Jenis Rumput Hias Untuk Taman Rumah

bertaniorganik.com – Jenis Rumput Taman – Memiliki taman di rumah adalah sesuatu yang sangat menyenangkan. Taman di rumah, selain dapat mempercantik dan menghijaukan rumah juga dapat menjadi salah cara menyalurkan hobi berkebun. Di taman yang kamu buat, kamu bisa menanam berbagai macam tanaman, pohon, dan berbagai jenis bunga.

Jenis-jenis Rumput Hias Untuk Taman

Nah agar nampak lebih asri taman tersebut juga bisa ditanami rumput hias.

Rumput hias atau rumput taman sendiri ada beberapa macam. Kamu bisa memilih rumput mana yang kamu suka dan tentunya disesuaikan dengan kondisi lingkunganmu. Karena memang masing -masing rumput tersebut memiliki karakter, perawatan, dan tentu saja budget yang berbeda.

Berikut ini beberapa jenis rumput yang cocok untuk di tanam di taman rumah.

1. Rumput Jepang

Rumput ini walaupun ada nama jepangnya tapi bukan berarti berasal dari Jepang ya…

Rumput jepang banyak dipilih untuk halaman rumah karena bentuknya yang meruncing dan tipis sehingga terkesan rata dan rapi. Harga rumput jepang tidak terlalu mahal dan perawatannya pun juga terbilang mudah.

Baca: Cara Menanam Rumput Jepang Supaya Cepat Tumbuh Subur

Jika kamu menanam rumput jepang, agar rumput jepang dapat tumbuh dengan maksimal namun tetap rapi kamu perlu melakukan pemupukan dengan urea minimal 2 kali sebulan, melakukan penyiraman secara rutin dan melakukan pemangkasan jika sudah terlihat tinggi.

Pemangkasan selain agar rumput terlihat rapi, juga bermanfaat agar cahaya matahari dapat maksimal menyinari seluruh bagian rumput, sehingga bagian bawah tidak menguning.

Karena rumput jepang memiliki bentuk yang tipis dan runcing, rumput ini sering disebut rumput jarum. Saat kamu duduk di atasnya mungkin kamu akan merasa kurang nyaman karena kulitmu akan terasa sedikit sakit seperti tertusuk jarum.

2. Rumput Gajah Lokal

Rumput gajah lokal atau rumput gajah besar memiliki nama latin Pennisetum purpureum memang memiliki ukuran cukup besar.

Rumput ini memiliki nutrisi yang tinggi sehingga sering digunakan untuk pakan ternak seperti sapi, kambing dll.

Karena ukurannya yang besar dan teksturnya yang kasar, rumput ini tahan terhadap pijakan kaki manusia dan tahan lama. Sehingga rumput gajah lokal tak hanya ditanam di taman atau halaman rumah tapi juga digunakan di lapangan sepak bola.

Rumput gajah besar memiliki harga yang murah dan perawatannya mudah. Kamu tidak perlu terlalu rutin menyiramnya karena rumput ini tahan terhadap kondisi kering. Namun karena rumput gajah cepat tumbuh kamu harus rajin memangkasnya.

3. Rumput Gajah Mini

Dibandingkan dengan rumput gajah besar, rumput gajah mini memiliki ukuran yang lebih kecil dan tekstur lebih lembut. Namun seperti rumput gajah lokal, rumput gajah mini juga tahan terhadap injakan manusia.

Rumput gajah mini saat ini memang sedang menjadi primadona karena bisa ditanam pada lahan yang minim cahaya matahari dan cocok diaplikasikan pada taman untuk bermain anak-anak. Selain itu perawatan rumput gajah mini relatif mudah karena pertumbuhannya yang tidak terlalu cepat dan tidak terlalu banyak membutuhkan sinar matahari.

4. Rumput Gajah Mini Variegata

Dibanding varietas rumput gajah yang lain, rumput gajah jenis ini memang sedikit unik karena terdapat garis putih di tiap helai daunnya.

Namun dari segi karakteristik, rumput gajah variegata juga tahan terhadap injakan dan tidak membutuhkan perawatan yang rumit.

Akan tetapi, karena warnanya yang unik, jenis rumput ini harganya sedikit lebih mahal dibandingkan jenis rumput gajah mini biasa.

5. Rumput Peking

Sekilas rumput yang pernah menjadi primadona pada tahun 2000 memiliki karakteris yang mirip dengan rumput jepang. Walaupun sebenarnya sangat berbeda, karena rumput peking memiliki helaian daun yang lebih jarang dan permukaan yang lebih halus.

Kelebihan dari rumput peking adalah memiliki daya tahan yang kuat terhadap segala cuaca, bahkan pada cuaca dingin sekalipun. Rumput peking memiliki tampilan yang rapi dan mewah sehingga harganya pun lebih mahal dibanding rumput taman jenis lain.

6. Rumput Swiss

Dari berbagai jenis rumput taman, rumput Swiss merupakan rumput paling halus. Maka tak heran jika harganya paling mahal dan memerlukan perawatan ekstra.

Jika kamu ingin menanam rumput Swiss di halaman rumah, pastikan lokasinya mendapatkan pencahayaan matahari minimal 80%, lakukan pemangkasan sebulan sekali, dan berikan pupuk Urea agar tumbuh subur.

Rumput Swiss tidak cocok ditanam di iklim lembab karena akan cepat membusuk

7. Rumput Golf

Rumput golf memiliki harga yang mahal dan perawatan yang rumit sehingga sangat jarang dijadikan rumput hias di taman.

Rumput golf memerlukan penyinaran 100%, dipangkas minimal 2 minggu sekali, dan tidak tahan diinjak.

Namun sebanding dengan perawatannya yang rumit dan harganya yang mahal, rumput golf memiliki penampilan yang sangat cantik karena ukurannya yang pendek.

8. Rumput Manila

Rumput manila merupakan jenis rumput ZM yang biasanya banyak digunakan untuk rumput lapangan sepak bola.

Rumput manila merupakan jenis rumput berkualitas tinggi karena memiliki elastisitas yang baik dengan warna hijau pekat. Rumput ini memiliki kekuatan yang sangat tinggi dan tahan terhadap injakan kaki manusia.

Jika kamu ingin menanam rumput manila, kamu harus merawatnya secara rutin, seperti memberi pupuk, memangkas, dan menyiramnya secara rutin.

Rumput manila dapat tumbuh di tanah berpasir dan sangat ideal untuk mengendalikan erosi. Namun yang pasti harga rumput manila cukup mahal.

Artikel Menarik Lainnya

Cara Mudah Budidaya Rumput Gajah Untuk Pakan Ternak Kambing dan Sapi

Cara Menanam Rumput Odot Yang Baik dan Benar