Wow!!! 13 Macam Bonsai Buah Cantik Ini Cocok Untuk Koleksi di Rumah

Posted on

bertaniorganik.com – macam-macam bonsai buah – Sahabat bertaniorganik, seni mengerdilkan tanaman atau biasa disebut bonsai memang telah dikenal ratusan tahun yang lalu. Namun hingga kini daya pikat si tanaman kerdil ini memang tak pernah usang.

Tak hanya tanaman bunga saja yang dijadikan bonsai, bahkan tanaman buah pun banyak yang dijadikan sasaran tangan-tangan kreatif menjadi tanaman bonsai yang indah dan memikat hati.

Nah, apa saja tanaman buah yang sering dijadikan bonsai? simak ulasannya berikut ini.

Macam-macam Bonsai Tanaman Buah

1. Bonsai Delima

Tanaman buah pertama yang sering dijadikan bonsai adalah tanaman buah delima. Pohon delima memiliki percabangan yang rendah dan terdapat duri pada bagian ketiaknya. Buah delima yang telah masak memiliki berbagai macam warna misalnya coklat, kemerahan, kuning, atau hijau. Sehingga bila dijadikan bonsai terlihat sangat menarik.

2. Bonsai Jambu Biji

Pohon jambu biji memiliki batang kokoh berwarna coklat dan daun berwarna hijau. Sedangkan buahnya yang masih muda berwarna hijau dan berwarna kekuningan jika sudah masak.

Selain memiliki rasa yang manis dan kaya akan manfaat, ternyata tanaman jambu biji juga bagus untuk dijadikan bonsai.

3. Bonsai Apel

Kalau buah yang satu ini pasti anda juga suka kan??? ya tanaman apel, selain memiliki rasa buah yang manis dan menyegarkan serta kaya manfaat, ternyata tanaan apel juga dapat dijadikan bonsai lho….

Dengan membuat bonsai apel, selain kamu menikmati keindahannya kamu juga dapat menikmati buahnya yang segar.

4. Bonsai Murbei

Tanaman murbei merupakan tanaman buah yang banyak tersebar diberbagai belahan dunia seperti Indonesia, Inggris, Vietnam, Pilipina, dan Cina.

Buah murbei dalam bahasa inggris disebut mulberry. Sedangkan di Indonesia buah murbei memiliki penyebutan yang bermacam-macam seperti murbei, arbei, walot, besaran (jawa), kerta, kitau (sumatera), dan babasaran (sunda).

Tanaman murbei memiliki bentuk buah yang terdiri dari butiran-butiran buah yang sangat kecil dan membentuk koloni.

Buah murbei yang masih muda berwarna hijau muda dan setelah itu akan berubah menjadi merah merona dan setelah matang akan berubah menjadi hitam pekat.

Tanaman murbei tergolong tanaman perdu dan biasanya ditanam di halaman rumah. Namun dengan sentuhan kreatifitas, tanaman murbei dapat dijadikan bonsai yang cantik untuk menghias rumah.

5. Bonsai Jeruk Kingkit

Bonsai Jeruk Kingkit (Triphasia Trifolia) merupakan salah satu favorit para pecinta atau kolektor tanaman bonsai. Tanaman dari kelurga jeruk-jerukkan ini sangat bagus dijadikan bonsai karena karakter batang yang bisa beralur dan mengesankan tua. Selain itu, tanaman ini tergolong tanaman mudah tumbuh dan tahan terhadap perlakuan pruning (pemangkasan) cabang.

Dengan batang berwarna putih dan daun berukuran relatif kecil. Serta buah yang juga berukuran kecil berwarna merah darah menambah estetika bonsai.

6. Bonsai Pohon Jamblang

Pohon jamblang atau juwet/duwet atau dikenal pula dengan nama jambu keling merupakan sejenis pohon dari suku jambu-jambuan. Tumbuhan yang memiliki buah dengan rasa sepat asam ini dikenal pula dengan berbagai nama seperti jambee kleng (Aceh), jambu kling, nunang (Gayo), jambu koliong (Riau), jambu kalang (Min.), jambulang, jambulan, jombulan, jumblang (aneka nama lokal di Sulut), jambulan (Flores), jambula (Ternate), jamblang (Btw., Sd.). Juga jambu juwat, jiwat, jiwat padi (Ind., juwet atau duwet (Jw.), juwet, jujutan (Bl.), dhuwak, dhalas (Md.), duwe (Bima), Rappo – Rappo (Selayar) dan lain-lain

Duwet berbatang kokoh. Banyak ditemukan tumbuh secara liar di hutan-hutan. Buahnya yang muda berwarna hijau dan berubah menjadi ungu bila telah masak.

7 . Bonsai Cempaka Kuning

Tanaman cempaka kuning atau lebih populer dengan nama kantil merupakan tanaman yang berasal dari India. Di Jawa dan beberapa daerah lain tanaman ini biasanya dimanfaatkan bunganya yang berbau harum untuk dijadikan perlengkapan sesajen atau nyekar.

Namun di sini tanaman kantil atau cempaka kuning ini sedang tidak kita manfaatkan bunganya untuk sesajen. Tapi tanaman ini akan ditanam di pot untuk dijadikan bonsai yang indah.

8. Bonsai Kawista

Tanaman yang dikenal juga dengan nama buah batu ini cukup unik. Buahnya berbentuk bulat penuh, keras, dan berkulit tebal. Daun berbentuk bulat telur, tetapi memanjang. Ukuran daunnya kecil-kecil sehingga serasi bonsai. Tanaman ini banyak tumbuh liar terutama di dataran rendah dekat pantai hingga pedalaman yang kering. Bila tidak berubah penampilannya mirip tanaman sisir.

9. Bonsai Kemuning

Bonsai tanaman ini bisa disebut bonsai berbunga atau bonsai berbuah, keduanya sama-sama menarik. Bunga kemuning berwarna putih dan sangat harum. Sedangkan buahnya berbentuk telur kecil-kecil, yang muda berwarna hijau dan berubah menjadi merah setelah tua. Batang kemuning berwarna keputihan dan berkesan tua. Dijadikan mema bonsai atau bonsai berukuran sedang daya tarik tanaman ini tetap memukau.

10. Landepan

Batang landepan berkayu keras dan berwarna putih keperakan. Tanaman ini berduri dengan cabang yang merentang ke samping. Daun landepan berukuran kecil, tetapi tebal. Landepan memiliki pertumbuhan yang sangat lambat. Daya tariknya sebagai bonsai antara lain terlihat pada akarnya yang tumbuh besar dan menonjol. Selain ditanam sebagai individu, bonsai landepan yang bergaya grouping juga enak dilihat.

11. Maja

bonsai maja

Kerabat dekat jeruk ini batangnya memiliki ranting berduri. Daunnya tersusun dari beberapa anak daun dan bentuknya bulat telur. Tanaman ini sering dikelirukan dengan maja pahit atau bernuk yang buahnya besar dan sering dipakai sebagai tempat menyimpan air

12. Bonsai Rukem

Tanaman rukem merupakan tanaman endemik dari Indonesia dan banyak tumbuh di hutan liar.

Di alam bebas tanaman rukem sapat mencapai tinggi 5-15 cm dengan ranting yang bertonjolan tidak teratur.

Tanaman rukem memiliki daun berbentuk oval yang meruncing panjang, dengan warna daun yang muda berwarna coklat hingga kemerahan. Buah rukem berasa kesat sedikit manis dan kurang diminati.

 

13. Bonsai Dewa ndaru ( Cermai Londo ) / Siantho (Eugenia uniflora)

Tanaman dewa ndaru atau cermai londo (Eugenia uniflora) merupakan tanaman yang berasal dari Amerika selatan. Di Indonesia tanaman ini disebut dengan nama dewa ndaru atau cermai belanda.

Di alam bebas tanaman dewa ndaru dapat memiliki tinggi hingga 5 m. Buah dewa ndaru yang masih muda berwarna hijau dan berwarna merah bila telah masak. Buah dewa ndaru berasa asam sepat dan sedikit manis bila dimakan.

Dengan bentuk buahnya seperti tomat dengan ukuran yang kecil dan batang pohon yang kuat serta kokoh dan dapat dijadikan sebuah tanaman bonsai yang indah.

Demikian ulasan singkat 13 Macam Bonsai Buah Cantik Cocok Untuk Koleksi di Rumah semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya

Inilah Deretan Bonsai Terindah dan Termahal Di Dunia Berharga Tak Lazim

Mengenal Sejarah dan Asal Usul Bonsai

Cara Mudah Membuat Bonsai Kelapa Bercabang dan Cepat Berbuah

13 Jenis Tanaman Hias Gantung Paling Mudah Dirawat Cocok Untuk Mempercantik Rumah Anda

11 Tanaman Hias Daun Populer Ini Cocok Untuk Mempercantik Rumah

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *