13 Jenis Tanaman Hias Gantung Paling Mudah Dirawat Cocok Untuk Mempercantik Rumah Anda

Posted on

bertaniorganik.comTanaman Hias Gantung – Memiliki rumah asri dengan berbagai tanaman hijau dan bunga berwarna-warni yang menyejukkan mata tentu menjadi dambaan setiap orang. Nah salah satu cara agar rumah tampak asri dan sedap dipandang mata adalah menghiasnya dengan tanaman hias gantung.

Tanaman Hias Gantung

Tanaman Hias Gantung pada dasarnya adalah sebuah model dalam menata atau mendekorasi tanaman hias rumah. Kalau biasanya tanaman hias ditanam di taman, di halaman rumah, atau ditanam menggunakan pot dan diletakkan di halaman atau teras rumah. Pada model tanaman hias gantung, tanaman ditanam menggunakan pot kemudian digantung.

Dibanding sistem lain, menanam tanaman hias dengan model digantung memang lebih membutuhkan perawatan ekstra. Namun anda tak perlu khawatir, bagi anda yang mungkin memiliki kesibukan atau mungkin masih pemula tapi tetap ingin memiliki tanaman hias gantung di rumah, anda dapat memilih berbagai tanaman hias yang mudah dalam perawatan namun tetap cantik dipandang mata. Berikut ini 13 jenis tanaman hias gantung paling mudah dirawat cocok untuk mempercantik rumah Anda.

13 Jenis Tanaman Hias Gantung Paling Mudah Dirawat

1. Tanaman Hias Gantung Petunia

Tanaman hias gantung pertama yang mudah untuk dirawat adalah Petunia. Tanaman ini selain mudah dalam pemeliharaannya, juga memiliki bunga yang rimbun serta memiliki variasi warna yang indah.

Bagaimana menurut kamu? cantik bukan??

2. Tanaman Hias Gantung Black Eyed Susan Vine (Thunbergia Alata)

Tanaman hias gantung cantik berikutnya adalah Black Eyed Susan Vine atau Black Eyed. Tanaman ini dinamakan Black Eyed karena memiliki ciri khas warna hitam pada bagian tengahnya seperti mata hitam. Dengan warna kelopak bunga yang bervariasi seperti kuning, merah, dan putih.

Black eyed susan vine yang berwarna kuning merupakan jenis black eyed yang paling populer. Karena warna kuning yang mencolok sangat serasi dengan matanya yang berwarna gelap.

3. Tanaman Hias Gantung Portulaca

Tanaman hias gantung selanjutnya yang memiliki perawatan mudah adalah Portulaca atau biasa dikenal dengan nama bunga Krokot. Tanaman ini meskipun memiliki pertumbuhan yang lambat, namun memiliki masa pembungaan yang cepat dan sering. Tanaman Portulaca memiliki banyak jenis dan warna bunga, sehingga sangat cocok dijadikan penyejuk dan penghias rumah.

Jika kamu tertarik untuk menanam bunga ini, caranya sangat mudah. Kamu dapat menanamnya dengan cara stek.

4. Tanaman Hias Gantung Sedum Morganianum

Tanaman hias gantung Sedum Morganianum atau sering disebut dengan nama Kaktus Anggur merupakan tanaman hias yang masih berkerabat dengan kaktus. Seperti tanaman dari golongan kaktus lain, Sedum Morganianum juga memiliki sifat membutuhkan banyak cahaya matahari namun sedikit air. Sehingga tanaman ini sangat mudah untuk dirawat.

Sedum Morganianum meskipun tidak memiliki bunga cantik seperti yang lain, namun ini tanaman ini memiliki bentuk yang unik yang menjadi daya tariknya.

5. Tanaman Jenggot Putih atau Spanish Moss (Tillandsia usneoides)

Tanaman hias gantung yang satu ini tergolong unik. Tanaman ini memiliki ciri warna pucat keputihan dan daun yang berbentuk runcing memanjang seperti untaian rambut berwarna putih. Itulah kenapa tanaman ini dinamakan tanaman jenggot putih.

Tanaman jenggot putih selain memiliki bentuk unik, perawatannya juga mudah. Sehingga pas untuk kamu jadikan tanaman hias gantung di rumah.

6. Tanaman Hias Gantung Creeping Charlie

Tanaman Creeping charlie merupakan tanaman hias yang berasal dari Amerika Selatan. Tanaman yang memiliki bentuk mirip daun mint ini tumbuh menjalar dan memiliki pertumbuhan yang sangat cepat.

Bagi kamu yang mendambakan nuansa hijau, tanaman Creeping Charlie sangat tepat bila dijadikan tanaman hias gantung atau tanaman hias rambat untuk pagar atau dinding taman.

Pada beberapa jenis, Creeping Charlie memiliki bunga yang berwarna ungu sehingga dapat menambah indah tanaman hias kamu

6. Tanaman Hias Gantung Sirih Blaster Heart

Tanaman Blaster Heart disebut juga dengan Sirih Blaster Heart atau Sirih Belanda karena memiliki bentuk daun seperti daun sirih. Sirih Blaster Heart atau Sirih Belanda tergolong ke dalam jenis tanaman hias daun atau tanaman hias tak berbunga. Daya tarik Blaster Heart adalah warna daun yang bercorak hijau dan putih, sehingga tanaman ini dapat anda jadikan pilihan sebagai penghias rumah anda.

7. Tanaman Hias Gantung Bunga Begonia

Tanaman hias gantung cantik berikutnya adalah Tanaman Bunga Begonia. Tanaman hias Begonia memiliki banyak sekali varian warna kelopak bunga yang indah. Sehingga sangat tepat untuk anda jadikan koleksi di rumah sebagai tanaman hias gantung untuk memanjakan mata.

Tanaman Begonia, selain memiliki banyak varian warna kelopak bunga yang indah, tanaman ini juga tergolong sangat mudah perawatannya karena mudah beradaptasi terhadap berbagai jenis tanah.

8. Tanaman Hias Gantung Petunia Red Picotee

Petunia Red Picotee adalah tanaman hias gantung cantik berikutnya. Tanaman Petunia Red Picotee memiliki ciri kelopak bunga lebar berwarna merah menyala dengan bercak putih disekelilingnya.

Jika kamu ingin mengoleksi bunga ini di rumah, jangan lupa untuk menyiram yang rajin ya. Karena meskipun tergolong mudah dirawat, tanaman ini membutuhkan air yang cukup banyak dan mudah layu jika kekurangan air.

9. Tanaman Hias Zygo Cactus (Schlumbergera truncata)

Tanaman hias gantung selanjutnya adalah Tanaman Hias Zygo cactus (Schlumbergera truncata). Tanaman yang masih dari keluarga kaktus ini mempunyai pertumbuhan yang lambat namun memilki bunga yang indah.

Jika kamu tinggal di daerah panas, tanaman ini sangat cocok untuk anda koleksi. Karena seperti jenis kaktus lain, tanaman Zygo Cactus membutuhkan pencahayaan matahari penuh namun membutuhkan air sedikit.

10. Tanaman Hias Gantung Lili Paris (Clorophytum comosum)

Tanaman hias Gantung Lili Paris (Clorophytum comosum) merupakan tanaman hias yang mudah dirawat karena sangat mudah untuk beradaptasi. Tanaman Lili paris memiliki bentuk daun yang kecil namun meruncing panjang, dengan tulang daun yang berwarna putih sehingga dapat anda jadikan pilihan tanaman hias gantung di rumah.

11. Tanaman Hias Gantung Pakis Boston

Tanaman hias gantung berikutnya adalah Pakis Boston. Seperti namanya, tanaman ini berasal dari Boston. Dengan ciri khas warna hijau dan daun yang rimbun menjuntai ke bawah pakis Boston dapat anda jadikan koleksi tanaman hias gantung yang menyegarkan mata.

12. Tanaman Hias Gantung Geranium

Tanaman Geranium atau memiliki nama asli Pelargonium merupakan tanaman yang tidak disukai nyamuk. Sehingga tanaman ini sering dijadikan sebagai tanaman pengusir nyamuk. Selain memilki manfaat sebagai pengusir nyamuk, ternyata tanaman geranium juga sangat indah dijadikan tanaman hias gantung lho. Dengan warna bunga dominan merah mencolok sangat cantik untuk digantung di teras rumah sebagai sebagai penyejuk mata.

13. Tanaman Hias Gantung Lantana

Lantana merupakan tanaman yang berasal dari wilayah tropis Amerika Tengah dan Selatan. Dengan warna-warna bunganya yang cantik tanaman ini dapat kamu jadikan sebgai tanaman hias gantung di rumah. Selain itu, jika tanaman ini ditanam di pekarangan atau halaman rumah dapat menarik kupu-kupu. Karena tanaman Lantana mampu menghasilkan nektar sebgai makanan kupu-kupu.

Demikian ulasan singkat 13 Jenis Tanaman Hias Gantung Paling Mudah Dirawat Cocok Untuk Mempercantik Rumah Anda semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *