Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas Unik dan Indah Bagi Pemula

bertaniorganik.com – Cara Membuat Bonsai Bunga Kertas – Bonsai bunga kertas atau bonsai bougenville merupakan salah satu bonsai tanaman hias yang sangat populer.

Hal ini lantaran tanaman bunga kertas atau juga populer dengan nama bougenville memiliki bunga yang berwarna cerah dan jenis warnanya pun sangat beragam. Tanaman bunga kertas juga memiliki perawatan yang relatif mudah dan tanpa teknik khusus.

Selain itu batang pohon bunga kertas memiliki corak klasik sehingga menjadi salah satu daya tarik tanaman bougenville untuk dibuat bonsai.

Teknik Membuat Bonsai Bunga Kertas

Untuk membuat bonsai bunga kertas caranya tidak terlalu sulit. Anda hanya butuh kesabaran dan ketelatenan seperti membuat bonsai tanaman yang lain.

Baca: Cara Mudah Membuat Bonsai Kelapa Bercabang dan Cepat Berbuah

Berikut ini langkah dan teknik untuk membuat bonsai bunga kertas dengan mudah.

Persiapan Alat dan Bahan

  • Bibit bunga bougenville
  • Media tanam
  • Tanah
  • Pasir
  • Pupuk kandang
  • Kerikil
  • Pupuk NPK
  • Gunting tanaman
  • Pot
  • Kawat kuningan
  • Tali rafia
  • Tang

Proses Pembuatan Bonsai Bougenville

Setelah semua peralatan dan bahan dipersiapkan, selanjutnya kita masuk pada tahap proses pembuatan bonsai bunga kertas. Berikut ini langkah-langkahnya.

Persiapan Bibit Bunga Kertas

Untuk mendapat hasil bonsai yang maksimal maka bibit bunga kertas harus memenuhi beberapa kriteria :

  • Kualitas bibit harus baik yaitu sehat, tidak terkena hama dan penyakit, daun subur dengan ciri warna hijau cerah.
  • Untuk mendapat bibit yang bagus sebaiknya gunakan bibit yang berasal dari cangkok atau stek batang. Hal ini karena tanaman akan lebih kokoh karena memiliki akar lateral bukan akar tunggang.

Persiapan Media Tanam

Siapkan pot yang kokoh dan kuat serta tidak mudah pecah. Namun sebelum pot digunakan, sebaiknya pot dicuci bersih untuk mencegah hama atau kotoran yang menempel yang dapat menimbulkan penyakit. Selain itu juga dapat dilakukan perendaman dengan insektisida dan dilakukan penjemuran sekitar 10-15 menit.

Baca: Wow!!! 13 Macam Bonsai Buah Cantik Ini Cocok Untuk Koleksi di Rumah

Masukkan kerikil pada bagian dasar pot yang berfungsi sebagai pemberat serta membuat aerasi lebih baik.

Siapkan media tanam berupa campuran tanah, pasir, dan pupuk kadang dengan perbandingan 5:3:2. Masukkan media tanam ke dalam pot sampai kira-kira sebatas leher pot.

Tanam bibit bunga kertasdengan posisi tegak lurus dan masukkan lagi media tanam sampai penuh.

Selanjutnya lakukan penyiraman secara rutin agar tanaman dapat tumbuh dengan baik dan subur.

Lakukan penyiraman secukupnya saja jangan sampai air menggenang atau jangan terlalu sedikit.

Proses Pembonsaian Bunga Kertas

Setelah tanaman tumbuh subur kemudian kita masuk pada tahap pembonsaian. Langkah pertama dalam membuat bonsai bunga kertas adalah membuat kerangka dasar bonsai.

Membuat kerangka dasar bonsai dimulai dengan melakukan pemangkasan dahan-dahan yang dirasa tidak penting. Tujuannya untuk merapikan tanaman agar tanaman memiliki tampilan yang estetik dan rapi. Selain itu pemangkasan juga berguna untuk mengurangi proses penguapan yang dapat menyebabkan tanaman stress dan mati.

Baca: Inilah Deretan Bonsai Terindah dan Termahal Di Dunia Berharga Tak Lazim

Tahap berikutnya adalah melilitkan kawat pada cabang atau ranting sesuai bentuk yang diinginkan. Beberapa bentuk bonsai yang sering dibuat misalnya bentuk tegak lurus, bentuk mahkota asimetris, atau bisa juga berliku-liku dan menjulang ke atas. Selain itu bisa juga berbentuk miring dan bergelantungan.

Setelah lilitan nampak sempurna anda dapat mengikatnya dengan tali rafia untuk menjaga agar posisinya tidak berubah.

Perawatan Tanaman Bonsai Bunga Kertas

Selama masa pembentukan bonsai ini anda bisa memangkas dahan-dahan yang dirasa tidak penting, jelek atau tumbuhnya tidak sesuai dengan pola dan bentuk b9nsai yang diinginkan. Beberapa ranting yang posisinya tumpang tindih juga dapat anda buang agar tidak merusak bentuk bonsai.

Lakukan penyiraman secukupnya secara rutin. Penyiraman jangan sampai menggenang karena dapat membuat akar menjadi busuk.

Lakukan pemupukan menggunakan NPK 15:15:15 atau NPK Mutiara dengan dosis 20-25 gram yang diberikan setiap 4 bulan sekali dengan cara ditaburkan kebagian dekat perakaran.

Artikel Menarik Lainnya

4 Jenis Tanaman Sikas,Cara Menanam Dan Perawatannya

Inilah Jenis Tanaman Hias Daun Aglaonema Berpenampilan Eksotis Yang Populer di Indonesia

Jenis-jenis Tanaman Hias Berdaun Merah Mempesona, Unik dan Langka

11 Tanaman Hias Daun Populer Ini Cocok Untuk Mempercantik Rumah