13 Jenis Tanaman Hidroponik Paling Mudah Ditanam

Posted on

bertaniorganik.com – Jenis Tanaman Hidroponik – Pada artikel yang lalu kita telah membahas Pengertian Hidroponik, Macam-macam Hidroponik, Serta Keuntungan Bertanam Hidroponik. Nah pada artikel ini kita akan membahas jenis-jenis tanaman hidroponik.

Sebenarnya ada banyak tanaman yang bisa dibudidayakan dengan cara hidroponik, namun pada artikel ini saya hanya akan membahas beberapa jenis tanaman yang menurut saya paling mudah dan paling umum ditanam masyarakat. Karena ada beberapa tanaman hidropnik yang sering diulas para penulis lain yang menurut saya membutuhkan biaya yang tak sedikit terutama bagi para pelaku hidroponik pemula.

13 Jenis Tanaman Sayur dan Buah Hidroponik Yang Mudah Ditanam

  1. Sawi hijau

Sawi merupakan salah satu sayuran hijau yang sudah tidak asing bagi kita. Tanaman sawi tergolong mudah ditanam, tahan terhadap hujan serta bisa tumbuh sepanjang tahun. Tanaman ini juga tergolong sebagai sayuran yang sangat laku dipasaran sehingga banyak petani yang mebudidayakannya.

Nah untuk meningkatkan daya jual sawi, anda bisa menanamnya dengan teknik hidroponik.

2. Kailan

Meskipun memiliki bentuk mirip wawi, namun tanaman Kailan masih kalah populer dengan sawi. Kailan atau sering dikenal dengan sebutan brokoli cina memang bukan tanaman asli Indonesia. Seperti namanya, kalian merupakan tanaman yang berasal dari cina.

Saat ini Kailan merupakan salah satu sayuran hijau yang banyak ditanam dengan sistem hidroponik.

3. Selada hijau

Selada merupakan sayuran yang sering menjadi bahan baku dalam pembuatan salad. Selain itu, selada juga sering dijadikan sebagai lalapan diberbagai rumah makan.

Selada memiliki prospek bisnis yang menjanjikan, karena permintaan pasar akan tanaman ini cukup tinggi. Nah untuk meningkatkan kualitas dan daya jual selada, saat ini selada sering dibudidayakan dengan cara hidroponik.

4. Pakcoy

Pakcoy merupakan tanaman sayuran hijau yang masih berkerabat dengan sawi. Tanaman pakcoy memiliki bentuk mirip sendok sehingga sering disebut sawi sendok. Pokcay banyak digunakan untuk bahan sop atau sebagai garnis makanan.

Tanaman pakcoy saat ini merupakan tanaman sayuran hijau yang sedang populer dan banyak ditanam dengan cara hidroponik.

5. Bayam

Bayam merupakan tanaman yang sangat populer bagi masayrakat Indonesia. Tanaman ini banyak dibudidayakan masyarakat karena tergolong mudah ditanam.

Tanaman bayam dikenal sebagai sayuran hijau yang memiliki kandungan gizi luar biasa terutama vitamin A. Selain itu banyak kandungan gizi yang lain seperti magnesium, kalsium, folat, protein, dan serat.

Saat ini bayam tak hanya dibudidayakan secara konvensional, namun sudah banyak yang membudidayakannya secara hidroponik

6. Kangkung

Kangkung tergolong tanaman yang sangat mudah ditanam dan memiliki masa panen yang singkat. Karena itulah tanaman kangkung sangat populer dan dengan mudah kita jumpai di pasar-pasar.

Selain memiliki masa panen singkat, kangkung juga sangat mudah hidup di air. Karena itu kangkung sangat cocok ditanam dengan cara hidroponik terutama bagi pemula.

7. Brokoli

Brokoli merupakan salah satu jenis sayuran yang mirip dengan kol. Brokoli pada dasarnya merupakan tanaman yang hidup di dataran tinggi antara 800-1000 mdpl.

Namun saaat ini budidaya brokoli sudah banyak dibudidayakan di dataran rendah. Nah cara paling efektif untuk membudidayakan brokoli didataran rendah adalah dengan sistem hidroponik.

8. Tomat

Tanaman berikutnya yang dapat dibudidayakan secara hidroponik adalah tomat. Selain memiliki kandungan gizi yang tinggi, permintaan pasar akan tomat juga cukup tinggi.

9. Cabe

Buah dengan rasa pedas ini merupakan salah satu tanaman yang memiliki harga jual cukup tinggi dan stabil. Sehingga memiliki prospek yang bagus untuk dibudidayakan.

Sayangnya sebagian masyarakat masih takut untuk membudidayakan cabe secara instensif. Hal ini karena tanaman cabe rentan terhadap serangan penyakit, terutama penyakit keriting daun.

Namun saat ini dengan teknik hidroponik, menanam cabe bukanlah sesuatu yang menakutkan.

10. Strawberry

Strawberry dikenal sebagai tanaman buah yang tumbuh subur di dataran tinggi atau lahan bersuhu sejuk.

Namun dengan kemajuan teknologi, tanaman strawberry kini sudah banyak budidayakn di dataran rendah. Nah salah satu metodenya adalah dengan sistem hidroponik.

Dengan hidroponik, tanaman strawberry dapat menghasilkan buah lebih banyak. Hal ini karena dengan hidoponik tanaman strawberry akan menyerap nutrisi lebih banyak. Sehingga pertumbuhan dan perkembangannya lebih maksimal.

11. Terong

Terong merupakan salah satu tanaman sayuran hortikultura yang banyak ditanam masyarakat. Terong biasanya ditanam pada lahan yang sangat luas untuk memperoleh hasil yang melimpah.

Namun dengan perkembangan teknologi pertanian, budidaya terong tidak harus ditanam pada lahan luas. Sekarang sudah banyak petani modern yang menanamnya dengan hidroponik.

12. Paprika

Paprika merupakan tanaman yang masih sejenis dengan cabe. Namun paprika memiliki bentuk lebih bulat dan tidak sepedas cabe pada umumnya yang memiliki bentuk buah panjang dan rasa pedas yang kuat.

Paprika biasanya digunakan untuk bahan masakan berbagai olahan makan khas luar negeri terutama restoran-restoran yang menyediakan menu khas luar negeri. Sama seperti cabe, tanaman paprika juga dapat ditanam dengan cara hidroponik.

13. Seledri

Seledri merupakan tanaman sayur bernilai ekonomi tinggi. Tanaman seledri biasanya digunakan untuk bahan baku bakso atau sup.

Karena memiliki nilai ekonomi yang tinggi tanaman seledri banyak ditanam dengan hidroponik.

Demikian artikel singkat 13 Jenis Tanaman Hidroponik Paling Mudah Ditanam semoga dapat bermanfaat. Sebenarnya ,masih banyak tanaman yang dapat ditanam dengan hidroponik seperti daun bawang, taicim, mentimun, melon, semangka, blueberry, pare, buncis, padi, dll. Nah silakan anda untuk terus bereksperimen dan berinovasi.

Baca Juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *