15 Manfaat Ajaib Bekicot Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Sembuhkan Luka Hingga Jerawat

bertaniorganik.com – Manfaat Bekicot Untuk Kesehatan dan Kecantikan – Sahabat bertani pasti sudah tidak asing dengan binatang bekicot.

15 Manfaat Ajaib Bekicot Untuk Kesehatan dan Kecantikan, Bisa Sembuhkan Luka Hingga Jerawat

Bagi sebagian orang, binatang ini cukup menjijikan, namun ternyata bekicot memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lho…

Apa saja manfaat bekicot ya… yuk simak ulasannya.

Mengenal Bekicot

Bekicot adalah jenis siput darat atau siput tanah yang berasal dari Afrika timur dan menyebar hampir ke seluruh penjuru dunia

Hewan ini memiliki nama latin Achatina fulicadan masuk dalam kelompok suku Ahatinidae.

Di Indonesia, si siput darat ini memiliki panggilan yang berbeda beda. Misalnya di Jawa tengah disebut dengan bekicot dan di Jawa barat disebut dengan keong racun.

Bekicot memiliki ciri khas berupa tubuh lunak dengan tentakel di bagian kepala dan memiliki cangkang berbentuk piramid.

Bekicot sangat mudah berkembang biak dan sangat menyukai tempat yang lembab seperti pinggir kolam, pelepah pohon pisang, di hutan dll.

Mengenai pemanfaatan bekicot, biasanya hewan ini digunakan sebagai pakan hewan ternak. Selain itu hewan ini juga dapat dikonsumsi lho… salah satunya dengan dibuat sate bekicot.

Oh ya, bekicot banyak mengandung protein dan asam amino lho… sehingga menurut berbagai penelitian hewan ini sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Manfaat Bekicot Bagi Kesehatan

1. Mengatasi penyakit kulit

Salah satu manfaat daging bekicot adalah mampu mengatasi masalah penyakit kulit seperti kurap, koreng, dll.

Cara menggunakannya, daging bekicot bisa diolah dengan cara digoreng, dibakar, dll, kemudian bisa langsung dikonsumsi.

2. Memperbaiki suasana hati

Selain tidur, menonton film, atau makan coklat batangan, ternyata bekicot juga mampu mengembalikan mood atau suasana hati yang buruk.

Daging bekicot mengandung senyawa triptofan yang akan diubah menjadi molekul 5-hydrotryptophan ketika masuk ke dalam tubuh.

Molekul ini memiliki fungsi merangsang otak untuk memproduksi hormon serotonin dan melatonin yang berguna untuk memperbaiki suasana hati, meningkatkan nafsu makan, dan meningkatkan kualitas tidur.

3. Membangun dan memperbaiki otot

Menurut Rob Hobson, seorang ahli gizi dari Inggris, daging bekicot memiliki kandungan protein yang tinggi namun rendah kalori sehingga bermanfaat untuk membangun dan memperbaiki otot.

Jadi jika kamu sedang berusaha menaikan berat badan, menaikkan masa otot, dan memperbaiki otot, kamu bisa mengonsumsi daging bekicot.

Dan jangan lupa imbangi dengan olahraga secara teratur untuk membentuk otot kamu.

4. Mencegah anemia

Manfaat daging bekicot selanjutnya adalah mampu mencegah anemia dan kelelahan.

Daging bekicot memiliki kandungan zat besi yang sangat penting untuk membentuk sel darah merah.

Sel darah merah berperan membawa energi ke seluruh tubuh. Sehingga bagi penderita anemia akan memiliki energi yang cukup dan tidak mudah lelah.

5. Baik untuk sistem saraf

Daging bekicot kaya akan kandungan vitamin B12.

Vitamin B12 sangat diperlukan oleh tubuh karena berfungsi membentuk dan menjaga bentuk sel darah merah, menjaga sistem saraf, dan mengolah asam folat.

6. Menjaga tekanan darah

Daging bekicot juga sangat bagus bagi penderita Hipertensi atau darah tinggi karena mengandung Magnesium yang mampu menjaga tekanan darah.

Jadi untuk menjaga tekanan darah saat kamu mengonsumsi daging sapi atau kambing, kamu bisa menteralkannya dengan daging bekicot.

7. Memperkuat tulang dan gigi

Selain bermanfaat menjaga tekanan darah, kandungan Magnesium pada daging bekicot juga bermanfaat untuk memperkuat tulang dan gigi.

Jadi saat kamu mengalami cedera tulang kamu bisa mengonsumsi daging bekicot untuk membantu memperkuat tulang kamu.

8. Menjaga detak jantung tetap stabil

Jantung merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh karena berperan mendistribusikan darah ke seluruh tubuh. Sehingga kesehatan jantung harus selalu diperhatikan.

Nah, selain mampu menjaga tekanan darah dan memperkuat tulang, daging bekicot yang banyak mengandung Magnesium juga mampu menjaga kesehatan jantung.

Jadi jika kamu sedang menderita penyakit jantung, jantung lemah, atau untuk mencegah penyakit jantung kamu bisa mengonsumsi daging bekicot.

9. Meningkatkan nutrisi tubuh

Meski cukup menjijikan, ternyata bekicot memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi yang tidak kalah dengan sumber hewani lainnya.

Menurut data Kementrian Kesehatan RI, setiap 100 gram daging bekicot memiliki kandungan 441 kalori (kal), 48,7 gr protein, 20,3 gr lemak, dan 15,8 gr karbohidrat.

Selain itu, dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh journal of fisherish sciences, daging bekicot kaya akan kandungan asam amino esensial, protein, mineral (Kalsium, Kalium, Fosfor, Natrium, Zat besi, Magnesium) dan beragam Vitamin (vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niacin), vitamin B6 (piridoksin), vitamin C, dan vitamin E).

Nah jika kamu sedang diet, olahan daging bekicot juga baik dikonsumsi karena tinggi protein namun rendah lemak. Sehingga kamu akan merasa kenyang lebih lama.

10. Mengatasi kekurangan gizi

Dilansir dari hellosehat yang dikutip dari science daily, olahan daging bekicot dapat membantu mengatasi kekurangan gii dan zat besi pada anak-anak dan wanita dewasa.

Hal ini karena daging bekicot dapat menambah kandungan asam esensial seperti asam linoleat dan asam linolenat dalam tubuh.

Karena itu daging bekicot dapat dipertimbangkan sebagai sumber makanan sehat bagi anak-anak.

11. Menyembuhkan luka

Selain dagingnya, bagian bekicot yang bermanfaat untuk kesehatan dan pengobatan adalah lendirnya.

Salah satu manfaat lendir bekicot adalah mampu menyembuhkan luka. Luka yang bisa disembuhkan misalnya luka sayatan, luka habis terjatuh, hingga luka bakar.

Manfaat Bekicot Untuk Kecantikan dan Menjaga Kesehatan Kulit

Selain dagingnya yang bermanfaat bagi kesehatan, lendir bekicot pun memiliki manfaat yaitu menjaga kesehatan kulit terutama kulit wajah.

Lendir bekicot memiliki kandungan antioksidan dan asam hialuronat yang diklaim dapat memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan dan kecantikan kulit.

Sehingga saat ini banyak produk kecantikan dan perawatan kulit menggunakan lendir bekicot sebagai bahan utamanya.

Berikut ini beberapa manfaat lendir bekicot untuk kecantikan dan kesehatan kulit.

1. Melembabkan kulit

Lendir bekicot mengandung asam hialuronat yang mampu melembabkan kulit dengan baik.

Menurut sebuah penelitian, asam hialuronat bekerja dengan cara mengikat atau mengunci air di permukaan kulit sehingga kulit terasa lebih lembap.

2. Menjaga kekenyalan kulit

Lendir bekicot memiliki kandungan antioksidan yang tingg sehingga mampu meningkatkan produksi kolagen di kulit.

Saat produksi kolagen kulit baik, maka elastisitas kulit akan terjaga dan kulit terasa lebih kenyal.

3. Mengurangi kerutan

Kandungan asam hialuronat pada bekicot mampu membantu hidrasi kulit.

Hidrasi kulit yang baik, selain menjaga kulit tetap lembab juga mencegah munculnya kerutan dan memperbaiki tekstur kulit.

4. Mencegah munculnya jerawat

Manfaat lendir bekicot bagi kecantikan berikutnya adalah mengatasi masalah jerawat dan flek hitam.

Lendir bekicot mengandung sifat anti mikroba yang bermanfaat mencegah munculnya jerawat, menyamarkan flek hitam, dan mengatasi peradangan pada kulit.

Tetap perhatikan risiko makan bekicot

Meskipun daging bekicot memiliki kandungan nutrisi yang tinggi dan rasa yang lezat, namun tetap diperlukan kehati-hatian saat memakannya.

Sebab, menurut Paul E. Skelley, seorang ahli entomologi dari Florida Department of Agriculture and Consumer Services di Amerika Serikat, bisa saja bekicot tersebut mengandung parasit yang membahayakan tubuh ketika termakan.

Alih alih mendapat nutrisi baiknya, yang ada malah menimbulkan infeksi dan penyakit yang berasal dari parasit di dalamnya.

Karena itu, jenis bekicot yang biasa dimakan adalah yang khusus diternakkan. Bukan yang sembarangan diambil dari yang hidup bebas di alam liar.

Selain itu, sebelum di masak, daging bekicot harus dicuci sampai bersih dan selanjutnya harus dimasak sampai benar-benar matang sebelum disajikan.