Ini Dia Cara Lengkap Ternak Kalajengking Bagi Pemula

Posted on

bertaniorganik.com – cara ternak kalajengking – Belum lama ini publik dihebohkan dengan pidato presiden RI di salah satu acara. Pasalnya, dalam pidato tersebut Presiden mengatakan kalau ingin cepat kaya carilah racun kalajengking.

Nah masih berkaitan dengan momen di atas, pada artikel kali ini saya ingin membahas cara lengkap beternak kalajengking mudah bagi pemula.

Cara Memelihara Kalajengking

  1. Bagi anda yang ingin memulai ternak kalajengking, sebaiknya pilihlah kalajengking berjenis Scorpion kaisar (Pandinus imperator). Kalajengking jenis ini memiliki ciri tubuh besar, cenderung tenang, bersih, sangat mudah untuk dirawat dan lebih jinak dibanding jenis lain. Sengat dari kalajengking jenis ini tidak terlalu sakit, mungkin mirip-mirip disengat lebah.
  2. Sediakan wadah budidaya berupa akuarium atau kontainer ukuran sedang yang ada tutupnya.
  3. Letakkan wadah budidaya pada tempat yang aman dan jauh dari jangkauan anak-anak. Selain itu, jangan meletakkan wadah ditempat yang terkena cahaya matahari langsung maupun sinar lampu yang terang, karena kalajengking tergolong hewan nocturnal.
  4. Pada bagian alasnya masukkan serbuk cocopeat (serbuk sabut kelapa) atau bisa juga menggunakan serbuk kayu. Tujuannya adalah untuk menjaga kelembaban.
  5. Sediakan juga tempat persembunyian, karena kalajngking di habitat aslinya sering bersembunyi. Tempat persembunyian dapat dibuat dari kayu-kayuan, atau daun daunan kering.
  6. Letakkan juga tempat air untuk ia berendam dan minum. Usahakan tempat air tidak terlalu dalam agar ia tak tenggelam. Selain itu, anda juga bisa meletakkan batu pada wadah minumnya.
  7. Jangan lupa untuk mengganti air minum secara rutin dua hari sekali agar kalajengking selalu mendapat air bersih dan ia senantiasa sehat.
  8. Makanan kalajengking adalah serangga yang memiliki ukuran tubuh lebih kecil darinya. misalnya jangkrik, belatung, belalalang, ngengat dll. Untuk kalajengking dewasa, anda juga dapat memberi makan berupa anak tikus yang masih merah, cicak, ulat kandang, ulat hongkong dll.
  9. Waktu pemberian makan adalah di sore hari karena Kalajengking adalah mahluk nocturnal, hewan aktif dimalam hari.
  10. Cara memegang kalajengking dengan mengangkat secara perlahan lahan dari belakang dibawah sengatnya dan langsung letakan di tangan, Kalajengking tidak akan menyengat dan mencapit kalau sudah ditangan, karena dia menganggap tangan adalah pijakan atau tanah. Dan jangan menyentuh punggungnya ya

Demikian artikel Cara Lengkap Ternak Kalajengking Bagi Pemula semoga bermanfaat.

Note: Panduan ternak kalajengking ini bukan dimaksudkan sebagai budidaya untuk diperas racunnya, namun hanya sebagai hewan peliharaan saja bagi para pehobi , seperti halnya memelihara kucing, anjing, kelinci dll.

Sumber: qubicle.id, infohewan.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *