Cara Mudah Budidaya Rumput Gajah Untuk Pakan Ternak Kambing dan Sapi

bertaniorganik.com – Cara Budidaya Rumput Gajah – Rumput gajah (Pennisetum purpureum)merupakan jenis rumput bernutrisi tinggi dan banyak digunakan sebagai pakan hijauan ternak seperti sapi, kambing, kerbau, gajah, dll. Rumput gajah memiliki ciri berbatang tebal dan keras,tumbuh tegak lurus, merumpun lebat dengan tinggi dapat mencapai sekitar 7 meter, memiliki daun panjang, dan memiliki bunga.

Rumput gajah banyak dibudidayakan karena memiliki beberapa keuntungan. Tanaman ini mudah ditanam dan memiliki daya tahan yang tinggi terhadap cuaca panas. Menanam rumput gajah tidak membutuhkan areal khusus, karena dapat dilakukan di lahan kosong sekitar rumah, dekat kandang, atau di pematang sawah. Sehingga lahan yang tadinya kosong menjadi lebih produkif.

Dengan menanam rumput gajah dapat mencukupi kebutuhan pakan hijauan ternak, sehingga peternak tidak lagi terlalu disibukkan dengan aktifitas mencari pakan atau mengarit, terutama saat musim kemarau. Baca: Cara Ternak Kambing Modern Tanpa Ngarit Yang Menguntungkan

Cara Menanam Rumput Gajah

Untuk menanam rumput gajah, berikut ini langkah-langkahnya

Pengolahan tanah

Langkah pertama sebelum menanam rumput gajah adalah melakukan pengolahan tanah terlebih dahulu.

Bersihkan lahan yang akan digunakan untuk menanam dari pohon-pohon, semak, serta rumput belukar.

Setelah itu lakukan pembajakan agar tanah menjadi gembur. Namun jika penanaman tidak terlalu luas, setelah lahan bersih bisa langsung di buat lubang tanam tanpa perlu dibajak.

Penanaman

Waktu terbaik untuk menanam rumput gajah adalah menjelang musim penghujan atau di akhir musim kemarau.

Cara menanam rumput gajah dapat dilakukan dengan biji atau bisa dengan perbanyak secara vegetative yaitu dengan cara stek dan anakan.

  • Menanam rumput gajah dengan stek

Jika akan menanam rumput gajah dengan menggunakan stek, caranya adalah pilih batang yang telah berumur tua atau sekitar 2 bulan. Potong-potong batang rumput gajah menjadi beberapa bagian dan setiap potongan memiliki 2-3 mata tunas. Tanam batang rumput gajah dengan posisi miring 30 dengan jarak tanam 30 x 30cm.

  • Menanam rumput gajah dengan anakan

Jika akan menanam rumput gajah dengan menggunakan anakan, caranya adalah pilih rumpun gajah yang tidak terlalu muda, tumbuh subur, dan memiliki anakan cukup banyak. Ambil sebagian anakan dan tanam 2-3 anakan perlubang dengan jarak tanam  30 x 50 cm.

Pemeliharaan tanaman rumput gajah

Tanaman rumput gajah merupakan tanaman yang tidak membutuhkan perawatan rumit. Perawatannya biasanya berupa penyulaman, penyiangan, dan merapikan rumpun yang tumbuh subur di luar jalur tanaman.

Untuk pengairan dapat dilakukan sebelum pemupukan saat kondisi lahan terlalu kering.

Untuk pemupukan dapat dilakukan pada saat tanama rumput gajah berumur 2-3 minggu. Pupuk yang digunakan hanya berupa Urea yang ditaburkan di dekat rumpun, atau dapat juga ditambahkan pupuk kandang bila ada. Pemupukan selanjutnya dilakukan saat tanaman berumur 2-3 minggu setelah rumput dipotong atau dipanen.

Pemanenan rumput gajah

Pemanenan atau pemotongan rumput gajah dilakukan pada saat tanaman berumur 40 hari atau sebelum berbunga. Karena biasanya saat tanaman berumur lebih dari 50 hari, rumput akan mulai berbunga dan batangnya mengeras.

Batang yang terlalu keras dapat menurunkan nilai gizi dan biasanya kurang disukai ternak terutama kambing.

Pemotongan rumput gajah dilakukan pada ruas batang terbawah dengan menyisakan batang sepanjang 5-10 cm.

Artikel Terkait

Cara Termudah Budidaya Azolla Microphylla Untuk Pakan Ternak dan Ikan Kaya Nutrisi

Langkah langkah Membuat Pakan Kambing Fermentasi Komplit Bernutrisi Tinggi

Membuat Pakan Fermentasi Jerami Untuk Ternak Kambing Dengan SOC

Cara Mudah Membuat Probiotik Alami Untuk Fermentasi Pakan Ternak