Jenis Tanaman Aquascape Tanpa CO2 dan Low Light Cocok Untuk Pemula

bertaniorganik.com – jenis tanaman aquascape – Tanaman aquascape adalah tanaman yang diletakkan di dalam akuarium dengan tujuan sebagai penghias akuarium serta sebagai tempat bersembunyi bagi ikan.

Karena ikan-ikan di dalam akuarium sangat senang bersembunyi diantara tanaman-tanaman yang ada di akuarium, maka peletakkan tanaman aquascape ini sangat penting.

Menanam Tanaman Aquascape Tanpa CO2

Seperti halnya tanaman lain di darat yang membutuhkan CO2 untuk berfotosintesis, begitupula tanaman aquascape. Maka di samping akuarium perlu diletakkan tabung CO2 untuk menyuplai kebutuhan CO2 bagi tanaman aquascape.

Namun, ternyata tak semua tanaman aquascape harus membutuhkan CO2. Adapula tanaman aquascape yang bisa hidup meskipun tanpa CO2.

Nah agar tanaman aquascape dapat hidup di air tawar dengan baik tanpa CO2, caranya gantilah 30% air akuarium secara rutin setiap seminggu sekali. Selain itu jagalah suhu di dalam akuarium agar tetap di bawah 30 Celcius.

Selain itu, kamu juga dapat memilih jenis tanaman aquascape yang mudah dirawat serta memiliki kemampuan hidup tinggi meskipun tanpa CO2.

Nah berikut ini beberapa jenis tanaman aquascape yang mudah tumbuh tanpa co2 dan tidak terlalu membutuhkan perawatan ekstra. Sehingga sangat cocok bagi pemula.

Jenis jenis Tanaman Aquascape

1. Hygdrophila difformis

Tanaman aquascape pertama adalah Hydriphila difformis. Tanaman Hydriphila difformis atau disebut juga water wisteria ini memiliki pertumbuhan yang cepat dengan perawatannya yang mudah. Sehingga sangat cocok digunakan untuk karpet pada akuarium.

Water witeria dapat bertahan hidup pada suhu air antara 23-28 Celcius dan hanya membutuhkan pencahayaan yang sedang.

2. Hemianthus Callitrichoides

Hemianthus Callitrichoides atau lebih dikenal dengan nama dwarf baby tears merupakan salah satu jenis aquascape favorit bagi penggemar aquascape. Tanaman ini juga dapat tumbuh dengan lebat memenuhi lantai aquarium sehingga sering dighunakan untuk karpet akuarium.

Hemianthus Callitrichoides dapat tumbuh dengan baik pada suhu 22-23 Celcius dan memiliki sifat mengikuti arah cahaya. Jadi ketika tanaman ini kurang mendapat pencahayaan ia akan terus tumbuh ke atas mencari sumber cahaya.

3. Java moss

Jika diperhatikan sepintas, tanaman ini hampir mirip dengan rumput laut. Namun tanaman Java moss memiliki warna yang berbeda dengan rumput laut yang memiliki warna putih kekuningan. Sedangkan Java moss memiliki warna hijau terang.

Tanaman Java moss terbilang jenis aquascape yang mudah diperoleh di sekitar kita. Karena tanaman Java moss biasa tumbuh pada kayu apung atau bebatuan.

Tanaman Java moss memiliki perawatan mudah. Ia dapat tumbuh ideal pada suhu antara 21-24 Celcius dan dapat hidup di semua jenis pencahayaan. Tanaman Java moss merupakan salah satu tanaman favorit untuk berlindung bagi ikan kecil atau anak-anak ikan.

4. Eleocharis parvula

Tanaman Eleocharis parvula disebut juga dwarf hair glass. Tanaman ini memiliki pertumbuhan yang sangat cepat sehingga anda perlu melakukan pemangkasan secara rutin.

Tanaman Eleocharis parvula dapat tumbuh dengan baik pada suhu 22-25 Celcius dengan pencahayaan sedang sampai tinggi.

5. Amazon sword

Dinamakan Amazon sword karena tanaman ini memiliki bentuk daun seperti pedang. Amazon sword biasanya banyak digunakan sebagai latar belakang (background) akuarium. Tanaman ini juga menjadi salah satu tanaman aquascape yang sering dijadikan tempat bersembunyi bagi ikan ikan kecil atau anak-anak ikan.

Tanaman Amazon sword dapat tumbuh ideal pada suhu 22-28 Celcius dengan sumber pencahayaan sedang.

6. Lilaeopsis

Sekilas tanaman Lilaeopsis memiliki bentuk yang mirip seperti rumput biasa yang sering kita lihat di sekitar kita. Namun tanaman ini dapat memiliki tinggi hingga 5 cm dengan persebaran yang cepat pada lantai akuarium.

Tanaman Lilaeopsis dapat dipadukan dengan tanaman aquascape lain, namun kamu harus melakukan pemangkasan secara rutin. Karena perkembangannya yang cepat, jika dibiarkan akan dapat menyerang dan merusak tanaman aquascape lain.

Tanaman Lilaeopsis juga sering digunakan sebagai tempat bersembunyi bagi anak-anak ikan. Tanaman ini dapat tumbuh ideal pada suhu 23-29 dengan pencahayaan sedang.

7. Echinodorus amazonicus

Sama seperti Amazon sword, tanaman ini memiliki bentuk daun seperti pedang dengan panjang daun dapat mencapai 50 cm.

Tanaman ini merupakan salah satu jenis aquascape yang paling disukai pemula dan sering dipakai ntuk mempercantik akuarium.

Suhu yang cocok untuk tanaman ini adalah 22-27 Celcius.

8. Anubias nana

Tanaman Anubias nana merupakan salah satu tanaman aquascape yang sangat disarankan bagi pemula. Kenapa? karena tanaman ini memiliki perawatan yang sangat mudah dan dapat ditemukan di sungai atau alam liar dengan mudah.

Tanaman Anubias memiliki daun berwarna hijau gelap dengan tinggi dapat mencapai hingga 15 cm. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada suhu 22-28 Celcius.

9. Microsorum pteropus

Microsorum pteropus atau memiliki nama lain Java ferm merupakan tanaman aquascape yang mudah tumbuh dan tidak memerlukan perawatan yang rumit. Sehingga tanaman ini sangat cocok bagi pemula.

Java ferm memiliki bentuk dan tampilan yang menarik, sehingga tanaman ini tidak hanya diminati para pemula bahkan banyak pemain senior yang juga masih mengoleksi tanaman ini.

10. African water fern

African water fern merupakan jenis aquascape yang memiliki tanpilan unik dan menarik sehingga sering digunakan sebagi latar belakang akuarium.

Untuk merawat tanaman ini cukup mudah. Karena tanaman ini dapat tumbuh pada suhu 20-27 Celcius dengan pencahayaan yang minim.

11. Aponogeton ulvaceus

Tanaman Aponogeton ulvaceus ini merupakan tanaman aquascape yang berasal dari Madagaskar. Dengan bentuk daun meliuk-liuk seperti keris, Aponogeton ulvaceus sangat indah sebagai penghias akuarium.

Tanaman Aponogeton dapat mencapai ketinggian hingga 60cm. Sehingga bagus dijadikan background akuarium.

Aponogeton terbilang mudah dalam penanaman dan perawatan sehingga sangat direkomendasikan bagi pemula.

12. Bucephalandra black phantom

Tanaman aquascape yang satu ini berasal dari Kalimantan. Dengan bentuknya indah dan cantik tanaman ini sangat bagus diletakkan di bagian depan akuarium.

Tanaman Bucephalandra black phantom juga mudah dirawat karena dapat hidup meskipun kondisi pencahayaan dan CO2 rendah. Sehingga sangat direkomendasikan bagi pemula.

13. Bacopa sp colorata

Kkalau biasanya tanaman aquascape berwarna hijau, namun berbeda dengan tanaman yang satu ini. Tanaman Bacopa sp colorata memiliki daun berwarna merah sehingga sangat bagus sebagai penghias akuarium yang pemiliknya menginginkan kombinasi warna pada akuariumnya.

Tanaman Bacopa membutuhkan pencahayaan dan CO2 sedang. Sehingga tanaman ini dapat dijadikan karpet aquascape dan dapat diletakkan di bagian tengah akuarium.

14. Cabomba caroliniana

Tanaman aquascape Cabomba caroliniana berasal dari Amerika Selatan. Tanaman aquascape ini bagus dijadikan background maupun midground pada akuarium.

Tanaman Cabomba dapat tumbuh dengan cepat pada suhu air 15-26 Celcius dengan pencahayaan sedang hingga tinggi. Serta membutuhkan CO2 yang sedikit.

Tanaman Cabomba sangat tepat jika diletakkan di tengah akuarium

15. Hygrophila Polysperma

Jenis tumbuhan aquascape selanjutnya yang biasa digunakan untuk penghias akuarium adalah Hygrophila Polysperma.

Tanaman ini memiliki perawatan yang mudah. Ia dapat hidup dengan baik pada intensitas cahaya dan CO2 yang rendah.

Tanaman Hygrophila Polysperma juga menjadi tanaman favorit para pecinta aquascape. Selain itu, tanaman Hygrophila Polysperma juga termasuk ke dalam tanaman jenis emersed atau tanaman yang dapat hidup sebagian di atas permukaan air dan sebagian yang lainnya berada di dalam air.

16. Ceratophyllum Demersum

Sekilas penampilan Ceratophyllum Demersum mirip seperti ekor binatang. Tanaman yang tidak memiliki akar seperti tumbuhan aquascape yang lainnya ini dapat ditemukan di seluruh dunia.

Tanaman Ceratophyllum Demersum memiliki perawatan yang sangat mudah. Hal ini karena tanaman Ceratophyllum Demersum dapat hidup pada berbagai kondisi air dengan kondisi pencahayaan yang cukup.

Ceratophyllum Demersum memiliki bentuk yang unik sehingga dapat membuat akuarium kamu nampak semakin cantik.

17. Pogostemon Stellata

Tanaman Pogostemon Stellata memiliki penampilan yang cantik dengan daun berwarna merah keunguan.

Tanaman yang berasal dari Afrika dan Australia ini biasa diletakkan di akuarium sebagai background akuarium

Untuk dapat tumbuh dengan baik, Pogostemon Stellata membutuhkan pencahayaan dan CO2 yang tinggi.

Demikian sebagian jenis tanaman aquascape yang dapat kami sebutkan. Sebenarnya masih banyak jenis tanaman aquascape lain yang dapat digunakan untuk menghias akuarium kamu. Nanti akan kita bahas dilain kesempatan.

Artikel Menarik Lain