11 Jenis Tanaman Hias Daun Lebar Yang Bisa Anda Pilih Untuk Penghias rumah

bertaniorganik.com – Jenis Tanaman Hias Berdaun Lebar – Sahabat bertani, untuk menghias halaman rumah agar nampak indah namun tetap elegan kamu bisa lho menggunakan jenis tanaman hias berdaun lebar. Selain itu dengan menaruh tanaman hias ini di teras juga dapat mempertahankan kualitas udara serta membuat suasana semakin asri. Nah berikut ini ada beberapa jenis tanaman hias berdaun lebar yang bisa kamu pilih untuk menghias rumah kamu.

Jenis jenis Tanaman Hias Daun Lebar

1. Keladi red star

Keladi red star merupakan tanaman hias berdaun lebar yang masih berkeluarga dengan talas talasan. Tanaman keladi red star memiliki bentuk daun yang lebar berwarna hijau yang berpadu dengan warna merah.

tanamanhiasan.com

Dengan kombinasi warna keduanya, membuat tanaman ini terlihat sangat cantik. Maka tak heran banyak orang yang menyukai tanaman hias ini.

2. Dieffenbachia

Tanaman Dieffenbachia disebut juga dengan daun bahagia atau bunga bahagia. Orang jawa menyebut tanaman ini dengan tanaman beras kutah (beras tumpah) karena memiliki daun berwarna hijau dengan bercak putih.

bakker.com

Tanaman Dieffenbachia merupakan salah tanaman hias berdaun lebar yang dapat diletakkan di manapun baik di dalam maupun di luar. Namun kamu perlu waspada terhadap tanaman ini.  Karena tanaman Dieffenbachia memiliki getah yang dapat mengakibatkan rasa gatal. Sehingga ada baiknya kamu perlu mengawasi anak-anak dari tanaman ini.

3. Kadaka

Tanaman kadaka (Aspienium Scorpio) sering disebut juga dengan nama pakis sarang burung. Tanaman ini dulunya banyak tumbuh di hutan. Namun kini sudah banyak dibudidayakan dan diperjualbelikan.

flamboyanasri.com

Tanaman kadaka memiliki daun dengan bulu-bulu ayam halus dan bergerigi. Bagian pucuk batang dapat tumbuh karena memiliki tunas-tunas baru yang sangat halus seperti bulu.

Tanaman kadaka terbilang tanaman yang memiliki perawatan mudah dan dapat beradaptasi di berbagai jenis lingkungan di mana mereka tumbuh.

4. Kuping Gajah

Bagi pecinta tanaman hias, tanaman kuping gajah tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Tanaman hias ini memiiliki tulang daun yang berukuran besar dengan daun yang lebar sehingga dijuluki tanaman kuping gajah.

Tanaman kuping gajah tidak memerlukan banyak cahaya matahari sehingga dapat ditaruh pada teras rumah.

5. Alokasia

Tanaman alokasia memiliki bentuk mirip dengan keladi. Namun jenis tanaman hias berdaun lebar satu ini memiliki keunikan, yaitu bentuk daunnya mirip seperti hati dan memiliki umbi. Tanaman hias daun yang satu ini juga sangat mudah didapatkan dan dirawat.

6. Gelombang Cinta

Tanaman gelombang cinta merupakan tanaman hias daun lebar yang beberapa tahun lalu sempat viral dan diburu oleh para kolektor tanaman hias dengan harga yang sangat mahal.

bibitbunga.com

Meskipun kini tanaman gelombang cinta tak setenar dulu, namun tanaman hias daun yang satu ini masih banyak peminatnya, karena bentuknya yang unik dan menarik.

7. Aglaonema

Tanaman Aglaonema atau dikenal pula dengan nama tanaman sri rejeki merupakan tanaman hias daun lebar yang saat ini sedang populer. Tanaman aglaonema terbilang sebagai jenis tanaman yang mudah ditanam dan juga mudah dirawat.

Baca: Inilah Jenis Tanaman Hias Daun Aglaonema Berpenampilan Eksotis Yang Populer di Indonesia

Tanaman ini merupakan jenis tanaman hias daun outdoor, yang membutuhkan cahaya matahari yang cukup, namun tidak secara langsung. Peletakan di dalam garasi, ataupun di teras rumah adalah lokasi yang cocok untuk tanaman daun yang satu ini. Selain itu, tanaman hias daun aglaonema ini juga mudah layu dan juga kering di musim kemarau, dan ketika berada pada ruangan yang terlalu panas

8. Pohon Ketapang

bibitbunga.com

Pohon ketapang memiliki ukuran daun yang cukup lebar dengan diameter mencapai 20 cm.Daun tanaman ini cukup lebar. Tanaman yang termasuk sebagai tumbuhan tropis ini, cocok untuk ditanam di negara Indonesia. Bahkan, ada yang menanam tanaman ini hingga 2 tahun bertumbuh lebat, walaupun ada juga di antaranya yang mati.

Untuk itu, Anda perlu memerhatikan tanah tanaman ini, saat sudah mulai kering siram secukupnya dan setiap 2 bulan sekali berikanlah pupuk. Pohon ketapang yang lebat cocok sebagai tampias cahaya matahari. Selain itu, Anda perlu memerhatikan pemangkasan pohon ketapang karena tanaman ini dapat tumbuh sekitar 2 meter.

Artikel Menarik Lain

Jenis-jenis Tanaman Hias Berdaun Merah Mempesona, Unik dan Langka

13 Jenis Tanaman Hias Gantung Paling Mudah Dirawat Cocok Untuk Mempercantik Rumah Anda

11 Tanaman Hias Daun Populer Ini Cocok Untuk Mempercantik Rumah

4 Jenis Tanaman Sikas,Cara Menanam Dan Perawatannya