Jenis jenis Makanan Itik Agar Bertelur Banyak

Jenis jenis Makanan Itik Agar Bertelur Banyak

Makanan Itik Agar Bertelur Banyak – Sahabat bertaniorganik, pada artikel kali ini kita akan membahas makanan itik agar bertelur banyak.

Karena setiap peternak itik pasti menghendaki itik-itik yang diternaknya dapat menghasilkan telur yang banyak setiap hari.

Sementara itu berhasil tidaknya budidaya bebek petelur (ditentukan dari telur yang dihasilkan) salah satu faktornya dipengaruhi oleh pakan yang ia berikan.

Dalam pemberian pakan bebek peternak perlu memperhatikan kebutuhan nutrisinya. Karena pemberian yang berlebihan dapat mengakibatkan biaya produksi membengkak, sedangkan pemberian yang kurang dapat menurunkan produktivitas.

Karena itulah peternak wajib mengenali jenis-jenis pakan yang baik untuk ternak bebek sehingga dapat melakukan formulasi pakan ternak bebek petelur secara tepat.

Jenis jenis Pakan Bebek Petelur

Berikut ini jenis-jenis pakan bebek petelur berdasarkan kandungannya.

  • Pakan sumber energi

Energi diperlukan oleh ternak bebek untuk melakukan aktivitas sehari-hari seperti bergerak, bertelur, terbang, berenang, dll.

Pakan sebagai sumber energi biasanya banyak dihasilkan dari biji sereal dan umbi-umbian.

Beberapa jenis pakan yang menghasilkan energi diantaranya jagung giling, bekatul, sorgum/ tepung polard, tepung roti, dedak padi, singkong/ tepung onggok.

  • Pakan sumber protein

Protein bagi ternak bebek berfungsi dalam perkembangan dan pertambahan masa otot pada ternak bebek.

Protein juga menjadi salah satu unsur penting yang sangat dibutuhkan oleh bebek petelur dalam proses pembentukan telur.

Jenis–jenis pakan yang memiliki sumber protein yang tinggi diantaranya bungkil kedelai, Corn gluteal meal (CGM), tepung ikan, bungkil kelapa, bungkil kacang tanah, ampas tahu dan tempe, daun indigofera, daging keong mas, daging bekicot, limbah udang, dan limbah tauge.

  • Pakan sumber mineral

Pada ternak bebek petelur, pakan yang mengandung mineral memiliki peran penting dalam pembentukan tulang dan pembentukan cangkang telur.

Sehingga telur yang dihasilkan memiliki kulit lebih tebal dan keras sehingga tidak mudah pecah.

Beberapa jenis pakan yang memiliki kandungan mineral diantaranya tepung kulit keong mas, tepung kulit bekicot, tepung kulit telur, tepung kulit kerang, dll.

  • Pakan sebagai Penguat

Pakan sebagai penguat berfungsi ganda yaitu sebagai sumber energi dan juga sebagai sumber protein. Pakan sebagai penguat disebut juga pakan pelengkap.

Pakan penguat ada yang memiliki kandungan energi lebih tinggi dibanding kandungan protein sekitar 20%. Namun ada pula yang memiliki kandungan protein lebih tinggi di atas 20%

Berikut ini beberapa jenis pakan penguat diantaranya tepung daging, tepung daging dan tulang, tepung darah, tepung bulu, tepung cacing, hasil sampingan pengolahan ikan, dan hasil sampingan pengolahan susu dan bubuk skim.

sumber: paktanidigital.com, medion.co.id