponik Tanpa Sinar Matahari – Hidroponik merupakan salah satu cara bercocok tanam yang saat ini banyak diminati.

Selain mudah dilakukan, budidaya hidroponik juga tidak memerlukan lahan yang luas bahkan dapat dilakukan di dalam maupun luar ruangan.

Seperti halnya budidaya tanaman secara konvensional, budidaya tanaman hidroponik juga memerlukan cahaya matahari untuk membantu pertumbuhan tanaman. Tanpa sinar matahari maka tanaman tidak akan tumbuh dengan baik.

Jika kekurangan sinar matahari tanaman akan mengalami hal-hal berikut ini:

  • Tanaman kurus dan menjulang
  • Jarak antar batang daun renggang
  • Warna hijau daun kurang
  • Nilai jual buruk

Hidroponik Tanpa Sinar Matahari Langsung Mungkinkah?!

Bila diamati dengan mata telanjang matahari tidak memiliki warna. Namun sebenarnya matahari memiliki berbagai spektrum warna.

Dari sekian banyak spektrum warna yang dimiliki matahari, berdasarkan sebuah penelitian hanya cahaya warna biru dan merah saja yang diperlukan oleh tanaman.

Spektrum cahaya warna biru diserap oleh tanaman untuk pertumbuhan daun. Sedangkan spektrum cahaya merah diserap tanaman untuk berbunga dan berbuah.

Nah dengan kemajuan teknologi kedua spektrum cahaya tersebut saat ini ternyata dapat digantikan oleh cahaya lampu. Itu artinya hidroponik juga dapat dilakukan tanpa sinar matahari.

Hidroponik tanpa sinar matahari dikenal dengan artificial light gardening, merupakan teknik hidroponik sering digunakan di dalam ruangan atau indoor.

Sebagai pengganti cahaya matahari digunakan beberapa cahaya yang tetap memberikan kehangatan serta sinar yang diperlukan oleh beberapa tanaman tertentu.

Pengganti Sinar Matahari Untuk Tanaman

Beberapa jenis cahaya yang dapat digunakan untuk menggantikan sinar matahari adalah sebagai berikut:

  • Lampu sinar matahari (lampu grow light)

Lampu sinar matahari atau dikenal pula dengan lampu tanaman atau lampu tumbuh adalah lampu yang diciptakan khusus sebagai pengganti sinar matahari dan membantu pertumbuhan dari tanaman.

Lampu grow light memberikan spektrum warna cahaya yang mirip dengan cahaya matahari atau spektrum cahaya yang diperlukan oleh tanaman.

  • Lampu LED

Lampu kedua yang digunakan untuk menggantikan sinar matahari adalah lampu LED putih.

Namun saat menggunakan lampu LED pada tanaman hidroponik, jarak dan waktunya sangat perlu diperhatikan.

Jika menggunakan lampu LED jarak yang disarankan adalah 30 cm di atas bak tanaman. Dan waktu yang disarankan adalah 24 jam atau sekitar 2 kali lipat dari waktu paparan sinar matahari.

  • Lampu HPS (High Pressure Sodium)

Jenis lampu terakhir yang bisa digunakan pada budidaya hidroponik adalah lampu HPS.

Lampu HPS adalah lampu yang sering digunakan sebagai penerangan luar ruangan. Lampu HPS memiliki pancaran cahaya yang silau dan biasa digunakan pada kondisi berkabut.

Dibanding lampu LED lampu HPS memang lebih jarang digunakan. Hal ini karena lampu HPS menghasilkan pancaran yang tersebar pada tanaman dan membutuhkan energi yang lebih banyak.

Tanaman Hidroponik Yang Tidak Memerlukan Cahaya Matahari

Meskipun cahaya matahari dapat digantikan oleh lampu, namun ternyata tidak semua tanaman dapat ditanam dengan menggunakan teknik hidroponik tanpa sinar matahari.

Dikutip dari ilmubudidaya.com, berikut ini jenis tanaman hidroponik tanpa sinar matahari:

  • Bayam

Tanaman pertama yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik tanpa sinar matahari adalah bayam.

Tanaman sayur ini tidak membutuhkan cahaya matahari yang terlalu banyak, sehingga dapat ditanam tanpa sinar matahari.

Namun, ada perbedaan kualitas antara bayam yang terkena sinar matahari dengan yang tanpa sinar matahari. Bayam yang terkena sinar matahari lebih besar dan tahan lama.

  • Lidah Buaya

Tanaman kedua yang juga dapat ditanam dengan teknik hidroponik tanpa sinar matahari adalah lidah buaya.

Hal ini karena lidah buaya merupakan salah satu tanaman yang kuat dan memiliki akar yang tidak cepat busuk.

Lidah buaya dapat ditanam dengan hidroponik di dalam ruangan tanpa sinar matahari, namun harus mendapatkan air yang cukup dan menggunakan media tanah.

  • Lidah Mertua

Tanaman ketiga yang bisa ditanam tanpa sinar matahari adalah lidah mertua atau snake plant. Tanaman ini dapat hidup meski minim air dan tanpa sinar matahari.

Agar tumbuh dengan baik tanam lidah mertua pada media pasir atau tanah berbatundan saat penyiraman daun dari tanaman ini tidak boleh terkena air.

  • Sayuran Sawi Hijau

Jenis tanaman berikutnya yang dapat ditanam dengan teknik hidroponik tanpa matahari adalah sawi hijau.

Tanaman sawi hijau memang memiliki daya tahan yang tinggi terhadap hujan dan tidak memerlukan cahaya matahari yang terlalu banyak.

Sebagai pengganti cahaya matahari dapat digunakan cahaya lampu seperti lampu LED.

  • Daun Kemangi

Jenis tanaman sayur yang dapat ditanam dengan hidroponik tanpa sinar matahari adalah daun kemangi. Sebagai pengganti cahaya matahari dapat digunakan lampu grow light atau lampu tanaman.

Hal ini karena kemangi tidak membutuhkan cahaya yang terlalu banyak dan dapat tumbuh dengan spektrum warna cahaya yang dibutuhkan oleh tanaman itu saja.

  • Selada

Selada merupakan tanaman sayur yang tidak terlalu banyak membutuhkan cahaya sehingga dapat ditanam pada hidroponik tanpa cahaya matahari.

Sebagai pengganti cahaya matahari dapat digunakan cahaya lain seperti lampu LED.

Yang perlu diperhatikan dalam budidaya selada hidroponik tanpa sinar matahari adalah penggunaan media yang tepat dan jumlah air yang dibutuhkan.

  • Buncis

Tanaman terakhir yang bisa ditanam dengan teknik hidroponik tanpa sinar matahari adalah buncis. Sebagai pengganti sinar matahari dapat digunakan lampu grow light atau lampu tanaman.

Hanya saja untuk waktu panennya memang sedikit lebih lama dibanding dengan tanaman buncis yang terkena sinar matahari.

Itulah ulasan Membuat Hidroponik Tanpa Sinar Matahari dan Jenis Tanamannya Yang Cocok semoga bermanfaat