Cara Menanam Bunga Mawar Potong di Pot Dengan Stek Batang

Posted on

 

Tanaman Bunga Mawar

bertaniorganik.com – cara menanam mawar – Bunga mawar merupakan salah satu bunga hias yang banyak diminati oleh masyarakat. Selain memiliki warna yang beragam, bunga mawar juga memiliki bau yang harum. Sehingga tak heran bunga mawar ampai saat ini masih menjadi lambang cinta laki-laki kepada kaum hawa.

Bunga mawar memiliki banyak warna, seperti merah, putih, kuning, merah muda, orange, ungu, marun, hitam, pelangi dll. Bunga mawar pelangi merupakan tanaman mawar yang paling banyak dicari saat ini. Namun bagi anda yang mungkin juga sedang mencari tanaman mawar pelangi, mawar pelangi bukanlah sesuatu yang tumbuh alami melainkan hasil dari pewarnaan osmosis.

Selain warna-warna cantik di atas, tanaman mawar juga memiliki warna lain dengan motif menarik yang tumbuh alami seperti mawar batik kuning, mawar batik orange, dan mawar batik pink. Ketiga mawar ini memiliki ciri batang yang tidak berduri seperti mawar hitam dan mawar merah tanpa duri.

Bunga mawar selain memiliki warna yang beragam, juga memiliki aroma unik. Karena ternyata tidak semua mawar memiliki bau yang wangi. Jenis mawar ungu merupakan mawar yang paling wangi. Sedangkan mawar warna ungu pucat tidak memiliki wangi sama sekali.

Cara Menanam Mawar di Pot Dengan Stek Batang

Menanam mawar di pot pada dasarnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menanam mawar dari biji dan menanam mawar dari batang dengan cara distek. Namun cara paling mudah adalah dengan cara stek batang. Sebab dengan cara ini tanaman mawar akan lebih cepat tumbuh dari ketiak-ketiak ruas batang. Sedangkan menanam dari biji membutuhkan waktu minimal 60 hari sampai biji berkecambah.

Sebelum menanam mawar, terlebih dahulu siapkan alat dan bahannya.

Alat dan bahan

  • Tanaman mawar yang akan distek
  • Satu toples air
  • Pisau atau gunting tanaman
  • Pot atau polybag
  • Media tanam mawar berupa tanah, pupuk kandang, kompos
  • Pensil atau ranting pohon
  • ZPT (opsional)

Langkah-langkah Penanaman

  • Siapkan tanaman mawar yang akan dipotong untuk pembibitan bunga mawar.
  • Siapkan media tanam mawar berupa tanah, pupuk kandang, dan arang sekam dengan perbandingan 1:1:1.
  • Masukkan media tanam tersebut ke dalam pot atau polybag yang telah disiapkan. Kemudian diamkan selama kurang lebih 10-15 hari.
  • Potong batang mawar yang akan distek sepanjang 15-20 cm menggunakan pisau tajam atau gunting tanaman.
  • Masukkan batang mawar yang telah distek ke dalam air agar mawar tetap segar hingga proses penanaman.
  • Buat lubang tanam pada media tanam menggunakan pensil atau ranting pohon. Kedalaman lubang tanam kira-kira setengah dari tinggi batang mawar yang akan di tanam.
  • Gunting daun-daun yang berada di bagian bawah batang kemudian tancapkan batang mawar ke dalam lubang.
  • Anda juga dapat menambahkan ZPT atau hormon penumbuh akar pada dasar batang atau pada lubang tanah untuk mempercepat pertumbuhan akar
  • Lakukan perawatan dengan menyiram secara rutin menggunakan sprayer sampai tunas daun baru tumbuh. Jika sudah ada terlihat tunas daun baru yang tumbuh berarti cara menanam stek batang mawar anda sudah benar dan pastinya batang tersebut sudah berakar di bawahnya.

Cara Menanam Mawar Dengan Kentang

Menanam mawar dengan cara di atas sering disebut dengan cara konvensional. Saat ini banyak orang yang menanam mawar dengan cara lain, yaitu dengan cara menancapkan stek batang mawar pada umbi kentang.

Kenapa menggunakan kentang? Karena kentang mengandung kadar air yang pas yang dapat menyokong pertumbuhan akar dengan prima pada pangkal batang mawar yang ditancapkan di dalamnya.

Jika batang mawar yang anda tancapkan di kentang tumbuh tunas daun baru, artinya anda sukses. Selanjutnya anda tinggal menanam batang mawar beserta umbi kentang ke media tanam mawar yang telah disiapkan.

Cara Merawat Bunga Mawar Agar Cepat Berbunga

Agar tanaman mawar dapat tumbuh optimal dan cepat berbunga anda harus melakukan perawatan secara rutin. Perawatan bunga mawar meliputi penyiangan, penyiraman air secara teratur, dan pemupukan.

Lakukan penyiraman secara rutin 1 atau 2 hari sekali tergantung kondisi media tanam. Sebaiknya jangan menyiram secara berlebihan, agar akar tanaman tidak membusuk akibat media tanam yang terlalu becek.

Agar tanaman mawar dapat tumbuh subur, unsur hara pada tanaman harus terpenuhi. Berikan pupuk kandang dengan cara mencampurnya pada media tanam sebelum mawar ditanam. Selain itu berikan pupuk NPK dengan cara melarutkan 1 sendok pupuk NPK dengan 5 liter air. Kemudian kocorkan 200ml pupuk ke setiap tanaman dengan cara mengocorkannya ke media tanam dengan jarak 5 cm dari pangkal batang. Lakukan pemupukan setiap 15-20 hari sekali.

Anda juga dapat memanfaatkan limbah dapur seperti air cucian beras dan ampas teh sebagai pupuk organik. Ampas teh yang sudah dingin dapat anda taburkan disekitar tanaman mawar. Sedangkan air cucian beras dapat anda aplikasikan dengan penyiraman atau penyemprotan ke daun tanaman.

Tips Rahasia Untuk Menanam Bunga Mawar

Berikut ini adalah tips-tips tambahan agar teknik penanaman mawar Anda berhasil:

  • Stek batang sebaiknya dilakukan pada pagi hari agar tanaman masih segar
  • Sebaiknya gunakanlah pisau atau gunting yang steril. Cara mensterilkan pisau atau gunting dapat menggunakan alkohol
  • Agar stek batang mawar dapat berhasil, media tanam harus gembur dan saat penyiraman, air tidak boleh menggenangi pot.
    Letakkan tanaman di tempat yang terkena cahaya matahari. Namun bukan sinar matahari secara langsung.
  • Pada saat melakukan penanaman dengan stek batang, lebih baik menggunakan pot yang kecil terlebih dahulu, kemudian dapat di pindah ke pot yang lebih besar setelah stek mawar tumbuh dengan sempurna.

Demikian Cara Menanam Bunga Mawar Potong di Pot Dengan Stek Batang semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan.

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya:

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *