Sampah Organik dan Anorganik, Pengertian dan Contohnya

Posted on

Pengertian Sampah Organik dan Anorganik Menurut Para Ahli

bertaniorganik.com Pengertian sampah organik. Sampah organik adalah sampah yang berasal dari sisa-sisa makhluk hidup seperti tanaman dan hewan serta berbagai macam hasil olahannya yang kemudian dibuang dan dapat membusuk atau terurai secara alami dan cepat oleh bakteri tanpa perlu bantuan bahan kimia apapun dalam penguraiannya.

sumber: www.farm4.static.flickr.com

Sampah organik bersifat ramah lingkungan dan biasanya dapat dimanfaatkan kembali dengan melakukan pengolahan dan pemanfaatan yang tepat, seperti untuk membuat kompos dan berbagai macam pakan ternak.

Sampah organik, meskipun ramah lingkungan dan tidak berbahaya, namun jika tidak dilakukan pengolahan dengan tepat, maka dapat menimbulkan dampak lain atau muncul masalah di dalam kehidupan manusia. Hal ini karena sampah organik adalah jenis sampah yang cepat mengalami pembusukan. Proses pembusukannya yang tergolong cepat inilah yang kemudian dapat menimbulkan berbagai macam penyakit dan bakteri, jika tidak memilki sistem pengolahan sampah yang baik bagi lingkungan.

Sampah organik dapat ditemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari hari. Contohnya: kotoran hewan, kotoran manusia, sisa pengolahan makanan, sisa tanaman/sayuran, dll.

Pengertian sampah anorganik. Sampah anorganik adalah sampah atau limbah yang dihasilkan dari berbagai macam proses, yang tidak bisa terurai oleh bakteri secara alami dan biasanya membutuhkan waktu yang sangat lama dalam proses penguraiannya.

Sampah anorganik membutuhkan waktu yang sangat lama untuk bisa terurai, bahkan dapat mencapai ratusan hingga ribuan tahun. Oleh karena itu, sampah anorganik menjadi salah satu masalah terbesar yang ditemukan dalam kehidupan manusia, dimana sampah ini telah berakibat atau berdampak uruk bagi kehidupan manusia. Ada banyak sekali contoh sampah anorganik yang dapat kita jumpai dis ekitar kita. Misal, sampah plastik, kaca kaleng, besi, dll.

Demikian penjelasan singkat mengenai pengertian sampah organik dan anorganik beserta contohnya semoga bermanfaat.

 

BACA JUGA

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *