Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan Agar Tumbuh Subur dan Indah

merawat tanaman hias dalam ruangan

Cara merawat tanaman hias dalam ruangan – Menghadirkan tanaman hias dalam ruangan memang memiliki banyak manfaat.

Selain mampu memperindah suasana ruangan, tanaman hias dalam ruangan juga bermanfaat bagi kesehatan seperti menghasilkan oksigen dan menyerap polutan.

Selain itu, tanaman hias dalam rumah juga mampu membantu meningkatkan fokus penghuninya serta menciptakan suasana rileks sehingga mampu memperbaiki kualitas tidur.

Merawat tanaman hias dalam ruangan memang sedikit berbeda dengan merawat tanaman di luar ruangan. Butuh ketelatenan lebih agar tanaman tetap tumbuh dengan baik dan berpenampilan indah.

Berikut ini cara merawat tanaman hias dalam ruangan yang bisa kamu lakukan.

Tips Simple Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Rumah

1. Kenali karakteristik tanaman

cara merawat tanaman hias dalam ruangan

Jika kamu ingin merawat tanaman hias dalam rumahmu dengan baik, maka ada baiknya kamu perlu mengenali karakteristik tanaman hias yang kamu tanam.

Karena setiap jenis tanaman hias memiliki karakteristik yang berbeda-beda.

Karakteristik yang perlu kamu tahu misalnya varietasnya, jenisnya, kebutuhan suhu, kelembaban udara, kebutuhan cahaya, kebutuhan air, serta metode perawatannya.

2. Pastikan mendapat pencahayaan yang cukup

cara merawat tanaman hias dalam ruangan

Meskipun tanaman hias dalam ruangan mampu bertahan dalam kondisi minim cahaya matahari, namun tanaman hias dalam ruang tetap membutuhkan cahaya matahari untuk tumbuh subur serta berfotosintesis.

Dengan mengetahui karakteristik tanaman hias, kamu dapat mengatur kualitas, durasi, dan intensitas cahaya matahari yang tepat untuk setiap jenis tanaman hiasmu.

Untuk itu kamu perlu sesekali mengeluarkan tanaman hiasmu dari dalam ruangan agar memperoleh cahaya matahari.

Namun saat kamu mengeluarkannya, pastikan tanaman tidak terpapar sinar matahari secara langsung.

3. Perhatikan media tanamnya

Saat kamu menanam tanaman hias pastikan kamu menggunakan media tanam yang baik, yaitu media yang banyak mengandung bahan organik serta mampu mengikat air dengan sempurna.

Media tanam tanaman hias yang baik misalnya berupa campuran tanah humus, arang sekam, dan pupuk kandang.

Media tanam dalam pot seiring berjalannya waktu akan mengeras dan kehilangan nutrisi alaminya.

Untuk itu kamu perlu mengecek media tanamnya secara berkala dan melakukan penggantian media tanam jika dirasa sudah tidak bagus lagi.

4. Lakukan penggantian pot

Selain mengecek media tanamnya, pot tanaman hias juga perlu diganti jika rusak atau pot sudah tidak mampu menampung ukuran tanaman yang bertambah besar.

5. Lakukan penyiraman secara tepat

Perawatan tanaman hias dalam ruangan berikutnya melakukan penyiraman secara tepat yaitu tepat ukuran dan tepat waktu.

Menyiram tanaman hias dalam rumah tidak harus dilakukan setiap hari. Kamu bisa melakukan penyiraman jika media tanam sudah agak mengering.

Lakukan penyiraman menggunakan air bersih secukupnya. Jangan menyiram tanaman secara berlebihan atau sampai menggenang karena dapat menyebabkan akar tanaman membusuk.

Waktu penyiraman yang terbaik adalah pada pagi hari karena air masih sempat terserap ke seluruh bagian tanaman sebelum menguap terkena cahaya matahari siang.

6. Lakukan pemupukan secara rutin untuk menjaga nutrisinya

Agar tumbuh subur tanaman hias perlu diberi pupuk tambahan untuk mencukupi kebutuhan nutrisinya.

Pupuk yang diberikan untuk tanaman hias sebaiknya yang mengandung unsur seimbang yaitu berupa unsur Nitrogen, Fosfor dan Kalium. Misalnya pupuk NPK.

Lakukan pemupukan bersamaan dengan penyiraman tanaman agar nutrisinya cepat terserap oleh tanaman.

7. Menjaga kelembaban udara dalam ruangan

Tanaman hias dalam ruangan rentan terhadap kondisi kekeringan karena penurunan suhu dan kelembaban udara di dalam ruangan. Terutama tanaman hias yang berada di ruangan ber AC.

Beberapa tanaman hias seperti lidah mertua, sirih gading, dan bonsai beringin memang tahan terhadap kondisi kering.

Namun ada beberapa jenis tanaman hias yang hanya dapat tumbuh dengan baik pada tingkat kelembaban ideal yaitu pada suhu 22-25 C. Itulah kenapa mengenali karakteristik tanaman itu penting.

Untuk menjaga kelembaban udara dalam ruangan kamu bisa menyiasatinya dengan menempatkan pot di atas lepek yang di isi dengan air, pasir dan kerikil. Kemudian letakkan pot tanaman secara berdekatan.

8. Lakukan pemangkasan agar tampilannya selalu rapi

Tanaman hias dalam ruang yang tumbuh terlalu tinggi dan lebat kurang sedap dipandang mata.

Untuk itu kamu perlu melakukan pemangkasan secara rutin agar tanaman tetap terlihat rapi dan indah.

Beberapa bagian tanaman yang perlu dipangkas seperti ranting, batang, dan daun.

9. Jangan terlalu sering memindahkan tanaman

Tanaman hias perlu beradaptasi saat dipindhkan ke tempat lain. Hal itu tentu saja akan berpengaruh terhadap pertumbuhannya.

Karena itu jika memang tempatnya telah sesuai, sebaiknya tanaman tidak dipindahkan terlalu sering agar pertumbuhan tanaman dapat lebih maksimal.

10. Lakukan pembersihan tanaman secara rutin

Meskipun tanaman hias berada dalam ruangan tetap saja akan terkena debu dan kotoran lainnya. Karena itu tanaman juga perlu dibersihkan secara rutin, terutama pada bagian daunnya.

Kamu bisa menggunakan semprotan air atau lap basah untuk membersihkan tanaman dari debu atau kotoran lainnya.

Itulah beberapa tips merawat tanaman hias dalam ruangan agar tanaman tetap tumbuh dengan subur dan indah. Semoga bermanfaat.