AMPUH Cara Membuat dan Meningkatkan Suplemen Ransum Ayam Petelur Dengan Pace / Mengkudu

Khasiat Buah Mengkudu Bagi Ternak Ayam Petelur

bertaniorganik.com – Cara Meningkatkan Suplemen Ransum Ayam Petelur Dengan Pace / Mengkudu. Buah mengkudu atau pace selama ini memang dikenal sebagai buah yang kaya akan manfaat bagi manusia. Terutama digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Buah pace selain digunakan untuk obat herbal juga memiliki manfaat lain yaitu sebagai suplemen bagi ternak khususnya ternak ayam.

Suplemen mengkudu ini diperoleh dari ampas mengkudu yang berasal dari limbah perasan sari mengkudu. Ampas ini mengandung senyawa alkaloid, bitters, flavonoids, glycosida, saponin dan tanin yang sangat bagus digunakan sebagai bahan campuran pakan dan dapat meningkatkan efisiensi penggunaan ransum pada ayam petelur. Dengan suplemen dari ampas mengkudu dapat meningkatkan bobot telur dan produksi yang tinggi pada ayam petelur.

Keunggulan Ampas Mengkudu

1. Pada ayam broiler, penambahan ampas mengkudu 4,8 g/kg dapat menghasilkan bobot akhir sebesar 1.086 g/ekor, konsumsi ransum 1.692 g/ekor dan konversi ransum 1,63 g/g. Persentase bobot karkas yang mendapat ampas mengkudu cenderung lebih tinggi menjadi 68,1%, sebaliknya persentase lemak abdomen cenderung lebih rendah menjadi 1,76% dibandingkan dengan kontrol

2. Pada ayam petelur, pemberian ampas mengkudu 5 g/kg meningkatkan bobot telur menjadi 56,34 g/butir (peningkatan sebesar 4,4%), memperbaiki konversi ransum menjadi 2,28 g/kg (peningkatan sebesar 7,5%) dan cenderung meningkatkan produksi telur hen day 82,97 % (peningkatan sebesar 4,7%). Dengan demikian suplementasi ampas mengkudu sebesar 4,8 g/kg dapat menjadi alternatif dalam efisiensi konversi ransum ayam broiler.

3. Perbaikan efisiensi penggunaan ransum oleh bioaktif ampas mengkudu sebanyak 5 g/kg setara pada ayam petelur dengan antibiotika (50 ppm Zink basitrasin) dalam aspek produksi dan bobot telur.

Cara Pembuatan Suplemen

  • Cuci buah mengkudu sampai bersih.
  • Parut buah mengkudu, kemudian hasil parutan dipress dengan tekanan 100 bar.
  • Ambil ampas mengkudu yang sudah dipress, oven pada suhu 60°C kemudian digiling.
  • Campurkan ampas mengkudu tersebut ke dalam pakan atau ransum untuk diberikan kepada ayam.

Sumber: kabartani.com dengan pengubahan seperlunya.

BACA JUGA