Tips dan Cara Memilih Tanaman Hias Indoor Yang Baik dan Tepat

cara memilih tanaman hias indoor yang tepat

Memilih tanaman hias indoor secara tepat – Sahabat bertani, memilih tanaman hias untuk indoor tentu berbeda dengan memilih tanaman hias untuk outdoor. Karena tanaman hias yang tumbuh di alam terbuka memiliki daya jangkau hidup yang berbeda dengan tanaman hias indoor.

Memilih tanaman hias indoor yang tepat setidaknya dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti memilih jenisnya, fungsinya, daya tahan dan perawatannya, serta penempatnnya.

Nah bagaimana cara memilih tanaman hias yang baik untuk ruanganmu???? yuk simak ulasannya.

Memilih Tanaman Hias Indoor Yang Tepat

1. Sesuaikan dengan jenis tanamannya

Tanaman hias secara garis besar dibagi menjadi 2 yaitu tanaman hias berbunga dan tanaman hias yang tanpa bunga.

Tanaman hias berbunga adalah tanaman hias yang keindahannya terletak pada bunga yang dihasilkannya. Sedangkan tanaman hias daun adalah tanaman hias yang tidak menghasilkan bunga sehingga keindahannya terletak pada daunnya yang dimilikinya.

Jika kamu ingin memilih tanaman hias bunga pastikan memilih bunga yang tidak hanya cantik namun juga wangi. Hal ini akan memberi nilai lebih pada ruangan, karena kamu tidak hanya mendapatkan keindahan tampilannya saja namun juga aromanya yang harum. Contohnya adalah Anthurium dan Peace lily.

Sedangkan untuk tanaman hias daun kamu bisa memilih tanaman yang memiliki bentuk dan corak daun yang unik dan warna yang indah misalnya, lidah mertua, aglaonema, anthurium, spiderplant, caladium, philodendron, cordyline, dracaena, dll.

Mengapa mengapa dalam budidaya tanaman hias perlu mempertimbangkan dalam memilih jenis tanaman?

Karena setiap tanaman memiliki karakteristik dan kebutuhan yang berbeda untuk tumbuh dengan baik. Misalnya ada tanaman hias indoor yang membutuhkan cahaya terang untuk tumbuh subur, ada tanaman hias indoor yang tahan pada ruangan AC, dsb.

2. Sesuaikan dengan daya tahan tanaman dan cara perawatannya

Setiap tanaman hias memiliki daya tahan yang berbeda beda terhadap intensitas cahaya, tingkat kelembaban, sirkulasi udara, serta temperatur.

Oleh karena itu saat memilih tanaman hias dalam ruang, pilihlah tanaman yang cukup tahan terhadap temperatur udara di dalam ruangan serta tidak mudah mati.

Selain daya tahan, memilih tanaman hias bagi pemula juga perlu mempertimbangkan perawatannya. Maka pilihlah tanaman hias yang mudah ditanam dan cepat tumbuh serta mudah dirawat.

3. Sesuaikan dengan fungsinya

Tanaman hias pada dasarnya berfungsi sebagai penghias. Namun karena diletakkan di dalam ruangan maka fungsinya menjadi beragam, mulai dari penghias sudut ruangan, pembatas pandangan, hingga pembersih udara ruangan.

Jika digunakan untuk memperindah ruangan kamu dapat memilih tanaman hias yang memiliki bentuk dan corak yang unik serta warna yang indah. Jika digunakan sebagai pembatas ruangan kamu bisa memilih tanaman hias yang cukup besar dan berdaun lebat.

3. Memilih tanaman hias sesuai dengan kondisi dan letak tempat

Memilih tanaman hias indoor juga bisa disesuaikan dengan kondisi dan letak tempatnya. Sehingga akan tercipta harmonisasi antar sifat ruangan dengan jenis tanamannya.

Bagaimana cara memilih tanaman hias yang sesuai dengan kondisi dan letak tempat?

Misalnya kamu memiliki sudut ruangan yang menonjol, kamu bisa meletakkan tanaman besar yang daunnya terkulai atau tanaman hias merambat sehingga memberi kesan lembut.

Jika terdapat sudut yang agak masuk ke dalam dan terkesan gelap berdebu dan lembab, kamu bisa meletakkan tanaman berdaun runcing untuk menegaskan keberadaan tanaman.

Jika terdapat langit-langit yang memiliki balok atau langit langit miring, kamu bisa meletakkan tanaman berdaun bulat dan lebat serta sosok yang tinggi. Sehingga menampilkan kesan melembutkan sifat dominan pada langit-langit.

Berikut beberapa contoh jenis tanaman hias yang cocok sesuai sifat dan karakter berbagai ruangan.

Memilih Tanaman Hias Yang Cocok Sesuai Kondisi dan Letak Tempat

Ruang duduk

Adalah ruangan yang berfungsi sebagai tempat berkumpul seluruh anggota keluarga. Karenanya ruangan ini harus bersifat tenang dan harmonis.

Pada ruangan ini kamu bisa meletakkan tanaman hias disamping televisi untuk menurunkan efek negatif dari barang elektronik.

Hindarilah menggunakan tanaman yang memiliki daun lancip agar mata yang mengamati tidak mudah lelah.

Kamu juga bisa meletakkan tanaman rimbun berdaun bundar di atas rak atau sudut tajam atau meja sisi ruang duduk.

Ruang tamu

Adalah ruangan yang berfungsi untuk menyambut tamu dan harus memberikan kesan hangat bagi siap saja yang datang.

Agar selaras dengan interior ruangan, tanaman ornamental yang mencerminkan pemiliknya cocok untuk dijadikan pilihan.

Misalnya pemilik rumah adalah seorang yang anggun, tanaman hias yang bisa dipilih adalah yang beradun indah seperti philodendron dan aglaonema.

Kamar mandi

Adalah ruang yang lembab dan kurang sinar matahari. Karena itu pilihlah tanaman hias yang tahan terhadap dua kondisi itu. Kamu bisa memilih jenis tanaman berdaun banyak dan merambat.

Ruang kerja

Adalah ruang yang memerlukan suasana yang nyaman dan dapat meningkatkan konsentrasi tinggi.

Dalam ruang ini biasanya terdapat banyak alat lektronik yang juga dapat menimbulkan efek negatif.

Kamu bisa meletakkan tanaman hias berwarna hijau tua seperti Sphatiphylum sp di dekat alat elektonik yang digunakan.

Ruang makan

Adalah tempat makan bersama keluarga. Karena itu ruangan ini harus mampu membangkitkan semangat di pagi hari serta memberikan motivasi untuk beraktivitas.

Kamu bisa meletakkan tanaman rendah berdaun bundar dan warna hijau yang dapat menciptakan suasana tenang diatas meja makan.

Dapur

Untuk menyegarkan suasana di dapur, letakkan daun yang rimbun dan berwarna cerah (hijau muda) untuk menghadirkan kesan segar dan bersemangat. Contohnya tanaman sirih-sirihan.

Kamar Tidur Utama

Merupakan tempat istirahat dan mengumpulkan tenaga kembali, sehingga diperlukan ruangan yang tenang dan pasif.

Kamu bisa meletakkan tanaman hijau berdaun bulat yang rimbun disisi tempat tidur, sehingga mampu membantu menenangkan syaraf pikiran pemiliknya.

Kamar Tidur Anak

Selain sebagai tempat tidur dan istirahat, ruangan ini juga berfungsi sebagai ruang aktivitas anak.

Oleh karenanya suasana ruangan harus nyaman, hangat, dan dapat meningkatkan motivasi serta semangat kerja anak.

Contoh tanaman yang dapat digunakan adalah tanaman berdaun bulat dan berwarna cerah/merah.

Itulah beberapa Tips dan Cara Memilih Tanaman Hias Indoor Secara Baik dan Tepat semoga bermanfaat.