Cara Menanam Bunga Kertas Agar Cepat Tumbuh Dengan Stek Batang

bertaniorganik.com – cara menanam bunga kertas – Tanaman bunga kertas atau dikenal juga dengan nama bunga bougenville merupakan tanaman hias yang berasal dari Meksiko dan menyebar hampir di seluruh dunia. Bunga ini memiliki mahkota yang kaku dan tipis seperti halaman kertas, sehingga disebut dengan bunga kertas.

Di Indonesia, tanaman bunga kertas menjadi salah satu tanaman hias yang sangat populer karena sangat mudah ditanam dan dipelihara tanpa perawatan khusus. Selain itu jenis dan varietaswarnanya yang beragam menambah daya tarik dari bunga ini.

Tanaman bunga kertas kertas atau bougenville biasanya banyak ditanam di halaman rumah maupun dijadikan sebagai tanaman bonsai yang indah dan unik.

Syarat Tumbuh Tanaman Kertas

Seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa bunga kertas merupakan tanaman yang mudah ditanam dan mudah dipelihara tanpa perawatan khusus. Yang terpenting adalah bunga kertas membutuhkan instensitas pencahayaan matahari yang cukup agar dapat tumbuh maksimal.

Jika kamu memiliki bonsai bougenville di rumah cobalah sesekali untuk meletakannya di luar ruangan agar memperoleh sinar matahari yang cukup.

Selain membutuhkan pencahayaan yang cukup, agar dapat tumbuh dengan subur dan memiliki perkembangan bunga yang bagus, tanaman bunga kertas membutuhkan tanah yang subur dan berpori.

Cara Menanam Bunga Kertas

Untuk menanam bunga kertas agar cepat tumbuh dengan subur, berikut ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan.

Persiapan Media Tanam

Bunga kertas dapat ditanam langsung di tanah seperti di taman atau di halaman rumah maupun ditanam di pot atau polybag.

Agar tanaman ini dapat tumbuh subur maka siapkanlah media tanam berupa campuran tanah, pupuk kandang, dan arang sekam.

Langkah Menanam Bunga Kertas

Cara menanam bunga kertas pada umumnya dilakukan dengan cara stek batang. Jarang sekali tanaman ini ditanam dengan menggunakan biji.

Oleh karena itu siapkanlah tanaman bunga kertas yang sehat dan subur untuk digunakan sebagai indukan.

Dari pohon bunga kertas indukan tersebut pilih batang tanaman yang cukup dewasa dan potong dengan potongan menyerong dan meruncing.

Celupkan potongan batang bunga kertas pada larutan ZPTatau larutan bawang merah kemudian tancapkan potongan batang tersebut pada media tanam dengan kedalaman 5 cm. Proses penanaman ini sebaiknya dilakukan pada pagi atau sore hari agar batang tidak kering terkena paparan sinar matahari langsung.

Jangan lupa lakukan penyiraman secukupnya secara rutin agar stek batang cepat tumbuh dengan subur. Usahakan penyiraman tidak sampai menggenang karena dapat menyebabkan stek batang bunga kertas membusuk.

Pemangkasan

Setelah tanaman tumbuh dengan subur, salah satu perawatan yang harus dilakukan adalah melakukan pemangkasan secara rutin.

Pemangkasan ranting selain membuat tanaman terlihat rapih juga dapat merangsang tanaman untuk tumbuh dan berbunga.

Selain pemangkasan ranting, pemangkasan akar juga perlu dilakukan untuk memastikan akar tidak melebihi batas kapasitas pot.

Penyiraman Secukupnya

Seperti halnya tanaman hias lain, bunga kertas juga memerlukan penyiraman yang cukup agar bunga dapat hidup dengan subur.

Namun yang perlu kamu tahu, jenis tanaman ini memerlukan waktu dalam satu tahun tanpa penyiraman sama sekali atau dikenal dengan masa kering.

Kapan waktunya? yaitu saat muncul kuncup – kuncup bunga. Pengeringan ini berguna untuk menstimulasi bermekarannya kuncup – kuncup bunga tersebut.

Lakukan Pemupukan

Untuk menambah nutrisinya, bunga kertas juga perlu diberi pupuk. Pemupukan ini dapat dilakukan sebulan sekali.

Pupuk yang dapat digunakan bisa berupa pupuk kandang, pupuk kompos, atau pupuk NPK.

Letakkan Di Tempat Yang Banyak Sinar Matahari

Tanaman bunga kertas merupakan jenis tanaman yang memerlukan sinar matahari yang cukup. Oleh karena itu tanaman ini lebih cocok berada di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung.

Demikian artikel cara menanam bunga kertas atau bougenville semoga bermanfaat. Simak juga artikel lain tentang bougenville.

Baca Juga

Jenis Rumput Hias Untuk Taman Rumah

Cara Menanam dan Merawat Aglaonema Agar Tumbuh Subur

4 Jenis Tanaman Sikas,Cara Menanam Dan Perawatannya