Cara Budidaya Buah Gandaria Dengan Mudah Cepat Berbuah

Cara Budidaya Buah Gandaria Dengan Mudah Cepat Berbuah
inibaru.id

Cara Budidaya Buah Gandaria – Sahabat bertaniorganik, pada artikel kali ini kita akan mengulas cara budidaya buah gandaria. Namun sebelum itu ada baiknya kita mengenal dulu lebih dalam apa sih buah gandaria???? dan apa manfaatnya???

Mengenal Tanaman Buah Gandaria

Gandaria (Bouea macrophylla Griff) atau dikenal pula dengan nama daerah jatake merupakan tanaman tropis yang memiliki penampilan mirip buah mangga.

Tanaman ini berasal dari kepulauan Indonesia dan Malaysia, dan menyebar ke berbagai belahan dunia seperti Thailand, India, hingga Amerika.

Mengenai manfaatnya, buah gandaria muda yang masih berwarna hijau biasanya digunakan sebagai campuran dalam pembuatan sambal gandaria atau dibuat rujak. Buah gandaria matang yang berwarna kuning dapat dimakan langsung (rasanya manis manis kecut).

Daun gandaria muda biasanya digunakan untuk lalap. Sedangkan kayu pohon gandaria digunakan sebagai papan.

Selain itu tanaman ini juga memiliki beragam manfaat bagi kesehatan diantaranya sebagai antioksidan, menjaga kelembaban kulit, meningkatkan ketahanan tubuh, mengurangi resiko kanker, dll.

Morfologi Gandaria

Cara Budidaya Buah Gandaria Dengan Mudah Cepat Berbuah
ciriciripohon.com

Pohon gandaria dapat memiliki tinggi mencapai 27 meter dengan diameter batang sekitar 55 cm. Daunnya tunggal, berbentuk lonjong dan berwarna putih saat muda, kemudian berangsur berubah ungu tua lalu menjadi hijau tua.

Bunga gandaria berbentuk malai dan muncul di ketiak daun. Bunganya berwarna kekuningan yang kemudian berubah kecoklatan. Musim berbunga buah gandaria adalah bulan september – Desember.

Buah gandaria memiliki bentuk bulat dengan ukuran diameter antara 2,5 – 5 cm. Buah berwarna hijau saat masih muda dan berwarna kuning hingga jingga saat mulai tua dan matang.

Cara Budidaya Buah Gandaria

Untuk membudidayakan gandaria caranya sebenarnya tidak terlalu sulit. Berikut ini langkah-langkah menanam gandaria yang bisa kamu coba.

Syarat tumbuh

Gandaria merupakan tanaman yang dapat tumbuh baik di dataran tinggi maupun rendah. Ia dapat tumbuh pada ketinggian 5-800 mdpl.

Persiapan bibit

Untuk menanam buah gandaria dapat dilakukan dengan cara generatif atau biji dan dapat pula dilakukan dengan cara vegetatif yaitu menggunakan metode cangkok dan okulasi.

Jika ingin menanam gandaria menggunakan biji, caranya ambillah buah gandaria yang berkualitas bagus. Kemudian pisahkan biji dari daging buahnya. Selanjutnya biji disemai hingga bertunas.

Setelah bibit tumbuh sekitar 20 cm, bibit kemudian dipindah ke polybag. Setelah itu dapat ditanam pada lahan jika tanaman sudah mencapai tinggi sekitar 70 cm.

Jika ingin menanam gandaria secara vegetatif, kamu bisa menggunakan bibit cangkok atau bibit okulasi. Bibit bisa didapatkan di penjual bibit tanaman terdekat atau bisa beli secara online.

Persiapan lubang tanam

Setelah mendapat bibit yang diinginkan selanjutnya masuk pada tahap persiapan lubang tanam.

Bersihkan lahan yang akan ditanami buah gandaria. Buat lubang tanam dengan kedalaman 50 cm dan lebar 40 x 40 cm.

Masukkan kompos atau pupuk kandang hingga 1/3 bagian lubang. Setelah itu diamkan lubang selama 5-7 hari.

Penanaman bibit gandaria

Setelah bibit dan lubang tanam siap, selanjutnya kita masuk pada tahap penanaman.

Lepaskan bibit dari polyabag dengan hati-hati.

Tanam bibit pada lubang tanam dengan posisi tegak. Masukkan kembali tanah sisa galian ke lubang tanam hingga penuh dan tekan tekan tanah hingga rapat dengan batang bibit tanaman.

Waktu penanaman terbaik adalah pada waktu sore hari. Tujuannya agar bibit tidak layu terpapar sinar matahari.

Jangan lupa lakukan penyiraman, terutama jika penanaman dilakukan pada musim kemarau atau kondisi tanah kering.

Perawatan tanaman gandaria

Agar tanaman gandaria dapat tumbuh dengan maksimal dan menghasilkan buah yang optimal maka tanaman juga perlu dirawat.

Bersihkan gulma atau rumput liar yang tumbuh di sekitar tanaman gandaria. Gulma atau rumput liar yang tidak dibersihkan akan dapat mengganggu pertumbuhan tanaman karena dapat menyerap nutrisi yang seharusnya diserap tanaman gandaria. Selain itu gulma yang tidak dibersihkan juga dapat mengundang munculnya berbagai hama dan penyakit.

Setelah tanaman berusia 2 bulan lakukan pemupukan menggunakan pupuk kandang.

Pemanenan buah gandaria

Untuk pemanenan pertama buah gandaria dapat dilakukan setelah tanaman berusia 5 – 6 tahun setelah tanam, jika menggunakan bibit cangkokan dan okulasi.

Namun jika penanaman menggunakan biji, pemanenan dapat dilakukan 8-10 tahun setelah tanam.