Mengenal Jenis jenis Seledri Yang Biasa Kita Konsumsi

bertaniorganik.com – Jenis jenis seledri – sahabat bertani, tentu kita sudah tidak asing lagi dengan tanaman seledri. Tapi mungkin kita jarang yang tahu ternyata jenis seledri yang biasa dikonsumsi itu ada beberapa macam.

Tanaman yang banyak digunakan sebagai campuran sop ini asalnya dari Eropa selatan dan tersebar hampir ke seluruh penjuru dunia. Di indonesia sendiri tanaman seledri awalnya diperkenalkan oleh Belanda dan daunnya banyak digunakan untuk menyedapkan sop dan juga sebagai lalapan.

Sahabat bertani, kalau kita biasa mengonsumsi seledri berupa daun dan batangnya, ternyata ada perbedaan cara mengonsumi seledri di berbagai Negara. Di bebeberapa negara Asia Timur seperti Jepang, Korea dan Cina, bagian tanaman seledri yang dikonsumsi adalah tangkai dan daunnya. Sedangkan di Eropa seluruh bagian tanaman seledri dapat dikonsumsi yaitu daun, buah, tangkai dan umbinya.

Loh seledri kok ada umbinya… Nah ternyata jenis seledri itu ada beberapa macam. Berikut ini beberapa jenis seledri yang perlu kamu tahu.

Seledri daun (A. graveolens kelompok secalinum). Seledri ini yang dikonsumsi adalah daun dan batangnya saja. Jenis seledri ini banyak ditanam di Indonesia.

Seledri potong (A. graveolens Kelompok dulce). Bagian yang digunakan dari seledri jenis ini adalah batangnya. Seledri ini memiliki ciri-ciri tangkai daunnya membesar dan beraroma segar. Pemanfaatannya biasanya untuk campuran salad.

Seledri berumbi (A. graveolens Kelompok rapaceum). Tanaman seledri jenis ini memiliki ciri-ciri adanya umbi di permukaan tanah. Seledri ini biasanya digunakan untuk membuat sup, semur, atau schnitzel (makanan Jerman dan Austria).

Seledri kaya akan provitamin A dan K sehingga baik untuk kesehatan. Selain itu, daun seledri pun berguna untuk mengobati penyakit rematik, darah tinggi, dan sukar tidur. Sayangnya, penderita penyakit kencing protein (proteinuria) sebaiknya menghindari konsumsi seledri.

Baca Juga

Manfaat dan Khasiat Seledri dan Cara Mengolahnya

[panduan lengkap] Cara MENYEMAI BIBIT SELEDRI dengan Benar

Begini Cara Budidaya Seledri [Tanaman Sayur Berharga Mahal] Dengan Mudah

Cara MENANAM SELEDRI dalam Pot atau Polybag dengan Mudah bagi Pemula