[Tips Para Master] Cara Cepat Menurunkan Birahi Lovebird Yang Over Dengan Terapi

Ciri-ciri Lovebird Mengalami Overbirahi

bertaniorganik.com – Cara Cepat Menurunkan Birahi Lovebird Yang Over Dengan Terapi – Over birahi pada lovebird merupakan kondisi dimana lovebird mengalami peningkatan libido secara berlebihan. Overbirahi dapat terjadi pada semua jenis burung termasuk lovebird. Gangguan hormonal ini juga dapat terjadi kapan saja tanpa peduli apakah lovebird rumahan, lovebird kontes, maupun lovebird yang ada di penangkaran. Bahkan lovebird para jawara pun tak luput dari gangguan ini.

Bagi lovebird yang siap untuk dikonteskan, kondisi ini tentu sangat merugikan karena burung menjadi tidak maksimal untuk tampil dalam berbagai event kontes. Ibarat manusia, yang ada dipikiran burung saat itu hanyalah nafsu untuk melakukan perkawinan.

Lovebird yang mengalami over birahi dapat kita ketahui dari ciri-ciri berikut:

  • Burung sering menggesek –gesekan bagian anusnya pada tangkringan dan terlihat seperti mengawini pangkringan
  • Burung sering mencabuti bulu–bulunya sendiri, terutama pada bagian dada, yang bisa mengakibatkan kerusakan.
  • Burung lebih agresif dan galak serta bertingkah aneh tidak seperti biasanya.
  • Apabila Over Birahi menyerang pada burung yang sedang meloloh maka burung tersebut mengacuhkan anak–anaknya / tidak mau meloloh.
  • Burung mengalami macet bunyi / sama sekali tidak berbunyi.
  • Bagi lovebird jantan suka kelabakan jika mendengar suara lovebird yang lain (betina) dan selalu membalasnya dengan menyautinya kembali.
  • Lovebird betina terlihat ingin keluar dari kandang dengan kemungkinan ingin bertemu jantan

Lalu bagaimana cara terbaik mengatasi lovebird yang terlanjur over birahi?

Cara Menurunkan Lovebird Yang Overbirahi

Seperti kita bahas diatas, overbirahi dapat menyerang semua burung tak terkecuali lovebird sekalipun. Maka untuk mengatasinya perlu disesuaikan dengan karakter masing-masing burung tersebut. Khusus untuk lovebird yang mengalami overbirahi, admin berhasil merangkum beberapa cara yang telah dibuktikan jitu oleh para jawara untuk mengatasi overbirahi.

  • Mandikan burung pada pagi hari. Mandi untuk burung, selain berfungsi untuk membersihkan tubuh maupun bulu, juga memiliki manfaat lain yaitu mengatur birahi burung. Waktu yang terbaik untuk memandikan burung yaitu pagi hari sebelum matahri terbit. Selama burung terkena OB, sebaiknya durasi mandi lebih ditingkatkan, misal kalau biasanya durasi mandi berkisar 15 menit bisa ditingkatkan menjadi 30 menit.
  • Lakukan penjemuran secara teratur. Setelah burung dimandikan, masukkan burung ke dalam kandang umbaran kemudian dijemur. Penjemuran pada pagi hari sangat disukai oleh semua jenis burung berkicau. Udara segar dan bebas dari polusi dipagi hari sangat baik untuk pernapasan burung. Penjemuran sebaiknya jangan terlalu lama, cukup 1 jam saja.
  • Tempatkan burung di tempat teduh. Setelah proses penjemuran selesai , pindahkan kandang umbaran ke tempat yang teduh. Biarkan burung tertap dalam kandang umbaran.
  • Atur pola makan. Selama proses terapi, burung cukup diberi makan berupa millet putih. Pemberian pakan berupa kangkung, jagung muda maupun kwaci sebaiknya dikurangi. Jika ingin diberikan, pemberiannya cukup sekali saja dalam satu minggu . Untuk menjaga kebugaran tubuhnya, berikan Multivitamin Ebod Vit dengan takaran 3 tetes untuk 1 cepuk air minum. Lakukan penggantian air minum setiap hari untuk menjaga kualitasnya dan usahakan tidak terkena sinar matahari secara langsung.
  • Setelah sore hari, masukkan kembali burung kedalam sangkar harian dan tutup dengan kerodong sampai pagi hari.
  • Lakukan tahapan-tahapan terapi tersebut secara konsisten selama 2 bulan.

Demikian Cara Cepat Menurunkan Birahi Lovebird Yang Over Dari Para Master semoga bermanfaat.

BACA JUGA