Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan, Wajah, dan Rambut

bertaniorganik.com – Manfaat Jeruk Nipis – Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) memang telah lama dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat. Baik manfaat untuk kesehatan, manfaat jeruk nipis untuk wajah atau kecantikan, bahkan manfaat jeruk nipis untuk rambut hingga diet.

Karena beragam manfaatnya, maka tak heran harga jual jeruk nipis cukup menjanjikan.

Baca: Asam di Lidah Manis di Kantong, Inilah Cara Lengkap Budidaya Jeruk Nipis

Nah berikut ini beberapa manfaat jeruk nipis yang penulis rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

1. Meningkatkan imunitas

Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C dan antioksidan. Dengan mengonsumsi air perasan jeruk nipis secara rutin, dapat membantu meningkatkan imunitas tubuh serta membantu tubuh dalam melawan penyakit seperti flu, pilek, dsb.

Vitamin C pada jeruk nipis selain meningkatkan imunitas tubuh, juga memiliki manfaat lain yaitu meningkatkan produksi sel sehat untuk membunuh mikroba penyebab penyakit.

2. Menyeimbangkan PH

Kondisi kesehatan tubuh sangat dipengaruhi oleh keseimbangan asam dan basa dalam tubuh atau lazim disebut PH. Ketika kondisi PH tidak seimbang maka anda akan merasakan sakit. Nah salah satu manfaat dari buah jeruk nipis yang rasanya asam adalah dapat menyeimbangkan PH tubuh anda.

3. Mencegah kanker

Kanker merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh adanya pertumbuhan sel yang abnormal yang dapat berkembang pada bagian tubuh mana saja seperti paru-paru, ginjal, payudara, dll. Jika dibiarkan sel kanker ini dapat menyebar ke seluruh jaringan tubuh lainnya dan dapat memabahayakan jiwa.

Baca: Peluang Usaha dan Cara Budidaya Daun Kelor Secara Lengkap

Meraup Untung Dari Budidaya Kelor

Jeruk nipis mengandung antioksidan liminoid yang berperan dalam menangkal radikal bebas, menjaga fungsi sel, dan meningkatkan sistem imun sehingga dapat menurunkan resiko terjadinya kanker.

4. Mengurangi tekanan darah tinggi

Manfaat berikutnya dari jeruk nipis adalah mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Hal ini karena jeruk nipis kaya akan kandungan kalium yang bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Mengobati asam urat

Dengan meminum segelas air perasan jeruk nipis di pagi hari maka kandungan asam sitrat pada jeruk nipis mampu menurunkan asam urat secara alami.

6. Menurunkan kolesterol

Jeruk nipis kaya akan kandungan antioksidan berupa flavonoid. Antioksidan tersebut berperan membantu melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas. Terutama melindungi dari molekul-molekul tidak stabil yang dapat merusak sel-sel sehat.

Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis, belah dan peras airnya. Tambahkan 1 gelas air hangat. Minum air perasan jeruk nipis tersebut pada pagi hari saat baru bangun tidur atau malam hari sebelum tidur. Lakukan secara rutin agar kadar kolestrol dalam tubuh anda segera berkurang.

7. Menyehatkan ginjal

Manfaat lain dari jeruk nipis adalah menyehatkan ginjal. Hal ini karena jeruk nipis mengandung asam sitrat yang dapat mencegah proses pengikatan mineral lain yang dilakukan oleh kalsium.

Baca: Manfaat Daun Bidara Arab dan Cara Menggunakannya

Minum perasan air jeruk nipis yang dicampur dengan air hangat setiap hari setelah makan, maka akan menyehatkan ginjal dan mencegah terjadinya batu ginjal.

8. Mengobati sakit gigi dan gusi bengkak

Jeruk nipis juga mengandung anti bakteri yang bermanfaat dalam membasmi kuman dan bakteri penyebab sakit gigi atau gusi bengkak.

Caranya, ambil 2 buah jeruk nipis dan peras airnya, campurkan dengan segelas air hangat, tambahkan 3/4 cangkir larutan air garam kemudian aduk sampai rata. Gunakan larutan tersebut untuk berkumur-kumur.

9. Memutihkan gigi

Jeruk nipis mengandung zat asam yang dapat berfungsi sebagai alkali alami agar kadar PH dalam mulut seimbang. Selain itu, kandungan anti bakteri pada jeruk nipis juga efektif dalam membasmi bakteri penyebab gigi kuning.

Caranya, peras 1 buah jeruk nipis dan masukkan ke dalam segelas air hangat. Gunakan untuk berkumur-kumur 3 kali sehari.

Atau

Ambil air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sdm dan sejumput garam. Campurkan hingga berbentuk pasta dan oleskan pada gigi.

10. Meredakan tenggorokan

Manfaat lain dari jeruk nipis adalah mampu meredakan radang pada tenggorokan. Caranya, peras 1 buah jeruk nipis, kemudian tambahkan 3 sdm madu. Minum 2 kali sehari dengan dosis sekali minum 2 sdm.

11. Menghilangkan bau badan atau ketiak

Jeruk nipis juga bermanfaat untuk mengatasi masalah bau badan. Caranya, potong jeruk nipis menjadi dua bagian. Kemudian oleskan pada ketiak setelah mandi sebagai pengganti deodorant.

Baca: MANFAAT TANAMAN CABE JAWA dan Cara Penggunaan Cabe Jawa Untuk Obat

Cara lain, potong jeruk nipis menjadi 2 bagian. Olesi irisan jeruk nipis dengan kapur sirih tipis-tipis. Kemudian oleskan pada ketiak setelah mandi. Biarkan selama 5 menit lalu bilas. Ulangi cara ini setiap pagi dan sore hari.

12. Manfaat jeruk nipis untuk menghilangkan panu

Jika anda memiliki panu pada bagian kulit anda, jeruk nipis ternyata juga bisa untuk mengatasi panu. Caranya, ambil air perasan jeruk nipis sebanyak 1 sdm. Siapkan 1 sdm belerang dan ditumbuk halus. Campurkan keduanya hingga menjadi krim. Oleskan pada bagian kulit yang terkena panu. Biarkan hingga mengering lalu bersihkan dengan air hangat.

13. Melancarkan pencernaan

Jeruk nipis juga bermanfaat dalam melancarkan pencernaan. Air jeruk nipis yang bersifat asam dapat membantu air liur (saliva) dalam memecah makanan. Selain itu, kandungan anti oksidannya berupa flavonoid dapat merangsang pengeluaran enzim enzim pencernaan.

Maka saat anda mengalami sembelit kemudian minum air perasan jeruk nipis, sifat asam dalam jeruk nipis mampu merangsang pergerakan usus. Sehingga membantu sampah makanan dalam perut terdorong ke bawah dengan lebih mudah.

14. Menjaga kadar gula darah

Pada orang yang menderita diabetes, insulin yang bertugas menurunkan gula darah tidak dapat berfungsi dengan baik. Sehingga orang dengan kondisi ini harus menjaga agar kadar gulanya tetap normal.

Baca: Mengenal KHASIAT dan MANFAAT CABE JAWA Bagi Kesehatan dan Kehidupan Manusia

Jeruk nipis memiliki kandungan gula yang rendah sehingga mampu mengurangi penyerapan gula dalam darah. Dengan meminum air jeruk nipis secara rutin kadar gula dalam darah pun lebih terjaga.

15. Mengurangi resiko penyakit jantung

Jeruk nipis merupakan sumber magnesium dan kalium alami yang sangat bagus untuk menjaga kesehatan jantung. Kalium yang terkandung dalam jeruk nipis mampu menurunkan tekanan darah dan melancarkan sirkulasi darah. Selain itu, dalam jeruk nipis terkandung senyawa limonin yang diyakini mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

16. Mengatasi penyakit peradangan

Jeruk nipis banyak mengandung vitamin C yang mampu meredakan berbagai gejala peradangan.

Jika anda menderita penyakit inflamasi atau peradangan seperti radang sendi (arthritis), asam urat, dan penyakit sendi lainnya, ada baiknya anda mengonsumsi jeruk nipis secara rutin

17. Ambeien

Jeruk nipis selain buahnya yang dikenal kaya akan manfaat, ternyata akar dari jeruk nipis juga memiliki khasiat bagi kesehatan lho. Salah satunya adalah mampu mengatasi ambeien. Caranya, ambil akar jeruk nipis sekitar 10 gram, kemudian rebus dengan air 1 liter selama 30 menit. Saring airnya dan minum selagi hangat 3 kali sehari.

18. Amandel

Manfaat lain buah jeruk nipis adalah untuk mengatasi amandel. Caranya, ambil 3 buah jeruk nipis, potong-potong kemudian rebus dengan 2 gelas air hingga airnya tersisa ¾ gelas saja. Saring airnya dan gunakan untuk berkumur-kumur. Lakukan 3-4 kali sehari.

19. Anyang-anyangan

Jika anda mengalami anyang-anyangan atau beser anda bisa mengatasinya dengan jeruk nipis. Caranya, ambil dua buah jeruk nipis kemudian peras airnya. Lalu diberi gula batu secukupnya. Setelah itu tambahkan 1 gelas air panas. Setelah hangat, minum air perasan jeruk nipis ini sehari sekali.

20. Batuk

Salah satu khasiat jeruk nipis yang paling dikenal adalah kemampuannya mengatasi batuk. Caranya, ambil satu buah jeruk nipis kemudian diperas dan dicampur dengan satu sendok madu dan sedikit garam. Aduk hingga rata lalu saring air campuran jeruk nipis itu. Anda bisa meminumnya 2-3 kali sehari

21. Demam

Saat anda mengalami demam atau flu, obat alami yang bisa anda coba adalah menggunakan jeruk nipis. Caranya, peras satu buah jeruk nipis, setelah itu tambahkan 3 siung bawah merah yang telah dilumatkan, tambahkan juga 1 sendok minyak kelapa. Oleskan ramuan ini pada kening penderita.

Manfaat jeruk nipis untuk wajah dan kecantikan

22. Mencerahkan wajah

Jeruk nipis kaya akan antioksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat, mencerahkan wajah, mengatasi minyak berlebih, dan mengangkat sel kulit mati. Dengan manfaatnya mengangkat sel kulit mati inilah, jeruk nipis dipercaya sebagai mencerahkan wajah secara alami.

Caranya, ambil 1 buah jeruk nipis dan peras airnya, oleskan air perasan jeruk nipis pada wajah, diamkan beberapa menit, kemudian cuci muka dengan air bersih.

23. Mengencangkan kulit

Selain mencerahkan wajah, mengoleskan air perasan jeruk nipis pada wajah juga dapat mengencangkan kulit lho.

24. Menghilangkan jerawat

Sifat antibiotik jeruk nipis dapat menghambat pertumbuhan bakteri yang menyebabkan jerawat. Untuk hasil yang lebih maksimal, Anda bisa mencampur jeruk nipis dengan madu, kemudian oleskan pada wajah yang berjerawat.

25. Menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah

Bagi Anda yang memang sudah mengalami peradangan parah pada wajah yakni karena jerawat dan ingin segera menghilangkan bekasnya juga, Anda bisa mengaplikasikan jeruk nipis unuk menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam di wajah.

26. Membersihkn komedo dan menghilangkan komedo

Selain membersihkan jerawat dan mencerahkan wajah, manfaat lain dari jeruk nipis adalah untuk membersihkan komedo dan menghilangkan komedo hitam.

Manfaat jeruk nipis untuk rambut

27. menebalkan rambut

Satu butir kuning telur ayam kampung dikocok dengan perasan 3 butir jeruk nipis dipercaya dapat melebatkan rambut. Sambil digosokan, pijit-pijit kulit kepala hingga merata. Biarkan selama 2 jam, setelah itu baru dibilas dengan sampo merang agar rambut menjadi mengkilap dan lebat.

Vitamin C pada jeruk nipis akan mendorong pertumbuhan akar rambut. Anda dapat menggunakan jeruk nipis untuk menebalkan rambut Anda atau untuk mengatasi kebotakan.

28. menghilangkan ketombe

Selain menebalkan rambut, penggunaan teratur jeruk nipis pada kulit kepala juga dapat digunakan untuk membasmi ketombe.

29. Menebalkan alis dan bulu mata

Anda tak perlu lagi membuang uang untuk membeli produk kecantikan hanya demi tampil dengan alis tebal dan bulu mata tebal. Anda cukup menggunakan jeruk nipis untuk mendapatkan alis dan bulu mata tebal dan panjang yang alami.

30. Manfaat jeruk nipis untuk diet

Untuk melangsingkan badan atau diet tambahkan air perasan satu buah jeruk nipis ke dalam cangkir air teh hijau. Minum ramuan ini setiap pagi dan sore hari. Lakukan setiap hari.

Artikel terkait

Jenis jenis Lemon Unggulan Yang Banyak Beredar di Indonesia

Cara Membasmi Hama Lalat Buah Pada Tanaman Jeruk