11 Tanaman Hias Daun Populer Ini Cocok Untuk Mempercantik Rumah

Posted on

bertaniorganik.com – Tanaman hias merupakan tanaman yang digunakan untuk menghias dan mempercantik halaman rumah maupun ruangan. Tanaman hias memiliki berbagai macam jenis, namun pada pokoknya dibagi ke dalam dua jenis saja yaitu tanaman hias daun dan tanaman hias bunga.

Tanaman hias bunga merupakan tanaman hias yang memiliki keindahan pada bunganya sedangkan tanaman hias daun keindahannya terletak pada daunnya, baik bentuk, warna, dan lain sebagainya.

Nah pada artikel kali ini kita akan mengulas beberapa tanaman hias daun yang dapat kamu jadikan referensi untuk mempercantik rumah. Meskipun sebenarnya tanaman hias daun ada banyak sekali jenisnya

Tanaman Hias Daun Populer Untuk Mempercantik Rumah

Seperti yang saya tulis di atas, tanaman hias daun sebenarnya ada banyak sekali macamnya. Bahkan melalui tangan kreatif para pembudidaya tanaman hias, satu jenis tanaman hias dapat menghasilkan berbagai turunan dengan pola bentuk dan warna yang beraneka ragam. Sehingga menambah daftar jenis tanaman hias daun baru. Nah pada artikel kali ini kita akan mengulas beberapa jenis tanaman hias daun yang cukup populer dan mudah didapatkan sebagai penghias rumah anda.

1. Tanaman Pokok Duit-duit

Sahabat bertaniorganik, tanaman hias daun yang pertama adalah Pokok Duit-duit (Epipremnum Aureum). Saya sendiri tidak tahu kenapa tanaman ini diberi nama pokok duit-duit. Namun tanaman hias berjenis merambat dengan daun yang mungil dan simpel ini bisa menjadi salah satu tanaman hias yang memikat hati. Dengan menanamnya di pot atau vas kecil, tanaman pokok duit duit sangat cantik unuk menghiasi ruang keluarga atau ruang tamu.

Tanaman ini juga tergolong memiliki perawatan yang mudah. Tanaman pokok duit-duit tidak terlalu membutuhkan sinar matahari sehingga dapat diletakkan di dalam ruangan. Meskipun tanaman pokok duit-duit tidak memerlukan banyak air, namun tetap jangan lupa untuk menyiramnya secara rutin.

2. Lidah Mertua (Sansevieria)

Buat kamu yang gak suka ribet, tanaman lidah mertua dapat dijadikan pilihan sebagai tanaman hias daun untuk menambah keindahan ruangan rumah kamu.

Tanaman yang aslinya dari Afrika ini tidak memerlukan kondisi dan keterampilan khusus untuk merawatnya. Dengan air dan sinar matahari yang cukup tanaman lidah mertua dapat tumbuh dengan optimal.

Lidah mertua memiliki corak yang unik sehingga dapat memberikan kesan dinamis pada meja ruang tamu. Kamu dapat menanamnya dalam sebuah pot yang tinggi atau bisa juga di pot yang memiliki penyangga.

Tanaman ini selain memiliki bentuk yang artistik dan mudah dalam perawatan, juga memiliki beragam manfat lho… seperti mengurai racun yang terdapat di udara misalnya benzene, CO2, dan Kloform. Selain itu, lidah mertua juga dapat menagkal polusi dan radikal bebas.

3. Kaktus

Tanaman hias daun selanjutnya adalah kaktus. Mungkin kamu sering melihat pohon kaktus berukuran besar di sebuah halaman rumah kemudian berfikir tanaman kaktus tidak dapat dijadikan tanaman hias untuk mempercantik desain interior rumah kita. Namun ternyata kaktus banyak macamnya lho, tidak melulu berukuran besar. Ada berbagai jenis kaktus yang memiliki ukuran kecil dengan bentuk yang imut yang dapat kamu jadikan tanaman hias untuk mempercantik ruanganmu.

Tanaman kaktus selain memiliki kesan imut dan elok, perawatannya terbilang mudah. Dengan sinar matahari yang sedang dan cukup disiram seminggu sekali, kaktus sudah dapat tumbuh optimal.

4. Siklok (Agave Attenuate)

Tanaman hias daun berikutnya adalah siklok. Tanaman yang memiliki bentuk menyerupai pedang dengan warna kekuningan di tepinya dan hijau pada bagian tengah ini dapat kamu jadikan pilihan untuk membuat tamanmu lebih asri. Dengan menanamnya pada sebuah pot kamu juga dapat meletakkannya di atas meja ruangan atau teras rumah.

Tanaman siklok juga memilki harga yang relatif terjangkau. Selain itu, tanaman ini juga tahan terhadap sinar matahri seharian. Untuk perawatannya anda cukup melakukan penyiraman secara rutin dan memberinya pupuk beberapa minggu sekali

5. Kalatea (Calathea)

Sekilas tanaman ini mirip pohon pisang ya. Namun, tanaman yang memiliki perpaduan warna daun hijau, putih dan merah hati ini dapat kamu jadikan pilihan untuk membuat suasana rumahmu tampak berseri dan berasa lebih hidup.

Untuk memperindah suasana rumah, kamu dapat menanam kaltea pada pot dengan warna yang kalem seperti gading atau putih. Perawatan kaltea juga tergolong mudah. Untuk mendapat sinar matahari yang cukup, letakkan kaltea di dekat jendela. Kamu dapat menyiram kaltea setiap hari namun usahakan media tanaman tidak sampai terlalu basah atau bahkan terlalu kering. Selain itu, berilah pupuk setiap beberapa bulan sekali agar kaltea tetap dapat tumbuh optimal.

6. Kuping Gajah (Anthurium Chrystalinum)

Mungkin kamu sudah tidak asing bukan dengan tanaman hias daun yang satu ini. Ya tanaman kuping gajah merupakan tanaman hias yang bisa di bilang legendaris. Keberadaanya memang sudah cukup lama menjadi tanaman hias dan mengalami pasang surut trend tanaman hias.

Sesuai dengan namanya, tanaman ini memiliki bentuk daun yang lebar dan besar layaknya kuping gajah. Selain itu, daunnya yang tebal nampak gagah namun tetap memberikan nuansa sejuk.

Perawatan tanaman kuping gajah juga tidak terlalu sulit. Kamu cukup meletakkan tanaman ini pada tempat teduh agar mendapat sinar matahari yang cukup. Usahakan jangan sampai terkena matahari langsung dalam waktu terlalu lama agar tanaman tidak layu.

7. Keladi Red Star

Keladi Red Star merupakan jenis tanaman hias daun yang merupakan keluarga dari kelompok tumbuhan dari genus Caladium atau keladi-keladian. Tanaman ini dijadikan tanaman hias karena kecantikannya pada urat daunnya yang berbentuk bintang dan berwarna merah cerah, dengan tangkai daun yang agak berwarna kemerahan dengan belang-belang hitam.

Keladi red star tergolong jenis tanaman yang mudah ditanam dan cepat berkembang asal media tanamnya tetap terjaga tidak sampai kering. Perawatan keladi red star juga terbilang mudah. Anda cukup melakukan penyiraman sehari satu kali. Lakukan penyiraman pada medianya, jangan pada daun. Dengan kondisi media tanam yang terjaga (tidak sampai kering), kelai akan tumbuh dengan indah, lebar dan warna daunnya lebih cantik. Selain itu, agar warna merah pada urat daun makin timbul, sebaiknya letakkan keladi pada tempat yang terpapar sinar matahri penuh.

8. Tanaman Hias Daun Puring (Codiaeum variegatum)

Tanaman puring atau sering dikenal dengan nama kroton merupakan tanaman hias daun yang sangat populer dan banyak kita temui di pekarangan. Awalnya tanaman puring dianggap sebagai tanaman tak berharga. Namun kini tanaman ini merupakan salah satu tanaman hias daun yang memiliki harga jual cukup tinggi. Banyak pemilik perumahan-perumahan mewah yang berani merogoh koceknya untuk mengoleksi tanaman hias ini.

Tanaman hias daun puring memiliki bentuk daun panjang oval dan bergelombang. Warna daunnya pun bermacam-macam, ada yang berwarna merah, ungu, hijau, kuning, jingga serta campuran warna lain. Selain itu, tanaman puring juga memiliki banyak jenis seperti Red Aple, Oscar, Puring Anting Raja, Logam, Puring Arjuna , Puring Asmara Jingga, dan jenis purin kura.

9. Tanaman Daun Dieffenbachia

Tanaman hias daun Dieffenbachia disebut juga daun bahagia. Tanaman Dieffenbachia tergolong tanaman hias daun yang sangat mudah dirawat. Tanaman ini juga memiliki daya tahan cukup lama jika diletakkan didalam ruangan sehingga cocok untuk dijadikan tanaman hias indoor. Tanaman Dieffenbachia jika diletakkan di dalam ruangan, selain menambah kecantikkan ruang juga diyakini mampu membersihkan udara.

Selain dijadikan tanaman hias indoor Dieffenbachia juga cantik lho jika ditanam di halaman. Namun anda juga perlu hati-hati terhadap getah daun tanaman ini, sebab menurut beberapa sumber, getah daunnya bisa menyebabkan gatal-gatal maupun kejang pada bibir dan lidah serta kerongkongan bila mengenainya.

10. Tanaman Daun Aglaonema

Tanaman Aglaonema atau disebut juga tanaman Sri rejeki merupakan tsalah satu tanaman hias daun yang saat ini juga sedang populer. Tanaman ini memiliki daun berbentuk oval, berwarna hijau, dihiasi bintik-bintik dan garis berwarna abu-abu keperakan.

Tanaman Aglaonema juga tergolong tanaman hias yang cukup mudah dalam perawatan. Tanaman ini menyukai kondisi lingkungan yang lembab dan kurang tahan terhadap paparan cahaya matahari langsung. Oleh karena itu, anda harus berhati-hati jika kondisi ruangan terlalu panas dan kering terutama pada musim kemarau karena tanaman ini mudah layu dan harus dibuang.

11. Tanaman Daun Saka Asparagus Plumosus

Tanaman Daun Saka Asparagus Plumosus merupakan jenis tanaman hias yang berasal dari keluarga paku-pakuan. Tanaman ini menjadi salah satu jenis tanaman hias daun yang memiliki harga jual cukup tinggi.

Menanam tanaman Asparagus cukup mudah. Dengan diberi sedikit cahaya matahari dan lingkungan yang tidak terlalu kering tanaman ini dapat tumbuh dengan baik.

Demikian ulasan singkat 11 Tanaman Hias Daun Populer Ini Cocok Untuk Mempercantik Rumah semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *