12 Tanaman Hias Yang Mampu Bertahan Dalam Ruangan AC

tanaman hias dalam ruangan ac

Tanaman hias dalam ruangan AC – Meskipun banyak jenis tanaman hias yang cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias indoor, namun tidak semua jenis tanaman hias mampu bertahan hidup lama pada ruangan tertutup seperti ruangan ac.

Hal ini karena pada ruangan ber AC memiliki suhu dan kelembaban yang rendah serta minim sinar matahari yang sangat dibutuhkan oleh tanaman.

Lalu apa saja ya… tanaman hias yang cocok untuk¬† ruangan tertutup (AC). Yuk… simak ulasannya

Tanaman Hias Untuk Ruangan Ber AC

1. Bambu jepang

tanaman hias dalam ruangan ac

Bambu jepang memiliki beberapa nama yaitu Pseudosasa japonica, the arrow bamboo (panah bambu),danmetake.

Bambu jepang adalah jenis bambu hias yang tahan diletakkan pada ruangan ber ac.

Tanaman hias bambu jepang memiliki ciri batang tegak berwarna hijau kelabu, tinggi sekitar 4-5 m, dengan diameter 3 cm dan panjang ruasnya sekitar 30 cm.

Selain tahan pada ruangan AC, bambu jepang bermanfaat sebagai tanaman pembersih udara dari zat beracun seperti formaldehida, xylene, toluene, benzene, hingga trichlorethylene.

2. Aglaonema

tanaman hias dalam ruangan ac

Aglaonema dikenal pula dengan nama sri rejeki atau chinese evergreen, adalah tanaman hias populer dari suku talas-talasan (Araceae).

Tanaman aglaonema sangat menyukai tempat dengan intensitas cahaya rendah sehingga tanaman ini sering diletakkan pada ruangan ruangan berpendingin udara seperti hotel dan kantor.

Tanaman aglaonema juga mampu menyerap zat beracun di udara seperti benzena dan formaldehide.

3. Lidah mertua

tanaman hias dalam ruangan ac

Lidah mertua atau sansevieria bisa dibilang tanaman hias yang tak ada matinya. Hal ini karena kemampuan adaptasinya yang tinggi terhadap berbagai lingkungan.

Tanaman lidah mertua dapat tumbuh meski dalam kondisi yang sedikit air dan cahaya matahari. Selain itu lidah mertua juga bisa tumbuh subur pada kondisi lembab atau basah.

Karena itulah tanaman ini cocok diletakkan pada ruangan ber AC.

Selain dikenal sebagai tanaman bandel, lidah mertua juga dikenal sebagai tanaman terbaik untuk menyerap bahan beracun di udara seperti karbondioksida, benzene, formaldehyde, dan trichloroethylene.

4. Beringin bonsai

Beringin selain dikenal sebagai tanaman pekarangan juga banyak digunakan sebagai tanaman hias ruangan.

Biasanya beringin banyak ditanam dipot dan dibuat bonsai. Tanaman beringin terkenal tangguh dan tahan diletakkan pada ruangan AC.

5. Nolina

Nolina merupakan salah satu tanaman hias yang juga cukup populer digunakan sebagai penghias ruangan rumah maupun berbagai gedung perkantoran.

Tanaman Nolina atau beaucarnea memiliki keunikan yaitu pangkal batangnya menggembung dan daun-daunnya seperti pita yang tumbuh ke atas dan ujungnya terurai seperti ekor kuda. Karena itulah tanaman ini dijuluki ponytail yang berarti ekor kuda poni.

Keistimewaan tanaman Nolina sebagai tanaman hias indoor adalah daya tahannya terhadap kondisi kering dan kurang air. Hal ini karena pangkal batangnya yang menggembung sebagai tempat persediaan air.

Selain itu, tanaman ini memiliki pertumbuhan yang lambat. Sehingga saat diletakkan di ruangan, tanaman tetap terlihat awet muda.

6. Pachira

Tanaman pachira atau pachira aquatic merupakan tanaman hias indoor dengan bentuk daun yang sepintas menyerupai daun singkong.

Tanaman ini sering disebut dengan nama money tree atau pohon uang karena dianggap mampu mendatangkan rezeki bagi pemiliknya.

Sebagai tanaman hias, biasanya pachira dihadirkan dalam bentuk bonsai dengan batang yang dikepang.

Dalam ruangan ber AC pachira mampu bertahan hingga 7 hari lebih.

7. Palem kuning

Palem kuning (Dypsis lutescens) merupakan salah satu jenis palem yang populer untuk dijadikan tanaman hias dalam ruangan.

Tanaman ini selain dikenal sangat baik untuk menjaga kualitas udara ruangan, juga dikenal bandel karena mampu bertahan hidup pada kondisi ekstrem seperti ruangan ber AC.

8. Monstera

Monstera merupakan salah satu tanaman hias indoor yang sedang populer dan banyak diburu oleh para pecinta tanaman hias.

Memiliki daun yang khas yaitu lebar, menjari, dengan aksen berlubang-lubang, serta mudah dalam perawatan menjadi daya tarik bagi monstera.

Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan baik pada ruangan ber AC.

9. Palem waregu

Palem waregu atau Rhapis exelsa adalah jenis palem yang biasa digunakan sebagai tanaman hias ruang maupun taman.

Tanaman ini cocok diletakkan pada ruangan ber AC karena relatif tahan udara dingin dan kering.

10. Peace lily

Tanaman peace lily selain dikenal mampu membersihkan udara dari zat beracun seperti formaldehida, tanaman ini juga memiliki daya tahan yang baik pada ruangan ber AC.

Tanaman ini mampu bertahan pada suhu 16-21 C.

11. Spider plant

Tak hanya mampu membersihkan udara, tanaman spider plant juga terbilang sangat mudah dirawat.

Tanaman ini bisa dijadikan pilihan sebagai penghias ruangan ber AC anda.

12. English ivy

Dibanding tanaman hias indoor lain, tanaman ini adalah tanaman hias yang paling menyukai suhu dingin yaitu anatara 10-18 C.

Karena itulah tanaman ini sangat recomended diletakkan pada ruangan berpendingin udara.

Itulah beberapa jenis tanaman hias yang mampu bertahan pada ruangan AC. Semoga bermanfaat.