Cara Mudah Membuat Probiotik Alami Untuk Fermentasi Pakan Ternak

Posted on

Manfaat Pakan Fermentasi Untuk Ternak

bertaniorganik.com – Membuat Probiotik Alami Untuk Fermentasi Pakan Ternak. Saat ini dunia peternakan sudah tidak bisa lagi bergantung pada pakan hijau yang didapat dari alam. Hal ini selain karena lahan penyedia pakan hijau yang semakin sempit, juga karena tidak efektifnya waktu dan tenaga jika harus terus menerus mengandalkan mencari pakan hijau setiap hari. Belum lagi susahnya mencari pakan hijau jika terbentur musim kemarau.

Maka solusi efektif yang bisa diterapkan peternak agar kebutuhan pakan tetap terjaga adalah dengan cara membuat fermentasi pakan ternak. Dengan teknik fermentasi ini, selain efisien terhadap waktu dan tenaga, juga kualitas dan nutrisi pakan tetap terjaga meskipun disimpan dalam waktu yang cukup lama.

Kalau sebelumnya kita sudah membahas Cara Membuat Pakan Fermentasi Jerami Untuk Ternak Kambing Dengan SOC pada artikel kali ini kita akan membahas Cara Membuat Probiotik Alami Untuk Fermentasi Pakan Ternak.

Seperti kita ketahui bahwa probiotik merupakan katalisator  utama terjadinya proses fermentasi dalam pembuatan pakan ternak. Contok produk probiotik yang sering digunakan dalam fermentasi adalah EM4, namun kadangkala EM4 sulit didapatkan. Nah untuk mengatasinya kita bisa membuat sendiri probiotik dengan mudah dan murah menggunakan bahan-bahan alami.

Cara Membuat Probiotik Alami

Bahan-bahan

  • Pisang yang sudah matang 1 buah

  • Ares/hati pisang lapuk (bagian dalam batang pisang) 20 cm
  • Air cucian beras 1 liter
  • Gula pasir 4 sendok makan (bisa menggunakan gula merah atau molases)

Langkah Langkah Membuat Probiotik Alami

  • Rajang pisang masak dan ares pisang sampai halus
  • Campur keduanya dengan air leri dalam sebuah wadah dan aduk-aduk sampai rata
  • Setelah diaduk-aduk kemudian wadah ditutup rapat-rapat
  • Biarkan sampai 3 hari
  • Bila sudah tercium bau seperti bau tape berarti probiotik sudah jadi
  • Probiotik alami sudah jadi

Demikian ulasan singkat cara membuat probiotik alami untuk fermentasi pakan ternak. Semoga bermanfaat. Jangan lupa dishare untuk kemajuan petani Indonesia.

Baca Juga

Gravatar Image
Syahid Bilal, tinggal di daerah Pekalongan-Lampung Timur yang merupakan sentra pembibitan terbesar di daerah Lampung. Sebagai orang yang berhasrat terhadap dunia tulis-menulis dan mengagumi dunia pertanian, berbagi pengetahuan seputar dunia pertanian adalah sebuah kebahagiaan. Salam kenal :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *