Inilah 5 Jenis Buah Naga Yang Wajib Anda Ketahui

Posted on

bertaniorganik.com – jenis-jenis buah naga – Sahabat bertaniorganik, mungkin kamu sudah tidak asing dengan buah yang satu ini. Buah dari keluarga kaktus ini beberapa tahun belakangan memang sempat menghebohkan masyarakat. Pasalnya, buah ini memiliki bentuk yang unik dan dibanderol harga cukup fantastis.

Namun saat ini buah naga dapat dengan mudah kita jumpai di Swalayan, pasar tradisional bahkan penjual buah di pinggir jalan. Dan tentunya dengan harga yang lebih terjangkau dibanding beberapa tahun yang lalu.

Di pasaran buah naga yang paling banyak dijual biasanya dari jenis buah naga merah dan buah naga putih. Namun tahukah kamu buah naga ternyata ada banyak jenisnya? Berikut ini beberapa jenis buah naga yang perlu kamu ketahui

Jenis jenis Buah Naga

Sebenarnya buah naga memiliki banyak jenisnya, namun pada artikel ini penulis hanya mengulas beberapa jenis yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Buah naga putih

Buah naga putih adalah jenis buah naga yang paling banyak kita jumpai di pasaran. Buah naga ini sangat mudah untuk dibudidayakan. Bahkan hanya dengan menggunakan media pot, buah naga ini sudah dapat tumbuh subur.

Seperti namanya, buah naga ini memiliki daging yang berwarna putih. Kemudian dari fisiknya, buah naga putih memiliki kulit berwarna merah muda dan ujung sisiknya berwarna kehijauan. Soal rasanya, buah naga putih memiliki rasa asam dengan sedikit manis. Buah ini biasanya banyak diolah sebagai campuran sop buah dan salad buah.

Baca: Membuat Buah Naga Berbuah Lebat Sepanjang Tahun

Buah naga merah

Buah naga merah (Hylocereus polyrhizus) merupakan jenis buah naga yang paling populer dan banyak kita jumpai di pasaran selain buah naga putih. Secara fisik, penampilan buah naga merah mirip dengan buah naga putih, hanya saja warna kulitnya lebih merah pekat.

Seperti namanya, buah naga merah memiliki daging yang berwarna merah marun. Dibanding buah naga putih, buah naga merah memiliki tekstur yang lebih berair dan rasanya lebih manis. Selain itu, harga buah naga merah juga lebih mahal dari buah naga putih hampir dua kali lipatnya. Karena rasanya yang lebih manis, buah ini banyak disukai konsumen. Buah naga merah biasanya diolah sebagi campuran sop buah, salah buah, smootie dan juga jus.

Buah naga super merah (super red)

Buah naga super merah sekilas mirip dengan buah naga merah. Namun secara ilmiah buah ini berbeda jenis. Buah naga super merah memiliki nama ilmiah Hylocereus costaricensis. Selain itu, warna daging buahnya lebih merah dan rasanya lebih manis dan tidak langu. Saat ini buah naga super merah menjadi kegemaran petani karena dianggap paling laku.

Baca: [BONUS TIPS PERAWATAN] Teknik Tepat Pemupukan Buah Naga Agar Cepat Berbuah Lebat, Lengkap Dengan Jenis dan Dosis Pupuk

Buah naga kuning

Dibanding jenis buah naga lain, buah naga kuning memang kalah populer. Di Indonesia keberadaan buah naga kuning cukup langka, biasanya buah ini hanya dapat ditemui di beberapa swalayan modern dengan harga yang cukup tinggi. Secara fisik, buah naga kuning memiliki tampilan kulit berwarna kuning cerah dengan daging buah berwarna putih dan ukuran buahnya lebih kecil.

Perbedaan lain buah naga kuning dengan buah naga lain adalah ukuran pohonnya lebih pendek dan masa tanamnya lebih lama.

Buah naga hitam

Kalau jenis buah naga ini mungkin belum banyak masyarakat yang tahu. Hal ini karena buah naga jenis ini memang belum lama dibudidayakan dan ketersediannya pun masih sangat terbatas. Seperti namanya, buah naga hitam memiliki daging yang berwarna hitam pekat

Menurut beberapa sumber, buah naga hitam adalah buah naga hasil hibrida dari buah naga super red. Warna hitam pada buah ini berasal dari pemupukan menggunakan pupuk hitam atau dikenal dengan nama black natural. Pupuk hitam sendiri adalah pupuk alami yang memiliki komposisi antara lain kotoran sapi, cengkeh sisa pabrik rokok atau cengkok cengkeh, ampas jamu, dan juga abu sekam. Pupuk ini mampu meningkatkan betakaroten pada buah naga sehingga membuat dagingnya menjadi berwarna hitam pekat.

Demikian ulasan mengenai 5 Jenis Buah Naga Yang Wajib Anda Ketahui semoga dapat bermanfaat.

Artikel menarik Lainnya

Cara Menanam Buah Naga Dalam Pot Yang Benar Agar Cepat Berbuah [9 BULAN LANGSUNG PANEN]

Cara Tepat Budidaya Srikaya Dengan Teknik Sambung Pucuk

Cara Mengatasi Tanaman Kelengkeng Yang Tidak Berbuah

Panduan Umum Menanam Durian Unggul Agar Cepat Berbuah

Lakukan Pemangkasan Agar Srikaya Jumbo Berbuah Lebat dan Maksimal

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *