Jenis jenis Lovebird Parblue di Indonesia Beserta Kisaran Harganya Saat Ini

Asal Muasal Lovebird Parblue dan Ciri-cirinya

bertaniorganik.com -Jenis jenis Lovebird di Indonesia Beserta Kisaran Harganya Saat Ini – Lovebird parblue merupakan jenis lovebird yang saat ini masih menjadi buah bibir dikalangan pecinta lovebird tanah air. Hal ini karena di Indonesia lovebird jenis ini keberadaannya masih sangat terbatas, selain karena penangkarnya yang kurang, juga karena hasil impornya yang tentu saja terbatas jumlahnya. Sehingga banyak dari kalangan lovebird mania yang ingin mengoleksinya, baik sebagai burung hias maupun untuk ditangkarkan/ diternak.

Sebenarnya, lovebird parblue merupakan nama lain dari yellow face, yaitu jenis mutasi baru yang belakangan ini semakin banyak menghasilkan varian-varian baru. Maka sesuai dengan indukannya, lovebird ini memilki muka berwarna kuning atau kuning keputihan.

Sedangkan nama parblue sendiri berasal dari kata partial dan blue yang berarti sebagian biru. Hal ini karena adanya warna biru pada beberapa bagian tubuh selain muka, meski tidak dominan atau hanya sebagian saja.

Yang menarik dari lovebird parblue adalah, paruhnya yang umumnya berwarna kuning. Tidak merah seperti jenis green series atau putih seperti golongan blue series. Meskipun pada beberapa jenis lovebird blue series saat masih anakan, paruhnya berwarna putih namun kemudian berubah kuning saat dewasa.

Lovebird parblue merupakan jenis lovebird yang awalnya ditemukan oleh Felix del Valle, penangkar asal Florida, AS pada tahun 2001. Karena keunikan dan kecantikannya, sejak saat itu lovebird parblue makin populer di Amerika. Bahkan berkat pembiakkan yang juga dilakukan oleh penangkar lain, perkembangan parblue makin meluas hingga daratan Eropa.

Sementara masuknya parblue di Indonesia diawali oleh beberapa penangkar di Indonesia yang mengimpor parblue dari Amerika. Karena memang tidak mungkin mencetak parblue tanpa menggunakan induk dari jenis parblue juga.

Beberapa penangkar lovebird di Indonesia yang berhasil menangkarkan parblue diantaranya Joely Exotict LB dan Lalang Kibar pemilik Pecok BF. Namun dibalik keberhasilannya menghasilkan parblue-parblue cantik, bukan berarti para breeder tersebut tidak pernah gagal. Dengan perjuangan berat serta rajin melakukan trial and error, akhirnya varian-varian baru purblue di Indonesia terus bermunculan.

Menurut Joely Exotic LB, seperti dilansir omkicau.com, meskipun harga pureblue jauh diatas lovebird exotic lain, namun permintaan pasar terhadap parblue terus meningkat. Bahkan permintaan lovebird hasil breeding anak-anak Indonesia makin diminati di mancanegara.

Jenis jenis Lovebird Parblue di Indonesia

Mengenai jenis-jenis lovebird parblue, sebenarnya sudah ratusan macamnya. Namun di Indonesia baru mencapai puluhan jenis, itupun tidak semua penangkar memilikinya.

Secara umum terdapat tiga kelompok besar varian lovebird

  • Parblue fischeri (muka kuning), merupakan parblue yang pertama kali ditemukan Felix del Valle.
  • Parblue personata (kepala hitam).
  • Parblue sable head (kepala kuning, full ngalung).

Sedangkan jenis-jenis parblue yang ada di Indonesia seperti

  • Parblue standar hijau (Standard parblue green)

Parblue standart hijau merupakan parblue yang pertama kali ditemukan oleh felix del valle di florida. Parblue standart hijau memiliki kisaran harga Rp 4 juta saat anakan. Dan sekitar Rp 6 juta untuk burung yang telah dewasa. Bahkan harganya bisa lebih dari itu, tergantung kualitas, kondisi kesehatan, ukuran maupun asal usul indukan.

  • Parblue standart pastel

Parblue standar pastel memiliki bentuh tubuh, ukuran, serta kemampuan yang mirip dengan parblue standar hijau. Hanya warnanya yang membedakan, yaitu terlihat seperti abu-abu. Untuk harga juga berkisar 4-6 juta tergantung ukuran serta kualitasnya.

  • Parblue sable head

Parblue sable head memiliki corak kepala yang polos bersih tanpa noda. Juga tanpa corak pola pada bagian tubuhnya. Lovebird ini memiliki banyak varian warna dengan harga yang juga bervariasi.

Dibanding parblue jenis lain, bisa dibilang Parblue sable head adalah parblue paling mahal. Untuk jenis parblue sable violet saja harga anakannya bisa mencapai Rp 8,5 juta. Sedangkan dewasanya bisa mencapai rata rata Rp 12 juta per ekor tergantung kualitasnya. Selain parblue sable violet, varian lain dari Parblue sable head adalah parblue sable move dan sable green.

  • Parblue blorok

Jika parblue sable head merupakan parblue paling mahal, maka parblue blorok merupakan parblue paling eksotis. Parblue sable head memiliki warna yang sedikit memudar dibanding yang lain. Sehingga tampilannya terlihat lebih unik dan berbeda dengan yang lain. Untuk harga berkisar antar Rp 5-8 juta per ekor tergantung ukuran,kualitas, dll.

Parblue blorok memiliki 2 jenis

  1. Jenis Parblue Blorok Dark Violet
  2. Jenis Parblu Blorok Biru
  • Personata parblue

Personata parblue memiliki warna yang hampir mirip dengan jenis lovebird kepala hitam dengan ciri khas warna hitam pada bagian muka. Tetapi personata parblue bagian leher berwarna putih kekuningan dan kuning cerah.

Demikianjenis-jenis lovebird di Indonesia beserta perkiraan harganya saat ini semoga bermanfaat.

PENTING