14 Mitos Bunga Kantil Pengantin Yang Penuh Mistis

Mengenal Bunga Kantil Atau Kembang Kantil

bertaniorganik.com – Mitos Bunga Kantil – Bunga kantil merupakan tanaman hasil persilangan dari tanaman M champaca dan M montana. Tanaman ini banyak ditemukan di daerah tropis dan sub tropis. Tersebar di negara-negara Asia tenggara dan Asia selatan.

Di Indonesia tanaman kantil memiliki penyebutan yang berbeda-beda, diantaranya adalah cempaka putih, kantil (Jawa), cempaka bodas (Sunda), campaka (Madura), jeumpa gadeng (Aceh), campaka putieh (Minangkabau), sampaka mopusi (Mongondow), bunga eja kebo (Makasar), bunga eja mapute (Bugis), capaka bobudo (Ternate), capaka bobulo (Tidore).

Bagi sebagian masyarakat Indonesia terutama Jawa dan Bali, tanaman yang
mempunyai aroma wangi yang khas dan warna putih mempesona ini banyak ditanam untuk diambil bunga atau kuncupnya untuk keperluan berbagai ritual dan upacara tradisional. Misalnya bunga kantil dipakai sebagai hiasan ronce, sesajian, serta diletakakn di daun telinga pengantin atau pendeta.

Baca: Manfaat Daun Bidara Arab dan Cara Menggunakannya

Dalam bahasa jawa, bunga kantil berasal dari kata kantil yang berarti menggantung. Bunga kantil memiliki filosofi kantil-kemantil yaitu selalu ingat dimanapun berada atau tetap mempunyai hubungan erat walaupun alamnya sudah berbeda. Filosofi ini menjadi kebanggaan bagi masyarakat jawa, sehingga bunga kantil banyak diekspresikan dalam berbagai karya seni seperti ukiran, lukisan batik dll.

Mitos Bunga Kantil Yang Berhubungan Dengan Dunia Gaib

Tak hanya identik dengan berbagai ritual dan upacara, ternyata bunga kantil juga identik dengan berbagai mitos yang berhubungan dengan dunia gaib. Berikut ini beberapa mitos bunga kantil yang banyak beredar di masyarakat.

1. Mitos aroma bunga kantil yang sangat disukai kuntilanak

Kamu tentu sudah tidak asing dengan makhluk halus bernama kuntilanak. Makhluk tak kasat mata berjenis kelamin perempuan dan berbaju putih ini memang dikenal suka iseng mengganggu manusia. Konon kuntilanak sangat menyukai aroma bunga kantil.

Mitos kantil yang satu ini cukup membuat bulu kuduk merinding. Pasalnya aroma kantil sering diindentikan dengan kehadiran sosok kuntilanak. Jadi jika kamu berjalan di malam hari lalu tiba-tiba mencium aroma bunga kantil, padahal tidak ada pohon kantil di sekitar situ, hati-hati bisa saja ada kuntilaanak melintas di dekat kamu.

Baca: Manfaat dan Khasiat Seledri dan Cara Mengolahnya

2. Mitos pohon kantil sebagai tempat tinggal kuntilanak

Selain sangat menyukai aroma bunga kantil, ternyata konon kuntilanak sangat suka berdiam di pohon kantil. Jadi jika kamu punya pohon kantil di rumah, bisa saja menjadi tempat tinggal bagi kuntilanak.

3. Mitos bunga kantil sebagai kesukaan nyai roro kidul

Ternyata tak hanya kuntilanak yang menyukai bunga kantil. Bahkan konon sang penguasa pantai selatan pun juga menyukai aroma bunga kantil. Konon bunga kantil menjadi rahasia dibalik kecantikan abadi sang ratu.

4. Mitos bunga kantil sebagai media pelet yang ampuh

Bunga kantil diyakini sebagai media pelet yang ampuh. Biasanya bunga ini sering dipakai oleh kamu hawa sebagai susuk untuk memikat lawan jenisnya. Konon laki-laki yang menjadi korbannya akan menjadi lengket seperti dijampi-jampi dan akan selalu ingat terus kepada yang memakai pelet ini.

5. Mitos bunga kantil sebagai sarana memanggil mkahluk gaib

Bunga kantil memiliki aroma khas yang konon sangat disukai oleh makhluk halus. Sehingga bunga kantil sering dijadikan salah satu bahan sesajen untuk memanggil makhluk tak kasat mata tersebut.

Tak hanya itu, dalam berbagai kesenian daerah seperti jaran kepang, bunga kantil juga digunakan untuk memanggil roh gaib agar hadir pada acara tersebut.

Baca: Mengenal KHASIAT dan MANFAAT CABE JAWA Bagi Kesehatan dan Kehidupan Manusia

6. Mitos bunga kantil untuk penolak bala atau kiriman negatif

Mitos bunga kantil berikutnya adalah mampu menolak bala atau santet. Santet atau bala adalah energi negatif yang dikirimkan seseorang secara gaib untuk menyakiti atau mencelakakan korbannya. Nah konon bunga kantil dapat dijadikan sebagai media untuk menolak segala jenis kiriman santet baik berupa barang maupun jin jahat.

Namun tidak semua orang dapat memanfaatkan bunga kantil sebagai penangkal santet. Hanya “orang pintar” saja yang diyakini dapat menggunakan kantil untuk menolak santet tersebut.

7. Mitos bunga kantil sebagai pendeteksi keperawanan wanita

Bagi sebagian masayarakat terutama jawa, bunga kantil dipercaya memiliki kekuatan magis untuk mendeteksi keperawanan seorang wanita.

Jika bunga kantil dikalungkan ke tubuh wanita yang akan menikah dan ternyata bunganya tidak menebarkan aroma harum dan terlihat mekar maka diyakini si calon mempelai perempuan sudah tidak perawan. Sedangkan jika bunga kantil tetap kuncup dan memberikan aroma harum artinya wanita tersebut masih perawan.

8. Mitos bunga kantil untuk menangkal sawan

Sawan merupakan suatu penyakit atau fenomena aneh yang biasanya terjadi pada bayi dan anak – anak. Seorang anak atau bayi yang terkena sawan biasanya akan menangis, rewel , atau bahkan demam tanpa sebab yang jelas.

Bagi masyarakat jawa, anak yang terkena sawan diyakini sedang ada makhluk halus atau jin yang menempel pada tubuhnya. Makhluk halus tersebut kemungkinan mengikuti si anak dari tempat-tempat tertentu seperti kuburan atau karena anak diajak keluar rumah pada waktu magrib.

Untuk mencegah sawan biasanya para orang tua sering menyelipkan bunga kantil di tubuh bayi atau anak anak. Selain itu bunga kantil biasanya diselipkan pada pusara orang yang baru meninggal agar arwahnya tidak mengganggu orang yang masih hidup.

Baca: Mengenal Manfaat dan Khasiat Kayu Gaharu [si pohon 100 juta] Secara Lengkap

9. Mitos bunga kantil untuk melancarkan usaha

Mitos bunga kantil berikutnya adalah dapat digunakan sebagai pelancar usaha atau pesugihan. Penggunaan bunga kantil ini biasanya dilakukan dalam ritual piton yaitu ritual yang dipakai untuk melancarkan usaha seseorang. Dalam melakukan ritual ni biasanya pelaku ritual meminta bantuan “orang pintar”.

10. Mitos bunga kantil untuk penambah kekuatan dan kewibawaan

Mitos bunga kantil untuk memikat lawan jenis atau pelet ternyata tak hanya dilakukan oleh kaum hawa saja. Akan tetapi pria juga dapat memperoleh manfaat dari bunga kantil. Konon dengan ritual dan susuk bunga kantil diyakini dapat meningkatkan kekuatan atau kewibawaan seorang pria.

Dengan meningkatnya kekuatan dan kewibawaannya seorang pria dapat lebih mudah untuk menaklukan wanita incarannya. Bahkan meningkatkan pengaruh dalam karir dan masyarakat.

11. Bunga kantil digunakan sebagai sesajen pada setiap malam jum’at untuk mengusir roh jahat dis ekitar rumah/tempat tinggal.

12. Bunga kantil digunakan sebagai sarana pengisian tenaga dalam dalam olah kanuragan.

13. Bunga kantil digunakan sebagai pemersatu saudara gaib agar guru sejati timbul membimbing ilmu batin dalam ritual liman.

14. Mitos bunga kantil untuk awet muda

Pernahkah kamu melihat Roro Fitria (artis) yang dalam satu kesempatan terlihat memakan bunga kantil? Konon memakan bunga kantil diyakini dapat membuat seseorang menjadi awet muda.

Demikian beberapa Mitos Bunga Kantilyang berhubungan dengan dunia gaib yang banyak beredar di masyarakat. Tentunya kebenaran dan keyakinan tentang mitos tersebut kembali ke pribadi masing-masing.