Mengenal Sejarah dan Asal Usul Bonsai

Posted on

Pengertian dan Sejarah Bonsai

bertaniorganik.com Mendengar kata bonsai, pasti yang terlintas dalam benak anda adalah tanaman berukuran kerdil dengan bentuk yang sangat indah. Ya, bonsai merupakan tanaman yang dikerdilkan di dalam pot dangkal yang bertujuan untuk mendapatkan miniatur dari bentuk pohon besar di alam bebas.

Sebagai tanaman hias, bonsai memiliki nilai seni yang tinggi, karena untuk membuatnya menjadi indah membutuhkan ketelatenan dan waktu serta proses yang cukup panjang.

Bonsai biasanya di tanam pada pot dangkal, namun ada juga yang di tanam pada pot tinggi karena untuk keserasian terhadap bentuk bonsai itu sendiri. Bahkan sesuai perkembangan zaman, kini bonsai tak hanya ditanam di pot namun banyak juga di tanam di tanah dan dipadukan dengan tanamn hias lainnya dalam sebuah taman. Agar terlihat serasi tentu ukuran dan bentuknya disesuaikan dengan kondisi taman yang dibuat.

Sejarah dan Perkembangan Bonsai

Seni tanaman bonsai sebenarnya telah dikenal sejak ratusan tahun lalu di Cina dengan nama penjing atau penzai. Dalam bahasa Tionghoa penjing berarti pemandangan nampan atau penzai berarti tanaman nampan. Penjing atau penzai merupakan seni Cina kuno dalam menanam pohon atau tanaman yang dibuat kerdil dengan teknik pemangkasan untuk menghasilkan bentuk-bentuk yang indah serta tercipta ilusi mengenai usia tanaman.

Seni penjing atau penzai muncul pertama kali di Cina pada masa dinasti Tsin pada tahun 265-420. Kemudian semakin populer pada masa kekuasaan dinasti Tang pada tahun 618-907. Hal ini dibuktikan dari adanya sebuah lukisan di dinding makam putra Kaisar Wu Zetien yang menggambarkan seorang wanita yang sedang membawa pohon berbunga dalam pot dan miniaturisasi dari tanaman atau pemandangan alam.

Penzing dibagi menjadi 3 yaitu penjing pohon (shumu penjing), penjing pemandangan/lanskap (shanshui penjing), dan penjing air dan tanah (shuihan penjing).

Sementara itu, istilah bonsai seperti yang lebih kita kenal sekarang merupakan pelafalan dalam dialek Jepang untuk penzai. Bonsai dalam bahasa jepang berasal dari kata bon yang berarti pot dan sai yang berarti penanaman.

Seni Bonsai mulai dikenal di Jepang pada akhir zaman Heian yaitu sekitar tahun 794 – 1185. Pada mulanya seni bonsai ini hanya disukai oleh kalangan atas, terutama kalangan bangsawan atau pejabat istana. Namun bonsai makin populer di Jepang pada zaman Edo yaitu sekitar tahun 1603 – 1867.

Pameran seni bonsai untuk pertama kalinya diadakan pada tahun 1914 di Tokyo, Jepang. Tujuan dari pameran ini adalah untuk menangkap perhatian masyarakat pada seni mengkerdilkan pohon atau tanaman ini.

Kemudian sejak tahun 1934 hingga sekarang pameran rutin yang diadakan tahunan terus dilaksanakan di museum seni Metropolitan yang mengutamakan hasil bonsai yang terbaik yang pastinya memenuhi syarat keseimbangan dan dengan pameran inilah model tanaman kerdil ini mulai merambah hingga ke penjuru dunia hingga menumbuhkan banyaknya pemiat dan pecinta yang banyak.

Perbedaan Seni Bonsai dan Penjing atau Penzai

Meskipun bonsai dan Penjing memiliki arti yang sama yaitu sebagai cara menanam pohon agar menjadi kerdil, namun keduanya memiliki perbedaan terutama pada tampilan visual yaitu pada bentuknya. Berikut ini beberapa perbedaan antara bonsai dan penjing atau penzai:

Bonsai

  • Bonsai memiliki bentuk-bentuk yang lebih sederhana ( tampak lebih “halus”)
  • Besar dahan melebihi proporsi
  • Bonsai biasanya ditanam dalam pot berbentuk sederhana dengan warna suramĀ  atau warna tanah

Penjing atau Penzai

  • Penjing memiliki desain atau bentuk-bentuk yang lebih liar
  • Penjing dapat ditanam di pot yang memiliki warna cerah atau bentuk-bentuk lain yang lebih kreatif

Saat ini seni bonsai sudah digemari oleh masyarakat di seluruh dunia. Bahkan bagi masyarakat di luar Asia antara istilah bonsai dengan penjing hampir tak ada perbedaan. Penggemar bonsai sering mengaburkan perbedaan keduanya dengan tujuan untuk mengeksplorasi potensi tumbuhan dan bahan-bahan pot serta ingin terbebas dari pakem-pakem tradisional.

Demikian artikel Mengenal Sejarah dan Asal Usul Bonsai nantikan artikel tentang bonsai berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *