Pengertian Tanaman Hortikultura, Jenis dan Ciri-cirinya Lengkap

Pengertian Tanaman Hortikultura

bertaniorganik.com Mungkin anda pernah mendengar istilah tanaman hortikultura. Apa sih tanaman hortikultura? Dan apa saja jenis tanaman hortikultura?

Hortikultura secara bahasa berasal dari bahasa latin hortus (tanaman kebun) dan cultura/colere (budidaya). Sehingga tanaman hortikultura berarti tanaman yang dibudidayakan di kebun atau di sekitar rumah.

Seiring berjalannya waktu, istilah tanaman hortikultura mengalami perkembangan makna. Istilah tanaman hortikultura tidak hanya untuk budidaya di kebun namun juga meliputi segala jenis tanaman yang dibudidayakan.

Proses hortikultura  meliputi pembibitan, kultur jaringan, panen, pengemasan dan distribusi.

Hortikultura sebagai cabang dari agronomi saat ini menjadi salah satu metode yang digunakan dalam proses budidaya pertanian modern.

Ciri-ciri Tanaman Hortikultura

Pada umumnya tanaman hortikultura memiliki ciri khas sebagai berikut:

  • Bersifat perisabel atau tidak tahan lama karena mudah rusak atau membusuk.
  • Memerlukan tempat luas sebagai media tanam
  • Wilayah tanamnya spesifik di daerah tertentu, biasanya menonjol menghasilkan buah tertentu
  • Masa panennya musiman, tidak sepanjang tahun.
  • Naik turun harganya tidak stabil tergantung melimpah tidaknya hasil panen.

Jenis-jenis Tanaman Hortikultura

  1. Tanaman sayur  (olerikultura)

Tanaman sayur merupakan jenis tanaman yang mudah kita jumpai di sekitar kita. Karena termasuk salah satu bahan untuk membuat sayur atau lauk pauk. Tanaman sayur dibagi 2 yaitu:

  • Tanaman sayur musiman, yaitu tanaman yang hanya tumbuh pada musimnya saja dan tidak dapat bertahan atau tumbuh sepanjang tahun. Tanaman sayur musiman memiliki siklus hidup yang pendek. Contoh tanaman sayur musiman banyak sekali seperti bayam, kubis, kangkung, wortel, bawang putih, bawang merah, kentang, bawang daun, kembang kol, sawi, lobak, cabe besar, cabe merah, cabe rawit, kacang merah, kacang panjang, tomat, jamur, paprika, buncis, terong, tomat, labu siam dan ketimun.
  • Tanaman sayur tahunan, adalah tanaman sayuran yang dapat tumbuh atau bertahan hidup sepanjang tahun. Contohnya petai, jengkol, dan melinjo.

Baca: Kiat Sukses Budidaya Timun Hibrida Berbuah Lebat [35 Hari Panen]

2. Tanaman buah (frutikultur)

Tanaman buah ada yang musiman dan ada juga yang tahunan. Tanaman buah yang musiman contohnya semangka, jeruk, rambutan, stroberi, melon. Tanaman buah tahunan contohnya  pisang, nanas, salak, nangka, sawo, belimbing, dan mangga.

Baca: PANDUAN LENGKAP Budidaya Pisang Agar Cepat Berbuah Maksimal

3. Tanaman bunga (florikultura)

Tanaman bunga merupakan tanaman yang biasanya dijadikan sebagai tanaman hias. Tanaman bunga selain sebagai penghias di pekarangan rumah juga dapat menjadi komoditi yang bernilai jual, misalnya: anggrek bulan, bunga tulip, bunga melati, anturium atau kuping gajah, anyelir, anturium daun, sansivera, pakis, cordyline, euphorbia, adenium, aglaonema, bunga sedap malam, mawar, krisan, helicona, garbera, gladiol, mostera, philodendron, dan ixora.

Baca:Cara Budidaya Anggrek Dalam Pot Dengan Mudah Bagi Pemula

4. Tanaman obat (biofarmaka)

Tanaman obat atau sering disebut tanaman toga (tanaman obat keluarga) dapat dibagi 2 yaitu:

  • Biofarma rimpang merupakan tanaman obat yang memanfaatkan bagian rimpangnya sebagai bahan obat, untuk kesehatan dan kosmetik. Contohnya, jahe, kencur, kunyit, lengkuas, temu ireng, dlingo, temulawak, lempuyang, dan temu kunci .
  • Biofarma non rimpang merupakan tanaman obat yang tidak memiliki rimpang. Pemanfaatannya sebagai bahan obat biasanya berasal dari bunga, buah, daun, akar maupun batang. Contoh tanaman biofarmaka non rimpang adalah kumis kucing, lidah buaya, sambiloto, mahkota dewa, mengkudu, kejibeling, kulit manggis, mahoni, kayu manis, jeruk nipis, seledri, brotowali, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Baca: Cara Menanam Jahe Merah Dengan Metode Vertikultur di Polybag atau Karung

Peran Tanaman Holtikultura

Dalam kehidupan sehari-hari, tanaman hortikultura memiliki peranan yang sangat vital ditengah kehidupan masyarakat. Beberapa peranan tanaman hortikultura diantaranya

  1. Memperbaiki dan Meningkatkan Gizi
  2. Mempercantik Lingkungan Sekitar
  3. Memperluas kesempatan Kerja
  4. Meningkatkan Pendapatan Petani
  5. Memperbesar Devisa Negara

Demikian Pengertian Tanaman Hortikultura, Jenis dan Ciri-cirinya Lengkap semoga dapat bermanfaat.

Artikel Menarik Lain