Penyebab Bulu Kambing Rontok, Cara Pencegahan dan Pengobatannya

Faktor Penyebab Bulu Rontok Pada Kambing

bertaniorganik.com – Penyebab Bulu Kambing Rontok, Cara Pencegahan dan Pengobatannya – Salah satu permasalahan yang sering dihadapi para peternak kambing ialah terjadinya kerontokan pada bulu-bulu kambing mereka. Bagi sebagian peternak merasa kesulitan dalam mengatasi masalah rontok bulu kambing ini. Kerontokan bulu kambing ini dapat menjadi permasalahan yang serius jika tidak segera di atasi. Karena dapat mengakibatkan penurunan tingkat produktivitas, baik produktivitas susu, daging, bahkan dapat mengakibatkan kematian kambing secara tiba tiba.

Dalam menghadapi kasus tersebut ada baiknya peternak faham seluk beluk penyebab rontok bulu kambing tersebut. Sehingga peternak dapat mengatasi dan mengobati bulu rontok secara efektif sesuai faktor penyebabnya.

Berikut ini faktor penyebab bulu rontok pada kambing :

  • Bulu Kambing Rontok Akibat Serangan Parasit dan Jamur

Parasit pada kambing berupa cacing jenis pemotong (Haemonchus contortus). Cacing ini tinggal pada daerah tubuh yang berbulu lebat. Parasit lain adalah Mange (Sarcoptes scabei) yaitu kutu yang hidup pada kulit hewan. Selain itu rontok bulu juga disebabkan oleh kurap yaitu jamur yang tumbuh pada kulit kambing yang menyebabkan bulu bisa putus di atas kulit. Serangan parasit dan jamur pada kambing dapat menular melalui makanan yang terkontaminasi, air susu induk, maupun bersentuhan dengan hewan atau kambing lain.

  • Bulu Kambing Rontok Karena Hormon

Kondisi hormon kambing yang tidak stabil seperti saat hamil atau setelah melahirkan dapat menyebabkan terjadinya kerontokan bulu. Selain itu kambing jantan yang dikebiri (dihilangkan kelaminnya) juga dapat menyebabkan kerontokan bulu akibat hilangnya hormon.

  • Rontoknya Bulu Kambing Karena Trauma dan Stres

Kambing atau domba yang stres karena cedera fisik, penyesuaian tempat yang baru, atau juga karena perjalanan yang jauh biasanya akan menggosokkan badanya pada dinding kandang atau benda sehingga menyebabkan bulunya rontok.

  • Penyebab Bulu Kambing Rontok Karena Kekurangan Vitamin dan Mineral

Kerontokan bulu pada kambing juga dapat disebabkan oleh kekurangan zat seng, vitamin A, yodium, atau kekurangan selenium.

  • Penyebab bulu kambing rontok juga bisa karena perubahan suhu lingkungan dan perubahan cuaca.

Cara Mengatasi Rontok Bulu Pada Kambing

  • Pisahkanlah kambing yang mengalami kerontokan kemudian taruh pada kandang tertentu.
  • Bulu kambing yang rontok karena mengalami stress dapat diatasi dengan membuat jamu berupa gula merah 1/4 kg yang dicampur dengan asam jawa secukupnya. Jamu tersebut kemudian diminumkan pada kambing 1 kali dalam seminggu. Atau bisa juga diberikan madu 1/4 sendok yang dicampur dengan kuning telur kampung 1 butir dan diminumkan satu kali dalam seminggu.
  • Jika bulu rontok karena kurang vitamin bisa diatasi dengan menyuntikan neurobion atau vitamin B komplek.
  • Jika bulu rontok karena jamur atau parasit bisa diatasi dengan pemberian obat antiseptik, memandikannya dengan sabun yang mengandung antiseptik. Kemudian setiap 2 hari sekali digosokan berupa campuran belerang, kunyit, dan minyak kelapa yang sudah dipanaskan.
  • Atau bisa juga dioles oli bekas dan obat salep pada daerah yang terkena jamur atau parasit.
  • Lakukan perawatan ternak kambing dengan baik dan benar dengan menjaga kebersihan kandang, tempat pakan, pergantian air, dan pemberian pakan dengan nutrisi tinggi.

Demikian informasi mengenai Penyebab Bulu Kambing Rontok, Cara Pencegahan dan Pengobatannya semoga bermanfaat.

BACA JUGA

Membuat Pakan Fermentasi Jerami Untuk Ternak Kambing Dengan SOC

Langkah langkah Membuat Pakan Kambing Fermentasi Komplit Bernutrisi Tinggi

Cara Mengobati Penyakit Cacingan Pada Kambing

AMPUH Cara Mengobati Penyakit Gudik (Kudis) Pada Kambing Menggunakan Ekstrak Daun Gamal