43 Tanaman Hias Dalam Rumah Yang Bermanfaat Untuk Kesehatan

tanaman hias dalam rumah

Tanaman hias dalam rumah – Memiliki tanaman hias dalam rumah selain memberikan kesan sejuk dan asri juga mampu memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan lho…

Beberapa manfaat dari tanaman hias tersebut seperti membersihkan udara pada ruangan, menyerap polutan, dan menyerap jamur di udara yang bisa bikin alergi.

Oh ya beberapa jenis tanaman hias yang kita letakkan di dalam ruangan juga ada yang bermanfaat sebagai pengusir nyamuk bahkan mampu membantu kita untuk tidur nyenyak.

Tanaman Hias Dalam Ruangan

Tanaman hias dalam ruangan adalah tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan misalnya di kantor atau di dalam rumah. Pada umumnya tanaman hias yang diletakkan di dalam ruangan adalah tanaman hias yang tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari atau membutuhkan cahya matahari namun dalam porsi yang sedikit.

Baca juga: Tips dan Cara Memilih Tanaman Hias Indoor Yang Baik dan Tepat

Kira-kira jenis tanaman hias apa saja ya yang bagus untuk di dalam rumah. Yuk simak ulasannya.

Tanaman Hias Dalam Ruangan Penyerap Racun Dan Membersihkan Udara

1. Aglaonematanaman hias dalam rumah

Salah satu tanaman yang sehat di dalam rumah adalah aglaonema. Tanaman aglaonema dikenal pula dengan nama sri rejeki atau Chinese evergreen, merupakan tanaman hias dari suku talas-talasan (Araceae) yang saat ini sedang populer.

Aglaonema sesuai dengan habitat aslinya hidup pada daerah yang lembab dengan intensitas matahari yang rendah sehingga tanaman ini sangat cocok dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah.

Selain itu, tanaman aglaonema juga cocok diletakkan di kamar mandi untuk menghilangkan formaldehyde di udara sebagai zat penyebab kanker.

2. Bromeliadtanaman hias dalam rumah

Bromeliad memiliki penampilan yang sangat cantik berupa perpaduan warna merah dengan warna hijau.

Tanaman ini selain sangat cocok digunakan untuk menghias bagian dalam rumah juga mampu menyerap 80-90% zat berbahaya yang ada di udara seperti benzene.

Agar dapat tumbuh dengan sehat tanaman bromilead membutuhkan cahaya dan area yang terang.

3. Karet kebo (Ficus elastica)

tanaman hias dalam rumah

Karet kebo atau karet merah memiliki nama latin Ficus elastica. Tanaman ini juga memiliki nama lain yaitu rubber plant atau rubber bush.

Tanaman karet kebo merupakan tanaman yang bisa diletakkan di dalam ruangan dan memiliki perawatan yang sangat mudah. Karena tanaman ini tidak memerlukan banyak cahaya dan cukup disiram saat tanahnya terlihat kering saja.

Karet kebo selain bermanfaat untuk menyegarkan ruangan juga bermanfaat sebagai pembersih udara alami.

4. Palem kuningtanaman hias dalam rumah

Palem kuning atau Areca palms sebenarnya adalah tanaman outdoor atau tanaman yang sangat ideal ditanam di luar ruangan. Namun tanaman ini juga bagus diletakkan di dalam ruangan asalkan memiliki pencahayaan yang terang dan jangan lupa letakkan pada tempat yang lembab agar tidak rusak.

Selain menyejukkan ruangan, palem kuning mampu menangkal benzena, karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen, xylene, dan zat polutan lainnya

5. Palem bambu

tanaman hias dalam rumah

Seperti halnya palem kuning, palem bambu juga memerlukan cahaya terang dan area lembab untuk tumbuh subur.

Palem bambu juga menjadi salah satu tanaman pembersih udara dengan menyerap berbagai polutan seperti formaldehida, benzena, karbon monoksida, xylene, chloroform, dan lainnya.

Namun yang perlu kamu waspadai tanaman ini mudah untuk bersarang serangga dan laba laba. Sehingga kamu harus rajin membersihkannya.

6. Bunga krisan

tanaman hias dalam rumah

Bunga krisan selain sangat cantik dijadikan tanaman hias indorr karena memiliki bunga berwarna putih menawan, juga menjadi bunga terbaik untuk menyerap polutan menurut study NASA.

Bunga krisan atau chrysantemum mampu mengusir amonia, benzena, formalin, dan xylene dari udara ruangan.

Namun kamu perlu hati-hati karena krisan cukup beracun bagi kucing dan anjing piaraan kamu.

7. Asparagus fern

tanaman hias dalam rumah

Tanaman Asparagus fern memiliki bentuk batang yang memanjang dengan daun-daun kecil seperti renda halus sehingga memberikan aksen cantik.

Meskipun namanya asparagus, namun tanaman ini masih temasuk keluarga lily (liliacea).

Tanaman yang tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari yang banyak ini selain sangat cantik dijadikan tanaman hias indoor juga berfungsi mengganti udara kotor di dalam ruangan.

8. Daun Ivy (Hedera helix)tanaman hias dalam rumah

Daun ivy, European ivy, atau English ivy merupakan tanaman hias yang cocok diletakkan di dalam ruangan. Karena tanaman ini mampu menyaring jamur di udara yang dapat memicu alergi, dan membersihkan udara dari zat kimia berbahaya seperti benzena, karbon monoksida, formaldehida, dan trikloroetilen.

Namun sebagai catatan, jika kamu memelihara tanaman ini sebaiknya jauhkan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan karena tanaman ini beracun jika dimakan.

9. Lidah mertua

tanaman hias dalam rumah

Tanaman lidah mertua atau dikenal pula dengan nama Sansevieria. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang panjang dan runcing dengan tekstur tebal dan keras.

Dinamakan lidah mertua mungkin karena bentuknya yang panjang dan runcing seperti lidahnya ibu mertua. Hehe…

Daun lidah mertua ada yang berwarna hijau muda dengan perpaduan warna kuning dan ada pula jenis yang warnanya hijau tua.

Tak hanya memperindah ruangan, tanaman lidah mertua juga mampu menghasilkan oksigen, menyerap karbon monoksida dan karbondioksida.

10. Aloe vera

tanaman hias dalam rumah

Lidah buaya atau aloe vera merupakan tanaman dari keluarga sekulen yaitu tanaman yang menyimpan air pada batangnya.

Tanaman lidah buaya tergolong tanaman yang mudah ditanam dan dirawat karena tidak membutuhkan banyak air.

Untuk dapat tumbuh dengan sehat tanaman ini membutuhkan cahaya, jadi jika ingin menempatkannya di dalam rumah tempatkan pada dekat jendela.

Tanaman yang juga dikenal kaya akan manfaat bagi kesehatan dan kecantikan ini ternyata juga bermanfaat sebagai pembersih udara bagi ruangan dengan menyerap formaldehide, monokida, kasrbondioksida dan karbon monoksida.

11. Sirih gading (Epipremnum aureum)

tanaman hias dalam rumah

Sirih gading merupakan tanaman hias merambat yang sangat mudah untuk dirawat. Cukup menggunakan media tanah maupun air, tanaman sirih gading sudah bisa tumbuh dengan baik.

Tanaman hias yang juga masih keluarga talas-talasan (araceae) ini sangat mudah dikenali dengan warna daunnya yang belang warna kuning cerah hingga kuning pucat.

Tanaman menjuntai ini selain bagus dijadikan tanaman hias gantung juga sangat baik dalam menyerap racun udara di sekitar ruangan.

12. Walisongo (Schefflera arboricola)

tanaman hias dalam rumah

Tanaman walisongo adalah salah satu tanaman hias cantik karena memiliki bentuk daun menjari dengan warna daun yang unik yaitu perpaduan hijau dan putih kekuningan.

Karena warna daunnya yang cantik tersebut tanaman ini kerap dijadikan pajangan di dalam ruangan. Selain itu tanaman ini juga dapat menetralkan polusi udara di dalam ruangan.

13. Begonia

tanaman hias dalam rumah

Begonia merupakan salah satu tanaman hias yang menjadi favorit banyak orang karena berpenampilan yang sangat cantik. Selain itu, tanaman ini juga sangat mudah ditanam dan dirawat.

Tanaman begonia dapat kamu jadikan sebagai tanaman hias bunga gantung di rumah, baik sebagai tanaman indoor maupun outdoor selama lokasi penanamannya tepat. Yaitu lokasi yang mendapatkan sinar matahri tidak langsung dengan kelembaban yang cukup.

Tanaman hias begonia selain memiliki penampilan yang sangat cantik juga bermanfaat untuk menyaring udara, meredam polusi, dan menambah kesejukan alami.

14. Paku Boston (Nephrolepis exaltata cv. Bostoniensis)

tanaman hias dalam rumah

Tanaman Paku Boston atau paku gunung merupakan tanaman hias populer yang juga sangat mudah untuk ditanam. Tanaman hias ini bisa ditanam diluar rumah maupun di dalam rumah.

Selain sebagai tanaman hias, tanaman yang masih berkeluarga dengan suplir ini bermanfaat sebagai penyedot racun di udara seperti formaldehid dan xylene.

Tanaman Hias Indoor Untuk Memperindah Ruangan

15. Cemara Norfolk (Araucaria heterophylla)

tanaman hias dalam rumah

Cemara Norfolk merupakan sejenis pohon berdaun jarum yang berasal dari pulau Norfolk, yaitu sebuah pulau yang terletak di Samudera Pasifik diantara Australia dan Selandia Baru.

Cemara Norfolk cocok untuk dijadikan sebagai tanaman hias di dalam rumah, dan bisa tumbuh dengan ketinggian antara 1,5 – 2,5 m bila diletakkan di dalam ruanagan.

Agar dapat tumbuh dengan baik sebaiknya cemara norfolk membutuhkan paparan sinar matahari per hari namun tidak menyukai terpaan sinar matahari langsung.

Jadi tempat yang bagus untuk meletakkan cemara norfolk adalah ruangan yang memiliki banyak jendela yang menghadap ke timur laut atau barat laut.

Jika cemara diletakkan di dekat jendela yang menghadap ke selatan atau barat sebaiknya jendelanya harus bernaungan agar pohon tidak terkena terpaan sinar matahari langsung. Tempat lain yang bagus untuk cemara norfolk adalah beranda berkanopi dan ruang berjemur.

16. Dieffenbachia (Bunga bahagia)

tanaman hias dalam rumah

Dieffenbachia, daun bahagia atau bunga bahagia merupakan tanaman hias yang dikenal mudah dalam perawatan dan perbanyakannya.

Tanaman yang masih masuk dalam keluarga talas-talasan (Araceae) dikenal tahan dalam ruangan meskipun sesekali perlu dibawa pada ruang terbuka.

Bila ditempatkan dalam ruang atau di bawah naungan daun bunga bahagia akan berwarna agak gelap. Namun akan menjadi terang cerah kembali di bawah sinar matahari.

Meskipun tanaman ini dapat membuat ruangan asri namun sebaiknya kamu juga perlu berhati-hati. Karena getah daun, dan batangnya mengandung kalsium oksalat yang dapat menyebabkan gatal-gatal mapun kejang pada bibir dan lidah.

17. Beringin (Ficus benjamina)

tanaman hias dalam rumah

Beringin merupakan pohon yang dikenal sebagai tumbuhan pekarangan dan tumbuhan hias pot.

Tanaman beringin banyak dijadikan tanaman bonsai dan digunakan sebagai tanaman hias pada ruangan.

18. Anggrek (Orchidaceae)

tanaman hias dalam rumah

Anggrek merupakan tanaman hias yang memiliki bunga yang cantik dan lebut dan memiliki beragam warna bentuk dan ukuran.

Anggrek juga merupakan tanaman hias bunga yang memiliki jenis terbanyak, mungkin hampir sekitar 22.000 jenis diseluruh dunia.

Untuk dapat tumbuh subur dan menghasilkan bunga yang indah, anggrek menyukai cahaya matahari namun tidak secara langsung. Sehingga biasanya tanaman ini diletakkkan di bawah naungan. Tanaman hias anggrek juga tahan di dalam ruang.

19. Peperomia

tanaman hias dalam rumah

Peperomia adalah tanaman hias yang berasal dari Brazil. Tanaman ini memiliki sekitar 1.600 spesies.

Tanaman peperomia merupakan tanaman hias yang populer karena memiliki daun yang sangat menarik. Tanaman ini biasanya banyak ditanam di pot kemudian diletakkan di dalam rumah.

20. Philodendron

tanaman hias dalam rumah

Philodendron merupakan tanaman hias yang juga masih masuk dalam suku talas-talasan (Araceae) dan memiliki banyak spesies.

Nama philodendron sendiri berasal dari bahasa Yunani philo (cinta) dan dendron (pohon) karena warna-warni daunnya dan keindahan bentuknya.

Tanaman philodendron banyak ditanam di taman serta ditanam sebagai penghias ruangan.

21. Maranta (prayer plant)

tanaman hias dalam rumah

Maranta (Maranta leuconeura) atau prayer plant merupakan tanaman hias yang memiliki daun berwarna-warni. Tanaman dalam ruangan ini biasanya ditanam dalam pot gantung atau ditanam di pot dan diletakkan di atas meja.

Oh ya kenapa tanaman ini dinamakan prayer plant atau maranta pendoa??? Karena tanaman ini pada malam hari atau saat mendung daunnya akan melipat seperti tangan yang sedang berdoa.

22. Saintpaulia (violet afrika)

tanaman hias dalam rumah

Tanaman ini dikenal dengan nama Violet afrika karena memiliki bunga yang berwarna ungu dengan bintik-bintik kecil berwarna kuning di tengahnya dan berasal dari Afrika.

Tanaman violet afrika juga merupakan tanaman hias yang mudah ditanam dan di rawat.

Agar tanaman ini dapat mengeluarkan bunga yang mekar indah letakkan tanaman di dekat jendela yang memiliki cahaya terang namun memiliki tirai tipis.

23. Zygocactus

tanaman hias dalam rumah

Zygocactus atau Schlumbergera truncata memiliki banyak nama yaitu kaktus natal, Cristmas cactus, Crab cactus (kaktus kepiting-wijaya kusuma kepiting), holiday cactus dan thanksgiving cactus.

Tanaman ini sangat cocok dijadikan tanaman hias dalam rumah karena di habitat aslinya tanaman ini menyukai tempat lembab dan tidak pernah terkena sinar matahari langsung.

24. Tillandsia

tanaman hias dalam rumah

Kalau kamu ingin menanam tanaman hias tanpa perlu repot dengan urusan pot dan tanah cobalah kamu menanam Tillandsia.

Tillandsia adalah tanaman hias dalam rumah yang mudah dirawat, tanpa tanah, serta tidak perlu direndam dalam air untuk hidup.

Jadi untuk menanamnya kamu cukup menggantung tanaman ini pada tempat yang terkena cahaya matahari namun tidak langsung, misal dekat jendela. Kamu cukup sesekali menyiram Tillandsia hanya untuk sekedar minum.

Baca: 17 Tanaman Hias Dalam Rumah Bisa Ditanam Meski Tanpa Tanah

25. Monstera

tanaman hias dalam rumah

Monstera atau akrab dipanggil “janda bolong” merupakan salah satu tanaman hias yang saat ini juga sedang booming.

Tanaman ini bisa diletakkan di ruangan karena tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari langsung dan tahan pada ruangan tertutup atau ruangan ber AC.

Baca: 12 Tanaman Hias Yang Mampu Bertahan Dalam Ruangan AC

26. Bambu rejeki (Dracaena)

tanaman hias dalam rumah

Bambu rejeki, bambu hoki, lucky bamboo atau lebih akrab dengan nama tanaman suji merupakan tanaman hias populer untuk memperindah tampilan ruangan serta bisa membuat suasana lebih menyenangkan.

Dinamakan bambu rejeki atau bambu hoki karena tanaman ini diyakini mampu membawa keberuntungan atau hoki. Tanaman bambu rejeki bisa ditanam pada media tanah maupun media air.

Meskipun untuk dapat tumbuh dengan baik tanaman bambu mambutuhkan sinar matahari namun bambu rejeki tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Jadi jika memiliki tanaman bambu rejeki sebagai penghias ruangan sebaiknya sesekali dibawa keluar ruangan agar terkena sinar matahari sejenak.

27. Chinese Money plant

tanaman hias dalam rumah

Tanaman chinese money plant dikenal sebagai tanaman fengshui untuk mendatangkan rezeki, keberuntungan dan kelancaran finansial.

Tanaman money plant memiliki bentuk daun seperti koin dan sangat cocok djadikan tanaman hias indoor untuk rumah mungilmu.

Menanam money plant juga cukup mudah, kamu bisa menanamnya dengan cara stek atau memotong batangnya kemudian menanamnya pada pot kecil.

Agar tumbuh dengan baik letakkan di dekat jendela agar selalu terkena cahaya matahari.

28. Crassula ovata

tanaman hias dalam rumah

Tanaman jenis sekulen berikutnya yang cocok sebagai tanaman hias indoor adalah tanaman jade.

Meski berukuran mini tanaman ini sangat terkenal karena memiliki daun yang tebal berkilau berbentuk oval dan berumur panjang. Agar daunnya tetap bagus dan berkilau, lap daunnya dengan lembut, beri sedikit air dan siangi sesekali.

Seperti halnya tanaman bambu rejeki, jade juga dianggap sebagai tanaman pembawa keberuntungan.

29. Cocor bebek

tanaman hias dalam rumah

Tanaman hias berikutnya yang cocok untuk ditaruh di dalam rumah adalah bunga cocor bebek.

Cocor bebek memiliki bunga berwarna merah cerah sehingga sangat cocok jadi penghias rumah. Letakkan di ruangan yang mendapatkan sinar matahari cukup agar bisa berfotosintesis.

Daun cocor bebek selain jadi tanaman hias, memiliki banyak manfaat sebagai tanaman herbal.

Daun cocor bebek dapat digunakan untuk menyembuhkan luka, meringankan sakit kepala, menyembuhkan sakit gigi, serta menghilangkan jerawat.

30. Tanaman Polkadot

tanaman hias dalam rumah

Tanaman polkadot atau hipoestes merupakan tanaman hias yang memiliki penampilan yang sangat menarik hati karena daunnya memiliki motoi titik titik yang unik.

Pada umumnya tanaman polkadot memiliki daun berwarna dasar pink dengan motif titik-titik hijau. Namun saat ini ada pula varian berwarna dasar putih dan merah.

Oh ya tanaman polkadot bisa lho diletakkan di atas meja belajar untuk menceriakan suasana belajar kamu.

Agar polkadot dapat tumbuh dengan baik tempatkan polkadot pada tempat yang teduh. Karena jika terlalu banyak terpapar sinar matahri langsung daunnya yang cantik akan berguguran.

31. Baby Toes

tanaman hias dalam rumah

Tanaman dari keluarga sukulen ini memiliki penampilan yang lucu karena mirip dengan jari kaki bayi. Itulah kenapa tanaman ini disebut baby toes (jari kaki bayi)

Baby toes sangat cocok jadi penghias meja kerja atau diletakkan di samping tempat tidur karena tidak membutuhkan paparan cahaya matahari langsung.

32. Lili paris (Chlorophytum comosum)

tanaman hias dalam rumah

Tanaman Lili paris (Chlorophytum comosum) dikenal pula dengan nama Lili siam atau Spider plants.

Lili paris merupakan tanaman hias yang paling mudah ditanam dan paling mudah beradaptasi. Sehingga siapapun dapat menanamnya bahkan pemula yang tak memiliki bakat berkebun sekalipun.

Baca juga: Cara Merawat Tanaman Hias Dalam Ruangan Agar Tumbuh Subur dan Indah

Tanaman hias Lili paris merupakan tanaman hias yang tidak membutuhkan sinar matahari berlimpah. Sehingga tanaman ini cocok untuk dijadikan tanaman hias dalam rumah. Tanaman ini dapat tumbuh dengan subur di kamar mandi serta kamar tidur.

33. Acheveria

tanaman hais dalam rumah

Echeveria merupakan tanaman hias dari keluarga sukulen yang sangat mudah ditemui di pasaran.

Tanaman Echeveria memiliki bentuk daun yang unik karena bertingkat-tingkat seperti bunga mawar,dengan ukuran yang kecil. Tanaman ingin ini sangat cocok digunakan untuk mempercantik meja kantor maupun meja belajar

34. Anthurium

tanaman hias dalam rumah

Hayo… siapa yang tak kenal anthurium…

tanaman hias ini beberapa tahun yang lalu sempat menggegerkan dunia pertanam hiasan karena harganya yang sangat fantastis.

tanaman anthurium memiliki bentuk daun yang unik dan cantik sehingga mampu membuat suasana rumah menjadi tampak segar.

Bahkan beberapa jenis anthurium sangat cantik diletakkan di atas meja.

35. Tanaman Hebras atau Gerbera

tanaman hias dalam rumah

Tanaman yang satu ini memiliki tampilan yang sangat cantik sehingga sangat cocok disimpan di dalam rumah.

Menurut study yang dilakukan NASA, tanaman gerbera sangat bermanfaat dalam menyerap benzena di dalam ruangan serta dapat memproduksi oksigen di malam hari.

Bahkan, menurut study yang dilakukan The Lung Institute, tanaman hebras dapat membantu mengatasi insomnia dan gangguan sulit tidur.

36. Hyacinth

tanaman hias dalam rumah

Hyacinth adalah salah satu tanaman berbunga abadi yang berasal dari wilayah Mediterania dan Afrika. Tanaman ini memiliki bunga yang berbau harum, berbentuk lonceng dengan kelopak yang melipat.

Tanaman Hyacinth sering digunakan sebagai penghias taman, tempat tidur, dekorasi balkon dll.

37. Peace lily (Spathiphyllum)

tanaman hias dalam rumah

Peace lily atau akrab disebut dengan lili perdamaian adalah bunga hias dari keluarga talas-talasan (Araceae) yang bisa ditanam di luar maupun dalam ruangan.

Tanaman yang memiliki daun berwarna hijau dan bunga putih menawan ini selain dapat memperindah ruangan ternyata mampu membersihkan udara.

Tanaman peace lily juga bisa meningkatkan kualitas tidur jika diletakan di kamar dan mampu membersihkan jamur jika diletakkan di kamar mandi.

38. Tanaman kupu-kupu (Oxalis Plant)

tanaman hias dalam rumah

Tanaman hias dalam rumah yang memiliki penampilan unik berikutnya adalah tanaman kupu-kupu atau Oxalis plant. Sesuai dengan namanya, daun tanaman hias ini memang berbentuk seperti kupu-kupu dan berwarna ungu.

Keunikan lainnya dari tanaman ini adalah daun dan bunganya akan terbuka dan tertutup sebagai respon terhadap cahaya.

39. Tanaman Besi Cor (Cast-Iron Plant)

tanaman hias dalam rumah

Tanaman aspidistra atau dikenal pula dengan nama cast iron plant merupakan salah satu jenis tanaman hias yang populer.

Tanaman ini mudah sekali dirawat karena tahan terhadap berbagai kondisi cahaya dan tanah.

40. Rhapis Excelsa

tanaman hias dalam rumah

Rhapis Excelsa adalah jenis palem yang tidak mudah rusak dan mudah beradaptasi di hampir semua kondisi suhu maupun cahaya. Rhapis juga termasuk tanaman hias yang mudah dipelihara, tapi memiliki pertumbuhannya yang lambat.

41. Alocasia

tanaman hias dalam rumah

Alocasia merupakan tanaman dari keluarga talas-talasan (Araceae) yang memiliki keindahan pada penampilan daunnya yang lebar, variasi pada corak tulang daun dan kerimbunannya.

Tanaman alokasia sendiri memiliki ratusan varian. Beberapa diantaranya ada yang tahan terhadap paparan cahaya matahari penuh dan ada yang tidak tahan terhadap cahaya matahari langsung.

Jenis Alocasia yang tidak tahan terhadap cahaya matahari langsung dan sering dijadikan tanaman hias indoor misalnya Alocasia reginula black velvet dan Alocasia cuprea.

Tanaman Hias Dalam Rumah Pengusir Nyamuk

42. Rosemary

tanaman hias dalam rumah

Tanaman rosemary merupakan tanaman yang hias indoor yang juga kaya manfaat.

Selain memiliki aroma wangi dengan bunga berwarna ungu kebiruan yang menawan, tanaman ini juga bisa digunakan sebagai tanaman pengusir nyamuk.

Manfaat lainnya adalah sebagai tanaman herbal serta menjadi bumbu dapur berbagai olahan masakan.

43. Lavender

tanaman hias dalam rumah

Mungkin teman-teman sudah tidak asing dengan bunga lavender. Karena bunga ini sering menjadi bahan pewangi pada parfum,aroma terapi, serta produk anti nyamuk.

Ya… lavender merupakan salah satu tanaman hias dalam ruangan yang juga kaya manfaat.

Aroma wangi yang dikeluarkan lavender dapat memberikan efek relaks sehingga cocok untuk membantu mengatasi sulit tidur dan sakit kepala.

Selain itu aroma khasnya sangat dibenci nyamuk, itulah kenapa bunga ini menjadi salah satu tanaman yang bermanfat untuk mengusir nyamuk di kamar kamu.

Itulah 43 tanaman hias dalam rumah yang bisa jadi inspirasi buat kamu. Semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lain

20 Ide Kreatif Menata Tanaman Hias Dalam Ruangan