8 Cara Ampuh Mengatasi Lalat Buah Pada Tanaman

bertaniorganik.com – Cara Mengatasi Lalat Buah – Lalat buah merupakan salah satu hama yang sangat merugikan bagi petani. Karena dapat menyerang pada segala jenis tanaman buah dan hortikultura seperti jambu, mangga, jeruk, pare, gambas, mentimun, cabe, dll.

Buah yang terserang hama lalat buah akan mengalami pembusukan, berulat dan rontok sebelum matang. Sehingga tidak dapat dikonsumsi apalagi dijual. Bahkan pada tingkat serangan parah petani dapat mengalami puso atau gagal panen.

Baca: Mengenal Lalat Buah, Klasifikasi, Morfologi Dan Gejala Serangannya Secara Lengkap

Oleh karena itu kemunculan hama lalat buah perlu kita cegah dan kita kendalikan sedini mungkin. Nah berikut ini beberapa cara yang sering digunakan petani untuk mengendalikan lalat buah.

Cara Mengendalikan Lalat Buah

1. Membuat Perangkap Dengan Botol Bekas dan Metil Eugenol

Menggunakan perangkap merupakan salah satu mengatasi lalat buah secara alami dan ramah lingkungan. Untuk membuat perangkap lalat buah kamu bisa menggunakan botol bekas air mineral atau menggunakan toples bekas berwarna bening. Botol atau toples tersebut dimodifikasi sedemikian rupa agar lalat buah dapat masuk dan terperangkap di dalamnya dan tidak bisa keluar lagi. Sebagai umpannya, botol atau toples tersebut di dalamnya diberi cairan hormon atau senyawa bernama metil eugenol.

Cara kerja alat ini adalah cairan metil eugenol akan mengeluarkan aroma khas yang mengundang lalat jantan untuk masuk. Karena lalat jantan banyak yang terperangkap, otomatis lalat betina tidak bisa kawin sehingga tidak akan menghasilkan telur yang merusak buah.

Baca: Cara Membuat Perangkap Lalat Buah Alami Dengan Metil Eugenol

2. Mengendalikan Lalat Buah Menggunakan Lem Lalat Buah

Selain menggunakan hormon perangsang metil eugenol, lalat buah juga tertarik dengan benda berwarna kuning. Misalnya botol bekas yang dicat warna kuning. Cara kerja alat ini cukup sederhana, benda yang berwarna kuning tersebut diolesi lem khusus sehingga lelet buah akan mendekat dan hinggap sehingga dia akan lengket pada lem tersebut.

3. Mencegah Lalat Buah Dengan Selambu

Untuk mengatasi lalat buah secara efektif kamu juga dapat menggunakan selambu. Namun cara ini hanya bisa diaplikasikan pada tanaman skala hobi atau jumlah tanaman yang tidak terlalu banyak.

Pada skala budidaya atau jumlah tanaman yang banyak, penggunaan selambu kurang efektif karena tentu membutuhkan dana yang besar untuk membeli selambu. Selain itu, ketika tanaman memasuki masa penyerbukan serangga penyerbuk sulit mendekati tanaman karena terhalang selambu.

4. Cara Mencegah Lalat Buah Dengan Membungkus Buah

Membungkus buah dengan plastik merupakan salah satu cara efektif untuk mencegah serangan lalat buah. Terutama jika jumlah tanaman tidak terlalu banyak atau budidaya skala hobi misal tanaman tabulampot. Namun jika budidaya dilakukan dalam skala besar tentu kamu akan keropotan jika harus membungkus buah satu persatu.

5. Membasmi Lalat Buah Menggunakan Insektisida Kimia

Mengendalikan lalat buah dengan penyemprotan insektisida merupakan salah satu cara pengendalian yang umum dilakukn petani. Penyemprotan menggunakan insektisisa dapat dilakuakan pada tanamn skala kecil maupun luas. Beberapa jenis pestida yang bisa kamu gunakan antara lain insektidida berbahan aktif dimetoat seperti santoat dan perfection. Insektida berbahan aktif profenofos seperti buzzerbicron, atau curracron. atau insektisida berbahan aktif metomil seperti metindo, bomba, atau lannate.

6. Mengatasi Lalat Buah Dengan Perangkap dan Insektisida

Untuk mengoptimalkan pengendalian lalat buah kamu dapat menggunakn dua cara sekaligus atau cara kombinasi. Yaitu dengan peyemprotan insektida sekaligus memasang perangkap. Perangkap dipasang pada beberapa titik di luar lokasi tanaman dan insektida disemprotkan pada pagi hari sebelum matahari terik.

7. Mengendalikan Lalat Buah Dengan Pestisida Alami Atau Pestisida Nabati

Selain menggunakan pestisida kimia, cara berikutnya adalah dengan menggunakan pestida nabati atau alami. Menggunakan pestisida nabati, selain efektif mengatasi lalat buah juga lebih ramah lingkungan karena pestida dibuat dari bahan bahan alami. Jika kamu bertani organik, penggunakan pestisida ini sangat tepat kamu gunakan.

8. Mengusir Lalat Buah dengan Kapur Barus

Kapur barus sudah lama dikenal sebagai bahan ampuh untuk mengusir serangga. Cara penggunaan kapur barus untuk mengusir lalat buah cukup mudah, kamu hanya perlu membuat perangkap dari botol bekas yang diberi bubuk kapur barus di dalamnya.

Artikel Menarik Lainnya

WASPADAI Serangan Lalat Bibit Pada Tanaman Jagung, atau Anda Akan Mengalami Gagal Panen

Mengenal Refugia, Tanaman Hias Pengendali Alami Hama Tanaman

Beberapa Hama dan Penyakit Pada Tanaman Pisang dan Cara Mengatasinya

6 Faktor Penyebab Meningkatnya Serangan Hama Wereng dan Cara Pencegahannya