Mengenal Jamur Trichoderma dan Perannya Dalam Dunia Pertanian

Posted on

Mengenal Jamur Trichoderma sp.

bertaniorganik.com –┬áMengenal Jamur Trichoderma dan Perannya Dalam Dunia Pertanian – Trichoderma sp merupakan sejenis cendawan atau jamur yang masuk dalam kelas ascomycetes. Jamur ini memiliki sifat antifungal yaitu bersifat antagonis terhadap jamur patogen. Jamur patogen yakni jamur yang mengganggu, merusak, dan merugikan tanaman. Di alam, jamur trichoderma sp. banyak ditemukan di tanah hutan, lahan pertanian, dan tunggul tunggul kayu.

Dari berbagai penelitian menyebutkan, jamur trichoderma merupakan salah satu jamur yang dapat menjadi agen hayati atau agen biokontrol karena sifatnya yang antagonis terhadap jamur lain yang merugikan tanaman. Sifat antagonis jamur trichoderma dapat berupa persaingan, parasitisme, predasi, atau pembentukan toksin seperti antibiotik.

Beberapa spesies trichodarma yang berfungsi sebagai agen hayati diantaranya Trichoderma harzianum, Trichoderma Viridae, dan Trichoderma konigili. Diantara spesies tersebut, spesies Trichoderma harzianum merupakan salah satu spesies yang memiliki aktifitas paling tinggi sebagai antifungal. Sehingga spesies inilah yang paling banyak diteliti dan dipelajari.

Baca: Cara Membuat Bibit Jamur Trichoderma sp Sendiri Dengan Media Nasi

Peran Trichodarma sp. Dalam Pertanian

 

Contoh produk trichoderma

Saat ini para petani khususnya di Indonesia memiliki ketergantungan terhadap bahan-bahan kimia yang bersifat racun seperti insektisida, fungisida, dan bakterisida. Bahan-bahan kimia tersebut jika digunakan secara terus menerus selain memiliki efek samping terhadap kesehatan juga dapat merusak alam. Untuk itu kita harus menggali bahan-bahan di sekitar kita untuk dapat dimanfaatkan sebagai pengganti bahan-bahan kimia tersebut. Banyak sebenarnya mikroorganisme dari alam yang dapat kita manfatkan untuk proses kelestarian lingkungan. Salah satu mikroorganisme fungsional yang dikenal luas sebagai pupuk biologis dan biofungisida adalah cendawan trichoderma.

Baca: Langkah-langkah Pengembang Biakkan/Memperbanyak Jamur Trichoderma sp Dan Contoh Pengaplikasiannya Pada Lahan Pertanian

Sebagai mikroorgnisme fungsional yang memiliki potensi besar untuk dikembangkan, trichoderma memiliki beberapa kelebihan:

  • Mudah diisolasi, dikembangkan dan daya adaptasinya baik
  • Mudah ditemukan di tanah area pertanaman
  • Mampu tumbuh secara cepat pada berbagai substrat
  • Memiliki kisaran mikroparasitisme yang luas.
  • Bukan sumber atau patogen pada tanaman budidaya

Sebagai jamur yang dikenal sebagai pengendali organisme penggannggu tanaman, setidaknya tricodarma memiliki beberapa fungsi:

  • Jamur Trichoderma sp berfungsi sebagai dekomposer atau pengurai dalam pembuatan pupuk organik.
  • Jamur Trichoderma sp sering digunakan untuk mengendalikan penyakit Fusarium oxysporum (penyebab penyakit busuk batang pada tanaman Vanili), Phytophtora sp (penyebab penyakit busuk pangkal batang pada tanaman Lada) dan Rigidoporus lignosus (penyebab penyakit jamur akar putih pada tanaman karet), Rizoctonia solani, Fusarium monilifome, sclerotium rolfsii dan cendawan Sclerotium rilfisil.
  • Selain itu trichoderma juga efektif mengendalikan Phytium sp yang merupakan patogen tanah penyebab penyakit rebah kecambah pada kacang-kacangan.
  • Jamur Trichoderma mempunyai kemampuan untuk meningkatkan kecepatan pertumbuhan dan perkembangan tanaman. Jamur trichoderma juga memiliki kemampuan untuk memicu produksi perakaran sehat serta meningkatkan kedalaman akar ke bawah permukaan tanah. Akar yang lebih dalam ini menyebabkan tanaman menjadi lebih tahan terhadap kekeringan, seperti pada tanaman jagung dan tanaman hias.

Penggunaan pupuk biologis dan biofungisida Trichoderma sp pada tanaman memang tidak memperlihatkan dampak manfaatnya secara langsung seperti pada penggunaan pupuk ataupun fungisida kimia. Namun dengan penggunaan pupuk biologis dan biofungisida Trichoderma sp secara rutin, akan dapat memberikan manfaat yang lebih baik daripada pupuk dan fungisida kimia.

Artikel Menarik Lain:

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *