Penyebab Pleci Mengangkat Kakinya Saat Lomba dan Cara Tepat mengatasinya

Posted on

Pleci Angkat Kaki Sebelah Saat Lomba

bertaniorganik.com – Bagi anda pecinta burung pleci, mungkin anda pernah mengalami atau melihat pleci mengangkat salah satu kakinya ketika sedang berbunyi atau dilombakan. Nah kalau pleci sudah mengalami hal tersebut ketika lomba, maka nilai penampilannya akan berkurang dan dapat dipastikan pleci tidak akan mendapatkan juara 1. Padahal saat itu pleci sedang berbunyi bagus bagusnya.

Berdiri dengan mengangkat sebelah kaki merupakan salah satu kebiasaan unik burung. Dan sebenarnya bukan msalah serius yang perlu dikhawatirkan. Burung yang mengangkat salah satu kakinya ketika sedang berbunyi merupakan salah satu cara untuk meminimalisasi kehilangan panas tubuh. Dalam bahasa ilmiah kondisi seperti ini sering disebut rete mirabile birds.

Ketika burung mengangkat salah satu kakinya dan menempel pada bagian tubuh lainnya maka pembuluh arteri yang membawa darah hangat ke kaki akan berhubungan dengan pembuluh darah yang membawa darah dingin ke jantungnya. Sehingga akan menghangatkan pembuluh darah.

Namun, jika burung mengangkat sebelah kakinya seharian atau ketika sedang berbunyi, terutama burung yang kerap diperlombakan. Kondisi seperti ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut dan harus segera ditangani.

Nah sebelum melakukan penanganan, ada baiknya ketahui dulu penyebab burung pleci sering mngangkat sebelah kakinya.

Penyebab dan Cara Mengatasi Pleci Angkat Kaki

  • Tenggeran/ tangkringan tidak nyaman

Tenggeran/ tangkringan yang tidak nyaman dapat berpengaruh terhadap kesuksesan burung saat dilombakan. Tangkringan yang terlalu kecil atau terlalu besar dapat membuat kaki burung merasa tidak nyaman mencengkeram. Sehingga membuat burung sering mengangkat kakinya. Begitupun jika tekstur kayu tenggeran terlalu licin atau sebaliknya terlalu kasar.

Untuk mengatasinya, pastikan diameter tenggeran sesuai dengan kaki burung. Serta teksturnya tidak terlalu licin atau terlalu kasar. Tangkringan yang sering dipakai para master biasanya terbuat dari kayu asem atau bambu jepang.

Jika pleci masih sering mengangkat kakinya, tenggeran bisa diganti dengan tenggeran berbahan pasir yang mudah dibeli di toko perlengkapan burung. Sebelum tenggeran digunakan, sebaiknya tenggeran disemprot dulu dengan air.

  • Kaki burung cedera atau luka

Burung yang mengangkat salah satu kakinya juga bisa disebabkan oleh kakinya yang mungkin saja cedera, terluka atau terkilir. Penyebab cedera bisa karena tekstur tenggeran yang terlalu kasar atau tajam, kuku atau kaki burung tersangkut jeruji, sangkar terjatuh, atau diserang hewan lain seperti kucing.

Maka, amatilah burung anda apakah terdapat luka atau cedera pada kakinya. Jika ditemukan luka, memar, atau terkilir segera lakukan pengobatan.

  • Burung dalam kondisi kurang fit

Kondisi burung yang tidak fit atau sedang sakit menjadi salah satu penyebab burung sering mengangkat salah satu kakinya, terutama ketika sedang dilombakan. Kondisi burung yang sedang tidak fit bisa disebabkan oleh cuaca, kekurangan nutrisi, gangguan kesehatan (sakit), dsb.

Cara penanganannya adalah dengan merubah pola perawatan harian. Jika tadinya burung jarang dimandikan, maka burung harus lebih sering dimandikan terutama ketika cuaca sedang terik. Selain itu, jaga asupan nutrisi pleci dengan memberikan buah-buahan secara rutin dan bervariasi. Berikan juga serangga sebagai makanan tinggi protein seperti ulat hongkong.

  • Burung pleci tidak pernah dijemur atau diumbar

Burung yang tidak pernah dijemur menyebabkan suhu tubuhnya menurun sehingga burung akan sering mengangkat kakinya. Oleh karena itu lakukan penjemuran secara rutin untuk menjaga suhu tubuhnya agar tetap hangat, dan burung dapat bergerak secara aktif dan lincah.

Demikian informasi mengenai Penyebab Pleci Mengangkat Kakinya Saat Lomba dan Cara Mengatasinya. Semoga dapat bermanfaat.

BACA JUGA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *