Cara Menanam Rumput Gajah Mini Agar Cepat Tumbuh Lebat

bertaniorganik.com – cara menanam rumput gajah mini – Saat ini, salah satu jenis rumput hias yang sedang hangat dibicarakan dan menjadi trend di dunia interior dan eksterior design adalah rumput gajah mini.

Rumput ini disebut-sebut sebagai hiasan yang sangat cantik untuk rumah model minimalis dengan beberapa ornamen yang juga serba minimalis. Karena rumput gajah mini dapat menjadi solusi bagi rumah minimalis yang biasanya memiliki lahan atau taman dengan luas terbatas.

Keunggulan Rumput Gajah Mini

Salah satu daya tarik yang dimiliki rumput gajah mini menurut para designer eksterior adalah bentuknya yang pendek, dengan ukuran daun yang kecil, serta pertumbuhannya yang seragam sehingga memancarkan kesan asri, rapi, dan menarik.

Selain itu, cara menanam rumput gajah mini juga sangat mudah dan dapat dikerjakan sendiri di rumah tanpa perlu memanggil tukang kebun khusus untuk menanamnya.

Bentuk daunnya yang kecil juga menjadi keunggulan tersendiri bagi rumput gajah mini, karena kamu tidak perlu kerepotan dalam merawatnya.

Cara Menanam Rumput Gajah Mini

Untuk menanam rumput mini agar cepat tumbuh subur dan berdaun lebat berikut ini langkah langkah yang perlu kamu lakukan.

  • Persiapan bibit dan media tanam

Gemburkan tanah dengan cara dicangkul dengan kedalaman 5-10cm kemudian ratakan kembali tanahnya.

Jika kondisi tanah gersang atau tandus, taburkan pupuk kandang di atasnya dan diamkan selama 1 minggu sebelum penanaman agar nutrisinya dapat meresap ke dalam tanah.

Jika media lahan tanah dirumah tidak tersedia anda dapat mengurugnya terlebih dahulu dengan tanah yang dapat dicari di kebun atau bisa juga membeli tanah urug yang khusus digunakan untuk taman.

Penanaman rumput gajah mini sebaiknya dilakukan di musim penghujan karena rumput gajah mini membutuhkan suplai air yang banyak.

Untuk meminimalisir biaya, anda dapat membeli bibit rumput gajah mini pada tukang taman atau tukang bunga dengan harga biasanya antara 15-20rb per meternya. Kemudian bibit tersebut anda potong-potong menjadi beberapa bagian yang lebih kecil dan kemudian ditanam dengan pola zig-zag untuk mendapatkan hasil yang sempurna.

  • Proses penanaman rumput gajah mini

Setelah mendapatkan bibit, kemudian disobek-sobek menjadi beberapa potongan yang kecil-kecil dengan ukuran 3-5 cm.

Tanam potongan rumput tersebut hingga akarnya tertutup tanah. Agar mendapat hasil yang maksimal tanam rumput tersebut dengan pola zig-zag.

Agar akar rumput dapat melekat kuat dengan tanah, pukul rumput dengan pelan.

Agar posisi rumput dapat merata dengan tanah anda dapat menindihnya dengan menggunakan balok kayu, setelah rata angkat kembali baloknya.

  • Cara merawat rumput gajah mini

Setelah tanaman berumur 2 minggu lakukan pemupukan menggunakan pupuk Urea agar tanaman cepat berkembang dengan pesat.

Lakukan penyiraman secara rutin setiap pagi dan sore hari. Penyiraman dapat menggunakan gembor, selang kecil, atau semprotan halus.

Jika disekitar rumah terdapat hewan yang berkeliaran seperti ayam, anda dapat menutup rumput gajah mini dengan daun kelapa atau menggunakan paranet.

Setelah rumput berumur 7 hari, pelepah daun kelapa atau paranet dapat kita singkirkan.

Memperhatikan pencahayaan dan gulma. Salah satu yang perlu diperhatikan dalam penanaman rumput gajah mini adalah pencahayaan. Kondisi lahan yang kurang pasokan cahaya matahari akan menyebabkan rumput tumbuh memanjang dan tentunya bukan itu yang diharapkan. Maka ketika akan membuat taman sebaiknya perhatikan intensitas cahaya matahari sehingga rumput akan memiliki daun yang kecil dan pertumbuhannya menyamping sehingga sedap dipandang mata.

Jangan lupa mencabut gulma jika ada yang tumbuh disela-sela tanaman rumput gajah mini sehingga tidak mengganggu penampilan.

Menjauhkannya dari pejalan kaki. Saat proses penanaman rumput gajah mini sebaiknya hindari pejalan kaki yang melintas di area penanaman. Karena apabila terinjak oleh kaki dapat mengganggu pertumbuhan rumput Jika hal ini tidak bisa dihindari, kamu bisa memasang batu di berbagai area sebagai tempat pijakan.

Itulah bagaimana proses atau langkah langkah menanam rumput gajah mini. Pada umumnya ketika Anda menanam rumput mini ini sepanjang 1 meter maka Anda dapat melihat hasilnya bahwa rumput dapat berkembang menjadi lebih luas lagi hingga 2 dan bahkan 3 meter lagi. Jadi sangat indah sekali melihat suasana rumah dengan rumput hijau segar yang teratur yang sering terlihat seperti karpet berwarna hijau hingga membuat banyak orang yang melihat ingin berbaring di atasnya.

Artikel Menarik Lainnya

Cara Menanam Rumput Jepang Supaya Cepat Tumbuh Subur

Cara Mudah Budidaya Rumput Gajah Untuk Pakan Ternak Kambing dan Sapi

Mengenal Rumput Odot Pakan Favorit Untuk Kambing dan Kelinci

Cara Menanam Rumput Odot Yang Baik dan Benar

Tags: