Panduan Umum Menanam Durian Unggul Agar Cepat Berbuah

Posted on

Cara Mudah Budidaya Tanaman Durian

bertaniorganik.com Sahabat pecinta tanaman buah, tentu anda sudah tidak asing bukan dengan buah yang satu ini? Yups, buah dengan ciri khas kulitnya yang berduri-duri dan aromanya yang sangat tajam menyengat, apa lagi kalau bukan buah durian.

Menikmati buah durian dapat dilakukan dengan memakan daging buahnya yang telang matang secara langsung, dicampurkan ke dalam segelas kopi, atau bisa juga dibuat sambal tempoyak (sambal durian khas Lampung).

Buah khas Asia Tenggara ini tergolong buah yang memiliki harga cukup mahal di pasaran. Hal ini karena buah durian termasuk buah musiman atau berbuah pada musim musim tertentu saja. Sehingga untuk mendapatkan buah ini agak susah jika tidak bertepatan dengan musim buah. Selain itu, tingginya permintaan akan buah durian juga belum sebanding dengan pasokan buah durian baik di pasar tradisional maupun supermarket yang masih terbatas. Hal ini lantaran masih sedikitnya para pembudidaya akan buah ini. Di Indonesia, salah satu daerah yang menjadi sentra budidaya durian diantaranya adalah Lampung.

Nah, jika anda pecinta buah durian dan ingin menikmati makan buah durian sepuasnya tanpa takut harga mahal, tidak ada salahnya anda membudidayakannya sendiri di rumah. Anda dapat menanam durian di pekarangan rumah atau bisa juga dengan menanamnya di pot atau sering disebut dengan tabulampot. Beberapa jenis durian yang banyak ditanam seperti durian bawor, durian petruk, durian merah durian pelangi, durian montong serta durian musangking. Durian montong dan durian musangking merupakan 2 jenis varietas durian yang saat ini menjadi primadona. Berikut ini langkah-langkah dalam budidaya durian unggul agar cepat berbuah.

Syarat Tumbuh Tanaman Durian

  • Tanaman durian dapat tumbuh baik pada lahan tropis dengan ketinggian antara 500-800 mdpl
  • Intensitas cahaya matahari sekitar 40%-50%
  • Suhu yang disukai tanaman durian antara 23-30 dengan curah hujan antar 1500-2500 mm per tahun
  • Tanaman durian juga menyukai kondisi tanah jenis latosol, andasol, serta tanah podsolik merah kuning.
  • PH tanah yang ideal adalah antara 6-7

Langkah-langkah Budidaya Durian

Persiapan Bibit Durian

Sebelum anda menanam durian, tentunya anda harus mempersiapkan bibitnya terlebih dahulu. Pastikan bibit yang akan anda tanam adalah bibit dengan varietas unggul dan bebas dari segala macam hama dan penyakit. Serta memiliki peluang tumbuh yang baik.

Untuk menanam bibit durian, anda dapat melakukan dengan dua cara yaitu secara generatif (biji) dan vegetatif (bibit okulasi).

  • Menanam dengan biji (generatif). Jika anda hendak menanam durian dengan biji sebaiknya pilihlah biji durian yang diambil dari buah yang matang di pohon. Kemudian pilih biji yang berbentuk lebih bulat dan besar. Biji kemudian ditanam di polybag berukuran sekitar 1 liter. Siram bibit secara teratur sampai kurang lebih 6 bulan. Setelah usia bibit sudah mencapai 6 bulan atau sudah tumbuh akar dan daunnya, selanjutnya bibit siap dipindahkan ke lahan tanam.
  • Menanam bibit secara vegetatif. Selain menanam bibit dari biji, anda juga dapat menanam bibit secara vegetatif. Yaitu bibit yang diperbanyak dengan hasil okulasi. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan tentunya memiliki beberapa keunggulan dibanding menanam dari biji. Dengan menanam bibit dari hasil okulasi,tanaman akan berbuah lebih cepat serta akan memiliki sifat yang sama dengan indukannya. Anda melakukan okulasi sendiri atau membelinya di tempat penangkaran bibit tanaman.

Untuk mendapat bibit yang ideal, pilihlah bibit dengan ciri seperti berikut ini:

  • Bibit durian memiliki daun yang banyak
  • Bibit durian dalam kondisi sehat dan nampak segar
  • Bibit durian bebas dari hama dan penyakit
  • Bibit durian memiliki batang yang kokoh dengan percabangan terdiri dari 2 hingga 4 arah.
  • Terdapat banyak tunas baru pada batang bibit durian

Persiapan Lahan Tanam

  • Bersihkan lahan dari gulma dan tanaman liar yang dapat menghalangi masuknya sinar matahari serta mengganggu pertumbuhan tanaman.
  • Lakukan penggemburan tanah dengan dibajak atau dicangkul. Kemudian biarkan selama 3 hari untuk dianginkan.
  • Buat lubang tanam dengan jarak antar lubang kurang lebih 8 x 8 m dengan tujuan agar tanaman tidak berebut nutrisi di dalam tanah. Selain itu, dengan jarak tanam yang tidak terlalu rapat dapat mencegah tanaman saling menutupi yang membuat sinar matahari susah untuk masuk serta mencegah penyebaran hama dan penyakit kepada tanaman terdekatnya.
  • Masukkan pupuk kandang ke dalam lubang tanam. Masukkan pula tanah bekasĀ  galian lubang tanam namun jangan sampai terlalu penuh. Selanjutnya aduk pupuk kandang beserta tanah bekas galian agar dapat tercamput merata..
  • Diamkan selama 1 minggu agar pupuk dapat terserap oleh tanah serta gas racun tanah memuai oleh sinar matahari dan terbawa angin.

Penanaman Bibit Durian

  • Waktu penanaman bibit durian paling baik adalah pada musim penghujan sehingga tanaman baru mendapat suplay air yang cukup.
  • Masukkan bibit durian ke dalam lubang tanam dengan posisi tegak kemudian tutup kembali dengan tanah hingga batas pangkal batang bibit durian.
  • Setelah selesai penanaman, anda dapat melakukan penyiraman (jika kondisi tanah kering) untuk memenuhi kebutuhan air bagi tanaman durian.
  • Berilah naungan pada bibit untuk menghindari hujan deras dan sengatan matahari langsung. Naungan dapat dibongkar setelah tanaman berumur 3-5 bulan setelah tanam

Perawatan Tanaman Durian

Pengairan Tanaman

Tanaman durian membutuhkan pasokan air yang cukup banyak. Lakukan penyiraman secara rutin hingga tanaman mencapai umur 1 bulan sejak masa tanam, terutama jika penanaman tidak dilakukan pada masa penghujan

Penyiangan Tanaman

Lakukan penyiangan untuk membersihkan rumput atau gulma yang tumbuh di atas tanah di sekitar tanaman.

Pemupukan Susulan

Pemupukan susulan dilakukan untuk menjaga stabilitas kandungan unsur hara tanah bagi nutrisi yang dibutuhkan tanaman. Lakukan pemupukan susulan dengan memberikan pupuk kandang yang sudah matang di sekitar tanaman. Pemupukan susulan berupa pupuk kandang dapat diberikan setahun sekali.

Selain pupuk kandang, anda dapat menambahkan pupuk NPK sebanyak 200 gram per pohon setelah 3 bulan dari masa tanam. Pemupukan NPK dapat dilakukan kembali setiap 4 bulan sekali.

Penjarangan

Penjarangan perlu dilakukan agar dapat memperoleh hasil buah dengan rasa yang nikmat serta mencegah kematian pohon durian akibat jumlah bunga yang dibuahi terlalu banyak. Untuk melakukan penjarangan anda dapat menyemprotkan Auxin A guna mematikan bunga yang belum terbuahi. Sementara bunga yang sudah terbuahi tetap akan berkembang menjadi buah.

Pemangkasan Batang dan Akar

Lakukan pemangkasan batang pada masa awal pohon berbunga agar hasil panen durian dapat semakin maksimal. Selain itu, lakukan pemangkasan pada akar guna menghambat terjadinya pertumbuhan bbibit vegetatif yang tidak diharapkan.

Pengendalian Hama dan Penyakit

Salah satu hama yang menyerang buah durian adalah lebah mini. Untuk mengendalikannya anda dapat menyemprotkan Hostathion 40 EC. Untuk hama dan penyakit lain anda dapat mengendalikan dengan pestisida dan insektisida berdasarkan jenis hama dan penyakitnya.

Panen Durian

Inilah saat yang ditunggu-tunggu, yaitu masa panen durian. Masa panen durian bervariasi tergantung dari jenis varietas yabg anda tanam. Untuk varietas durian lokal biasanya dapat dipanen pada usia tanam 8-10 tahun. Sedangkan untuk varietas montong biasanya sudah dapat dipanen pada usia 3-4 tahun sejak masa tanam.

Ciri durian siap panen:

  • Ujung duri kulit buah berwarna coklat
  • Warna garis di antara duri jelas dan kontras
  • Ruas tangkai membesar
  • Berbau khas aroma durian
  • Terdengar bunyi menggema apabila buah diupukul

Demikian ulasan singkat Cara Menanam Durian Unggul Agar Cepat Berbuah semoga dapat bermanfaat.

Baca Juga

 

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *