Inilah Jenis Tanaman Hias Daun Aglaonema Berpenampilan Eksotis Yang Populer di Indonesia

bertaniorganik.com – Jenis jenis tanaman hias aglaonema – Tanaman hias aglaonema merupakan tanaman hias daun dari keluarga talas-talasan atau araceae. Tanaman yang juga dijuluki sri rejeki atau kalau di luar negeri dijuluki chinese evergreen ini memang sedang populer.

Tanaman hias aglaonema ini memang banyak menarik perhatian para pecinta tanaman hias lantaran kecantikan bentuk dan warnnya yang eksotis dan memanjakan mata.

Tak heran kalau aglaonema menjadi primadona pecinta tanaman hias dan disebut sebagai “ratu daun” atau “ratu tanaman hias daun”.

Jenis tanaman aglaonema yang tersebar di dunia sendiri ada banyak macamnya. Namun pada artikel kali mimin akan mengupas beberapa tanaman hias daun aglaonema yang populer dan banyak tersebar di Indonesia

Jenis jenis Tanaman Hias Daun Aglaonema (Sri Rejeki) Yang Populer di Indonesia

1. Aglaonema donna carmen


Aglaonema donna carmen memiliki daun lebat dan rimbun dengan bentuk cenderung bulat. Warna daunnya hijau kekuning-kuningan dan terdapat bercak merah.Yang paling jelas terlihat adalah tulang daunnya berwarna pink.

Donna Carmen di release pada tahun 1985, dan mampu bertahan sebagai primadona hingga hampir 20 tahun. Aglaonema donna carmen tergolong aglaonema yang mudah beranak banyak.

2. Aglaonema Pride of Sumatera

Aglaonema Pride of sumatera merupakan awal generasi aglaonema berwarna merah yang dirilis pada tahun 1993. Hingga kini harga aglaonema red sumatra masih cukup mahal dan banyak dicari meskipun dipasaran sudah banyak.

Namun patut diayangkan belakangan Thailand telah memperbanyak aglaonema pride of sumatra secara besar-besaran dan telah diimpor pula ke Indonesia sehingga mempengaruhi harga pasaran di Indonesia.

Secara keseluruhan, sosoknya kokoh dan secara keseluruhan daunnya kompak. Bentuk daunnya elips memanjang, tangkai daunnya berwarna pink. Bercak daunnya berwarna hijau gelap, merah, dan pink dengan tulang daunnya merah menyala.

3. Aglaonema Adelia

Aglaonema Adelia merupakan jenis aglaonema yang dirilis pada tahun 2000an.

Dibandingkan dengan aglaonema Pride of Sumatera, urat-urat Adelia tidak begitu terlihat merah. Kecuali pada tulang daun utama (bagian tengah) yang merah menyala dengan sedikit kombinasi warna pink. Tulang daunnya berwarna pink. Sedangkan bercaknya lebih didominasi dengan warna hijau tua dengan taburan pink. Bercak pink merata di seluruh permukaan daun.

4. Aglaonema Widuri

Aglaonema Widuri di release pertama kali pada tahun 2000. Aglaonema ini memiliki anakan yang banyak sehingga mudah untuk dibiakkan.

Secara keseluruhan, helaian daunnya kekuningan karena bercak hijaunya sedikit. Ada juga yang spot hijaunya lebar-lebar dan didominasi dengan warna pink. Jika diperhatikan, bagian tulang daun utama nampak merah menyala. Bentuk daun oval dan permukaan daun agak cekung.

5. Aglaonema Tiara

Aglaonema tiara memiliki pertumbuhan yangh tergolong cepat dan mudah bertunas. Antara indukan dan anakannya dapat membentuk posisi yang rapi dan arah pertumbuhannya teratur. Aglaonema tiara ini memang cukup terkenal karena berkali-kali mampu memenangkan ajang lomba pemeran tanaman hias skala nasional.

Aglaonema tiara memiliki warna daun yang merata, sport merahnya menyala dan kecil-kecil. Spot hijaunya juga kecil-kecil dan merata. Aglaonema tiara hingga sekarang masih tergolong tanaman yang mahal dengan harga perlembar daun lebih dari 5 ratus ribu.

6. Aglaonema Angela

Aglaonema Angela memiliki warna daun yang didominasi warna hijau gelap. Bercak daun berwarna pink sewarna dengan tulang daunnya. Urat daunnya tidak begitu jelas. Permukaan daun berlekuk dan berkontur. Susunan daun kompak dan tulang daun pendek.

Aglaonema angela sangat cocok ditanam sebagai potplant karena tidak perlu rumpun yang besar dan memang jarang mengeluarkan tunas. Aglaonema angela pertama kali di release tahun 2004,

7. Aglaonema Sexy Pink

Aglaonema Sexy Pink di release tahun 2004. Aglaonema ini tergolong rajin beranak sehingga cepat membentuk rumpun besar.

Aglaonema Sexy Pink daunnya didominasi warna pink dan merah dengan bercak hijau gelap. Urat daunnya berwarna merah cerah. Sementara tulang daunnya pink hampir sama dengan warna helai daunnya. Bentuk daun oval dengan bagian ujung daun agak lancip. Daunnya lebat dengan tangkai daun panjang. Sexy pink bagus ditanam berumpun.

8. Aglaonema Shinta

Aglaonema Shinta memiliki stang daun agak panjang dengan warna daun didominasi hijau gelap, dan terdapat bintik pink dan putih secara merata. Aglaonema shinta mempunyai daun yang besar dan melengkung sehingga sangat cocok sebagai tanaman tunggal.

Aglaonema Shinta direlease tahun 2004. Namun aglaonema ini kurang populer karena Aglaonema Shinta cukup sulit untuk mengeluarkan anakan.

9. Aglaonema Ruby

Aglaonema Ruby memiliki daun bulat namun ada juga yang lancip, batangnya hijau kokoh. Varian Aglaonema Ruby sangat banyak sehingga cukup sulit mendapatkan bentuk tanaman yang berkarakter sama. Namun yang pasti warna daunnya didominasi warna pink pucat dengan bercak hijau gelap secara acak, biasanya warna hijau makin jelas pada pasisi sisi daunnya.

Aglaonema Ruby di release tahun 2006. Di pasaran aglaonema ruby mudah didapatkan dengan harga yang terjangkau.

10. Aglaonema Lipstick

Dinamai Aglaonema Lipstick karena pada posisi pinggiran daunnya berwarna merah menyala seperti bibir yang diberi lipstick. Ciri khas aglaonema ini selain pinggirannya berwarna merah menyala, juga tangkai daunnya berwarna pink dan daunnya didominasi hijau gelap. Bentuk daunnya agak gelap. Kelebihan Aglaonema Lipstick terletak pada bentuk daunnya yang kompak dan tangkai pendek sehingga biasanya ditanam sebagai single potplant. Aglaonema ini direlease tahun 2005.

11. Aglaonema JT 2000

Sesuai namanya maka aglaonema ini direlease tahun 2000. Aglaonema ini sangat istimewa karena selain mudah mengeluarkan anakan, Aglaonema JT 2000 juga bandel dan tahan terhadap air hujan. Bentuk daunnya lancip dengan ukuran sedang. Bagus dalam bentuk kelompok dan bisa juga ditanam perbatang.

12. Aglaonema Dolores

Aglaonema Dolores di-release tahun 2005. Daunnya didominasi warna merah, hanya sedikit bintik kecil hijau secara merata. Tulang daunnya berwarna merah muda dengan dasar daun hijau muda. Sehingga jika dilihat secara keseluruhan, daun Aglaonema Dolores hampir merah sempurna.

13. Aglaonema Hot Lady

Aglaonema Hot Lady merahnya sangat mencolok, terutama pada garis tengahnya. Sementara spot hijau lebih besar-besar dibandingkan dengan aglaonema tiara. Hijaunya gelap, sehingga kontras dengan warna merah kuat yang menyertainya. Aglaonema Hot Lady juga sering menjadi juara pada kontes aglaonema skala nasional, terutama pada kelas tunggal.

Walaupun cocok sebagai tanaman tunggal, Aglaonema Hot Lady rajin mengeluarkan anakan, bentuk daun kompak dan arah pertumbuhan daun teratur dengan warna mengkilap seperti plastik. Karena banyak kelebihannya, Aglaonema Hot Lady masih mahal.

14. Aglaonema Moonlight

Aglaonema Moonlight di-release tahun 2005. Nama moonlight diberikan karena bentuk daunnya bulat dan kekuningan seperti bulan yang sedang bersinar. Warna daun didominasi warna putih kekuningan. Ukuran daunnya lebar. Terdapat urat daun pink dan tulang daun menyala. Daunnya flat sehingga kompak bila dilihat dari atas. tangkai daun berwarna pink. Aglaonema Moonlight masih sangat langka, dan karena karakter yang khas mirip aglaonema mutasi maka penggemarnya hanya orang tertentu saja.

15. Aglaonema Diana

Aglaonema Diana berpostur tinggi karena tangkai daunnya panjang dan daunnya berbentuk lebar meruncing. sehubungan postur yang tinggi, Aglaonema Diana biasanya ditanam dalam bentuk rumpun. Warna daun terdiri dari kombinasi merah, hijau gelap dan putih yang terlihat sangat kontras. Urat daun tidak terbentuk secara nyata, daun juga hanya sedikit melengkung. Aglaonema Diana bagi para penghobby masih jarang terdengar dibandingkan dengan aglaonema tiara.

16. Aglaonema Mutiara

Diberi nama Aglaonema Mutiara karena kelir putih kekuningan di daunnya menimbulkan nuansa kemilau. Ibarat kilauan cahaya mutiara. Bentuk daun memanjang dengan ujung meruncing. Didominasi oleh warna putih dan kuning. Sementara kelir hijau berpola menyerupai bercak-bercak. Tulang daun berwarna putih dengan sentuhan pink. Begitu pula dengan warna tangkainya.Aglaonema mutiara sangat cantik sekali, sangat cocok dikoleksi oleh wanita yang dinamis.

17. Aglaonema Ariana

Aglaonema Ariana di-release tahun 2004. Daun Aglaonema Ariana berujung meruncing, postur membulat. Tajuk tanaman kompak, daun tebal dan kuat. Daun berwarna hijau gelap dengan kombinasi corak merah. Corak atau bercak merah berukuran relatif besar bila dibandingkan dengan jenis lain. Namun persentase warna merah lebih sedikit dibandingkan dengan warna hijau. Tangkai daun berwarna merah jambu. Memiliki daya tahan yang bagus. Tidak mudah stress.

Aglaonema ariana termasuk jenis aglaonema yang mudah dikembangbiakkan. Jumlah anakannya banyak dan mudah tumbuh. Postur daun yang tebal membuat ariana memiliki sifat relatif lebih tahan cuaca panas.

Demikian beberapa jenis Aglaonema yang populer dan banyak tersebar di Indonesia yang dapat mimin sebutkan. Sebenarnya masih banyak jenis aglaonema lain yang belum sempat mimin sebutkan di sini. Mudah-mudahan kalau ada kesempatan kita sambung lagi ya atau pembaca sekalian mau menambahkan juga boleh. Semoga berrmanfaat ya… salam bertaniorganik.

referensi: santaisaja.net, bandungkita.id

Artikel Menarik Lainnya

Jenis-jenis Tanaman Hias Berdaun Merah Mempesona, Unik dan Langka

13 Jenis Tanaman Hias Gantung Paling Mudah Dirawat Cocok Untuk Mempercantik Rumah Anda

11 Tanaman Hias Daun Populer Ini Cocok Untuk Mempercantik Rumah

Wow!!! 13 Macam Bonsai Buah Cantik Ini Cocok Untuk Koleksi di Rumah