Tips Jitu Mengatasi Burung Pleci Yang Stress Agar Gacor Kembali

Ciri-ciri Burung Pleci Stress

bertaniorganik.com–¬†Tips Jitu Mengatasi Burung Pleci Yang Stress Agar Gacor Kembali – Siapa yang tak ikut stress jika ternyata burung pleci kesayangan kita sedang dilanda stress dan malas berbunyi alias membisu. Oleh karena itu, sebagai pemilik burung pleci kita harus lebih hati-hati stress tidak melanda burung kesayangan kita.

Burung pleci yang sedang stress ditandai dengan ciri-ciri :

  • Kondisi burung lebih pendiam dan tidak mau mengeluarkan kicauan.
  • Bulunya terlihat lusuh dan tidak indah lagi.

Jika burung pleci mengalami stress dalam waktu yang cukup lama, maka kondisinya akan terus menurun. Jika ini dibiarkan akan menyebabkan kondisi mental dan suara burung menjadi tidak bagus dan tidak bisa lagi untuk dikompetisikan.

Lalu apa sebenarnya penyebab burung pleci mengalami stress?

Penyebab Burung Pleci Stress

Hampir semua penyebab burung pleci menjadi stress berasal dari faktor luar, seperti:

  • Burung pleci kalah saing dengan burung pleci lain. Adanya burung pleci lain yang memiliki suara yang lebih sangar dan lebih gacor dari dirinya dapat menyebabkan burung pleci tersebut merasa terancam dan tertekan. Sehingga menyebabkan burung tersebut menjadi stress.
  • Kondisi makanan. Jika pakan yang kita berikan tidak cocok dengan makanan yang biasa di makan oleh burung pleci maka akan menyebabkan si burung stress.
  • Kondisi sangkar. Kondisi sangkar yang tidak nyaman dapat membuat burung pleci stress. Misalnya burung pleci sering dipindah-pindah sangkar, hal ini dapat membuatnya stress. Selain itu pijakan atau tangkringan yang sering digonta-ganti juga dapat membuatnya stress. Jika burung pleci baru saja dipindah sangkar, sebaiknya perhatikanlah apakah pijakannya nyaman atau tidak. Jika si burung pleci merasa kurang nyaman sebaiknya gantilah dengan pijakan lama yang biasa dipakai oleh burung pleci.

Demikian beberapa penyebab yang dapat membuat burung pleci stress. Dengan mengetahui beberapa penyebabnya maka kita dapat melakukan pencegahan. Namun jika burung pleci sudah terlanjur stress ada beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengatasinya.

Langkah-langkah Mengatasi Burung Pleci Stress

Di atas kita sudah membahas penyebab burung pleci stress. Namun jika burung pleci sudah terlanjur stress apa yang harus kita lakukan?

  • Dengan berjemur. Langkah pertama untuk mengatasi burung pleci stres adalah dengan menjemur burung pleci pada waktu pagi hari minimal 3 jam. Penjemuran ini berguna untuk memulihkan semangat burung pleci. Selama masa penjemuran jangan diberi makan dan minum agar burung pleci fokus berjemur saja.
  • Beri pakan khusus setelah berjemur. Pakan khusus yang diberikan berupa buah pepaya segar yang dicampur dengan madu dan air serta ditambahkan larutan penyegar. Kombinasi makanan khusus ini berguna untuk membangkitkan gairah burung pleci.
  • Memutarkan suara kicauan burung lain. Ini adalah langkah terakhir setelah dilakukan penjemuran dan pemberian pakan khusus selama tiga hari berturut turut namun belum berhasil. Dengan mendengar suara kicauan burung lain, diharapkan burung pleci akan terangsang semangatnya untuk menjawab kicauan burung lain.

Demikian cara mengatasi burung pleci yang stress agar gacor kembali. Semoga bermanfaat.