Manfaat Daun Bidara Arab dan Cara Menggunakannya

bertaniorganik.com – Manfaat Daun Bidara – Tanaman Bidara (Ziziphus mauritiana) atau dalam bahasa arab disebut Sidr, merupakan salah satu tanaman yang memiliki keistimewaan karena disebutkan dalam Al Quran dan Hadist serta sering digunakan dalam tradisi pengobatan Nabi (Tibbun Nabawi).

Tanaman bidara merupakan jenis tanamana daerah kering dan memiliki pertumbuhan cukup cepat. Menurut beberapa sumber, tanaman bidara berasal dari Asia Tengah dan menyebar secara luas mulai dari Tunisia, Aljazair, Libia, Mesir, Uganda, Bangladesh, Cina, Vietnam, Thailand, Malaysia, Indonesia, hingga Australia.

Selain menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi, tanaman bidara juga kaya akan manfaat. Hampir seluruh bagian dari tanaman ini seperti buah, daun, batang, hingga akarnya dapat dimanfaatkan. Mulai dari untuk keperluan furnitur, ruqyah, hingga untuk pengobatan. Berikut ini beberapa manfaat bidara yang admin rangkum dari berbagai sumber.

Manfaat Daun Bidara Dalam Islam

  • Daun bidara untuk memandikan jenazah

Daun bidara memiliki keunikan yaitu apabila daunnya diremas-remas di dalam air ia akan menghasilkan busa seperti sabun. Dan karenanya daun bidara banyak dipakai untuk memandikan orang yang terkena demam (sebagai terapi) serta untuk memandikan jenazah. Hal ini sesuai dengan haidst Nabi:

“Mandikanlah ia (jenazah, pen.) tiga kali, lima kali, atau lebih, dengan air dan daun bidara, dan pada yang terakhir campurlah dengan kapur barus. Maka apabila selesai, beritahukanlah kepadaku.” (Hr. Bukhari dan Muslim).

  • Manfaat daun bidara untuk ruqyah/mengusir jin

Menggunakan daun bidara untuk mengusir jin caranya sangat mudah. Ambil 7 helai daun bidara lalu ditumbuk halus. Campurkan tumbukan tersebut dengan air dan dibacakan al fatihah, ayat kursi, surat al falaq, dan ayat-ayat lain yang bisa mengusir jin. Setelah itu minumkan air ke orang yang terkena gangguan jin.

Manfaat Daun Bidara Untuk Kesehatan

  • Daun bidara untuk mengobati jerawat

Untuk mengobati jerawat caranya cukup mudah. Ambil beberapa lembar daun bidara lalu tumbuk sampai halus. Tambahkan sedikit air dan campur hingga menjadi agak kental. Lalu gunakan sebagai masker.

Daimkan selama kira-kira 20 menit atau sampai masker kering. Setelah itu bilas wajah menggunakan sabun. Untuk mendapat hasil terbaik anda dapat melakukan 3-4 kali dalam seminggu selama 2 bulan.

  • Daun bidara baik untuk lambung

Bagi kamu yang memiliki riwayat penyakit maag kamu tidak perlu khawatir mengonsumsi daun atau buah bidara. Karena daun bidara mampu meredakan berbagai penyakit yang ada di lambung dan tidak memiliki efek samping terhadap asam lambung.

  • Menyehatkan mulut

Munculnya sariawan dan bibir pecah-pecah dapat menjadi tanda bahwa mulut kamu dalam keadaan kurang sehat. Nah mulut kurang sehat dapat diatasi dengan daun bidara. Selain itu daun bidara juga mampu menjaga kesehatan mulut dari berbagai macam infeksi.

  • Melancarkan haid

Manfaat berikutnya dari daun bidara adalah mampu mencegah datangnya haid yang tidak lancar. Hal ini karan dalam daun bidara terkandung senyawa yang mampu menyeimbangkant hormon dan melancarkan haid.

  • Mengobati keputihan pada wanita

Daun bidara selain mampu melancarkan haid juga bermanfaat untuk mencegah keputihan pada miss V yang disebabkan oleh jamur.

  • Menjaga kesehatan jantung

Manfaat berikutnya dari daun bidara adalah mampu menjaga kesehatan jantung.

Dengan gaya hidup yang seimbang dan mengonsumsi daun bidara baik dikonsumsi secara langsung maupun dibuat jus diyakini dapat mencegah dan mengatasi gangguan jantung.

  • Mempercepat penyembuhan luka

Daun bidara bersifat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu dalam penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet atau akibat goresan.

Jadi jika ada bagian tubuhmu yang terluka cobalah tempelkan remasan daun bidara untuk mempercepat proses penyembuhan luka.

Selain itu, daun bidara juga memiliki senyawa yang dapat membantu mempercepat prose spenyembuhan akibat luka bakar dan mampu mencegah luka bakar meninggalkan bekas pada kulit.

  • Mengatasi gangguan tidur

Manfaat berikutnya dari daun bidara adalah mengatasi masalah gangguan tidur atau insomnia. Cara menggunakannya adalah daun bidara dibuat teh dan diminum sebelum tidur.

Teh daun bidara mengandung saponin yang dipercaya dapat memberikan efek menenangkan sehingga dapat membuat anda merasa rileks saat tidur.

  • Baik untuk sistem pencernaan

Daun dan buah bidara juga dipercaya bermanfaat untuk memelihara sistem pencernaan.

Untuk memelihara kesehatan pencernaan, anda dapat mengonsumsi buah bidara secara langsung, atau eminum air rebusan daunnya, atau bisa juga mengonsumsi teh daun bidara.

  • Menurunkan risiko diabetes

Bagi anda yang menderita diabetes, anda dapat mengonsumsi atau meminum air rebusan daun bidara secara rutin untuk menurunkan kadar gula.

  • Mengobati wasir

Penyakit wasir memang bukan penyakit yang mematikan. Namun amat mengganggu dan menyiksa penderitanya.

Untuk mengatasinya anda dapat meminum air rebusan daun bidara secara rutin. Atau anda juga bisa menempelkan daun bidara pada bagian anus yang membengkak.

  • Membersihkan tubuh

Seperti yang sudah kita sebutkan di atas bahwa daun bidara akan berbusa ketika diremas-remas di dalam air. Nah anda dapat menggunakan remasan daun bidara ini sebagai sabun untuk membersihkan tubuh anda.

  • Menurunkan berat badan

Mengonsumsi daun bidara dapat memberikan rasa lapar lebih lama dan membantu dalam pembakaran lemak. Oleh karena itu bagi anda yang sedang menjalankan program menurunkan berat badan alias diet anda bisa mengonsumsi daun bidara.

Cara mengonsumsinya dapat dilakukan dengan meminum air rebusan daun bidara atau mengonsumsi teh daun bidara.

  • Merawat rambut

Untuk merawat rambut, selain menggunakan seledri anda juga dapat menggunakan daun bidara. Caranya adalah dengan menjadikan air rebusan daun bidara sebagai hair tonic.

Hair tonic daun bidara dipercaya dapat membuat rambut lebih kuat, dan tidak mudah rontok atau rusak.

Itu dia beberapa manfaat bidara, baik manfaat bidara dalam Islam maupun manfaat bidara untuk kesehatan. Semoga dapat bermanfaat.

Sumber: IDNTimes.com, doktersehat.com, banjarmasin.tribunnews.com