Cara Budidaya Lebah Klanceng Trigona Dengan Mudah

bertaniorganik.com – Cara Budidaya Lebah Klanceng – Sahabat bertani, pada artikel kali ini kita akan mengulas cara budidaya lebah klanceng.

Di banding lebah madu, lebah klanceng memang masih kalah populer. Meskipun lebah klanceng mampu menghasilkan madu dengan kualitas lebih baik dan harga jual lebih mahal, namun masih belum banyak masyarakat yang membudidayakannya.

Mengenal Lebah Klanceng (Trigona sp)

Lebah klanceng (Trigona sp) memiliki nama lokal yang berbeda-beda, seperti kelulut, kalulut, kalncing, klanceng, lanceng, lonceng, teuweul (sunda), gala-gala (lilin lebah) dll.

Secara fisik, lebah klanceng memiliki ukuran tubuh lebih kecil dari lebah madu, bahkan lebih kecil dari lalat. Sehingga banyak orang mengira kalau lebah ini adalah semut bersayap. Lebah klanceng memiliki warna tubuh hitam dengan kaki berbulu dan banyak hidup di celah pohon kering, lubang pada tembok, dll.

Diantara kelunggulan lebah klanceng ialah dia tidak menyengat, serta mampu menghasilkan madu yang kualitasnya lebih bagus dari madu yang dihasilkan lebah madu biasa. Maka tak heran jika madu ini banyak dicari orang meskipun harganya juga lebih mahal dari madu pada umunya.

Kondisi Alam Lebah Klanceng

Lebah klanceng atau juga dikenal dengan nama trigona sp banyak ditemukan di daerah tropis dengan suhu di bawah 32 derajat celcius. Lebah ini tidak menyengat dan hidup dengan berkoloni. Koloni baiasanya dibuat pada batang-batang pohon kering, ruas bambu, lubang di tanah, bebatuan dll sebagai rumah tempat hidup dan berkembang biak.

Lingkungan yang paling disukai lebah klanceng adalah lingkungan yang banyak terdapat pepohonan penghasil bunga dengan suhu ideal antara 18-24 derajat celcius dengan kelembaban 60-70%.

Lebah klanceng atau trigona sp sanggup terbang hingga radius 500 meter untuk mencari serbuk sari bunga sebagai makanan utamanya.

Cara Membuat Sarang Lebah Klanceng

Sebelum membudidayakan lebah klanceng, persiapan pertama yang perlu dilakukan adalah membuat sarang atau rumah bagi koloni lebah. Sarang atau rumah tersebut nantinya akan digunakan sebagai tempat tinggal, tempat berkembang biak. serta tempat menyimpan madunya.

Agar budidaya lebah klanceng dapat berkembang dengan baik, sarang dibuat dari bahan-bahan yang mirip dengan sarang mereka dia alam bebas. Sarang lebah klanceng dapat dibuat dari tempurung kelapa, batang bambu, kayu kering, tembikar, atau kotak kayu.

Idealnya sarang dibuat dua ruang. Ruang satu digunakan untuk menempatkan ratu, telur dan lebah pekerja. Sedangkan ruang lainnya digunakan sebagai tempat menyimpan bipolen, madu, dan cadangan makanan.

Antar ruang tersebut dihubungkan dengan dinding dan dibuat lubang sebagai tempat keluar masuk lebah. Tujuan dari pemisahan tersebut agar saat panen madu pasukan dan ratu lebah tidak terganggu.

Pembuatan Koloni Dalam Sarang Buatan

Setelah sarang selesai dibuat, selanjutnya adalah meletakkan lebah klanceng agar mau menempati sarang yang telah kita buat.

Bibit lebah klanceng bisa didapat dari membeli pada peternak yang telah membudidayakannya atau memindahkan sebagian koloni dari alam.

Cara paling mudah memindahkan koloni dari alam:

  • Ambil koloni lebah klanceng beserta ratu dan telurnya dengan hati-hati dan pindahkan pada sarang baru. Telur dan ratu ditempatkan pada satu ruangan sedangkan bipolen dan madu ditempatkan pada ruangan lain.
  • Setelah selesai dipindah, olesi lubang tempat keluar masuk lebah dengan bipolen untuk menarik lebah cepat masuk ke sarang baru.
  • Pemindahan sebaiknya dilakukan sore hari agar lebah yang berhamburan dapat segera masuk ke sarang.

Perawatan Koloni Lebah Klanceng

Perawatan koloni disini berupa menjaga ketersediaan makanan bagi si lebah klanceng. Tujuannya agar lebah klanceng dapat berkembang dengan baik dan menghasilkan madu. Untuk menjaga ketersediaan pakan kamu dapat menanam tanaman-tanaman penghasil bunga di sekitar sarang lebah.

Berikut ini beberapa daftar makanan bagi lebah klanceng:

Pemanenan Madu Lebah Klanceng

Pemanenan madu lebah klanceng dilakukan setelah terbentuk bulir-bulir madu yang menempel pada dinding sarang. Memanen madu lebah klanceng dapat dilakukan dengan cara menyisir atau mengerik bulir-bulir madu dengan hati-hati dan dikumpulkan pada wadah penampung. Untuk memisahkan kotoran dapat dilakukan dengan melakukan penyaringan menggunakan kain kasa halus.

Selain dengan menyisir sarang, pemanenan juga dapat dilakukan dengan menyedot madu menggunakan suntikan. Caranya cari suntikan yang berukuran agak besar di apotik kemudian pasang selang kecil di ujungnya. Setelah itu sedot madu menggunakan suntikan tersebut.

Demikian ulasan Cara Budidaya Lebah Klanceng Trigona Dengan Mudah semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Jenis jenis Lebah Madu Yang Wajib Anda Ketahui