Bunga Srikaya Jumbo Mudah Rontok, Begini Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Bunga Srikaya Jumbo Mudah Rontok

bertaniorganik.comCara Mengatasi Bunga Srikaya Jumbo Mudah Rontok – Pada tanaman srikaya, pemangkasan berperan penting agar tanaman dapat memiliki buah yang lebat. Dengan pemangkasan rutin, tanaman srikaya akan memiliki banyak cabang. Jika cabang lebih banyak maka bunga pun akan muncul berlipat.

Namun permasalahan sering muncul manakala bunga yang mulai bermunculan kemudian banyak yang kering dan rontok. Padahal bunga srikaya sudah banyak yang mekar. Tentu saja hal itu membuat kita frustasi, patah hati, bunga yang digadang-gadang akan banyak menjadi buah harus banyak yang rontok. Lalu bagaimana cara untuk mengatasinya?

Berikut ini cara mengatasi bunga srikaya jumbo mudah rontok yang sudah banyak dilakukan oleh para petani dan pehobi tanaman srikaya.

  • Berikan Unsur K

Saat bunga srikaya mulai muncul, tanaman srikaya membutuhkan pupuk dengan kandungan K yang lebih tinggi. Untuk itu sebaiknya berikan pupuk NPK yang memiliki kandungan N 15%, P 10%, K 32%. Pasa saat masa pembuahan, unsur P dan K sangat diperlukan agar buah terbentuk dengan sempurna.

  • Tambahkan Unsur Mikro

Agar nutrisi tanaman srikaya tetap tercukupi, tambahkan pula pupuk yang mengandung unsur mikro seperti Mn, Zn, Cu, Bo, Fe, dsb. Unsur-unsur ini biasanya terdapat pada pupuk NPK cair. Atau contoh pupuk yang mengandung unsur mikro seperti NPK AG Blue.

  • Tambahkan Magnesium Oksida

Berikan juga pupuk tunggal yang hanya mengandung MgO (Magnesium Oksida). Unsur Mg sangat berpengaruh terhadap pembentukan klorofil tanaman, sehingga proses fotosintesis berjalan optimal. selain itu unsur Mg berfungsi juga sebagai katalisator penyerapan unsur P dan K

Cara Aplikasi

  • Pemberian pupuk di atas dapat dilakukan dengan cara ditabur atau dikocorkan di sekitar tanaman. Sebelum pupuk diaplikasikan, larutkan dulu ke dalam air dengan dosis 1 sendok teh Mg dan 1 sendok makan NPK yang mengandung unsur mikro ke dalam 3-5 liter air.
  • Karena sifat pupuk yang mudah larut air, pemberian pupuk ke tanaman srikaya bisa ditaburkan setelah itu disiram air.
  • Ulangi aplikasi 2 minggu kemudian dengan dosis yang sama. Dengan cara di atas buah pentil dalam pot ukuran 60 cm dapat muncul sekitar 50 buah.
  • Lakukan seleksi dan penjarangan terhadap bakal buah. Buang bunga pentil yang tidak normal dan pertahankan buah pentil yang berada pada batang yang lebih besar dan berbentuk normal.
  • Segera lakukan pembungkusan pentil buah agar terhindar dari serangan ulat, lalat dan hama lain. Jika memasuki musim hujan, untuk menghindari serangan lalat buah dapat digunakan petrogenol.

Demikian Cara Mengatasi Bunga Srikaya Jumbo Mudah Rontok semoga berhasil.