AMPUH Cara Mengobati Penyakit Gudik (Kudis) Pada Kambing Menggunakan Ekstrak Daun Gamal

Penyebab Penyakit Gudik (Kudis) Pada Kambing

bertaniorganik.com – Cara Mengobati Penyakit Kudis (Gudik) Pada Kambing Secara Ampuh Menggunakan Ekstrak Daun Gamal. Penyakit kudis (Scabies) atau biasa disebut gudik merupakan salah satu jenis penyakit yang sering menyerang pada ternak kambing atau domba. Penyakit kudis disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabie dan Psoroptes ovis yang menyebabkan dermatitis parah.

Penyakit kudis (scabies) dapat menyebar dengan sangat cepat melalui kontak langsung dan bahan bahan yang ada di kandang seperti pagar, tempat pakan dan lain sebagainya yang terkontaminasi dan bertindak sebagai carrier.

Gejala kambing yang terkena penyakit kudis, kambing mengalami rasa gatal yang hebat sehingga terus berusaha menggaruk garuk, hingga kulit akan lecet, timbul kropeng dan kerontokan bulu.

Pada gejala lanjutan, kulit akan menjadi tebal yang umumnya muncul di sekitar mata, ujung mulut, di dalam telinga dan dapat menyebar pada seluruh bagian tubuh. Jika luka terjadi disekitar mulut maka kambing akan mengalami kesulitan makan dan akan mati karena kekurangan makanan.

Jika penyakit ini sudah menyerang akan menyebabkan kerugian besar bagi peternak karena kambing akan mengalami penurunan berat badan, penurunan produksi daging, kualitas kulit dan gangguan kesehatan masyarakat hingga menyebabkan penurunan harga jual hingga 1/2 harga normal. Kambing yang terkena scabies jika tidak segera diobati  akan mati dalam kurun 3 bulan. Selain kerugian secara ekonomis, penyakit scabie juga dapat bersifat zoonosis (menyerang manusia).

Untuk mengobati penyakit kudis biasanya peternak menyuntikkan antibiotik dengan petunjuk dokter hewan setempat dengan harga yang cukup mahal. Namun sebenarnya kita dapat mengobati penyakit ini dengan efektif dan murah menggunakan ekstrak daun gamal (Gliricidia sepium).

Daun gamal atau sering disebut cebreng atau daun yodium merupakan tanaman yang mudah didapat karena biasanya daun ini biasa dijadikan tanaman pelindung yang daunnya dijadikan hijauan pakan ternak ruminansia. Daun gamal dapat dijadikan obat kudis yang ampuh karena memiliki bahan aktif kumarin insektisida, rodentisida, dan bakterisida.

Daun gamal yang digunakan untuk pengobatan adalah daun yang memiliki kadar kumarin tinggi yaitu daun yang sudah tua tetapi masih lunak dari pohon yang sudah berumur lebih dari 6 bulan. Semakin tinggi kadar kumarinnya semakin baik efeknya untuk pengobatan.

Untuk mengetahui kadar kumarin tinggi dengan mudah adalah dengan cara merobek daun dan mencium aromanya. Semakin kuat aromanya biasanya memiliki kadar kumarin yang tinggi.

Cara Membuat Ekstrak Daun Gamal

Untuk membuat ekstrak daun gamal atau minyak daun gamal sebenarnya caranya sangat mudah. Berikut ini cara membuat dan mengaplikasikannya.

  • Pisahkan daun gamal dari rantingnya kemudian cincang kecil-kecil dan dihaluskan.
  • Daun yang sudah dihaluskan akan mengeluarkan sedikit minyak. Selanjutnya masukkan kedalam panci untuk dimasak dengan ditambahkan minyak goreng dengan takaran 1:2 (jika daun gamal 100 gr, maka minyak sawitnya 200 gr).
  • Selanjutnya daun gamal kita rebus hingga mendidih.
  • Setelah itu, kecilkan api dan tetap direbus hingga kurang lebih 1 jam kemudian kita dinginkan.
  • Setelah dingin angkat hasil ekstrak tersebut dan disaring menggunakan kain sambil diperas sampai minyaknya tersaring sempurna.
  • Hasil saringan kemudian masukkan ke dalam botol berwarna gelap dan disimpan pada suhu ruang sampai 1 minggu. Jika dimasukkan ke dalam lemari es dapat bertahan hingga 6 bulan.
  • Ekstrak minyak daun gamal juga bisa langsung kita aplikasikan ke ternak yang terkena scabies.

Cara Pengobatan Pada Kambing

  • Oleskan minyak daun gamal menggunakan kuas atau sabut kelapa pada seluruh permukaan kulit kambing yang terkena penyakit scabies.
  • Jika kudis (scabies) sudah menyebar pada sebagian badan sebaiknya oleskan minyak daun gamal pada seluruh tubuh untuk mencegah tungau menyebar ke bagian tubuh lain.
  • Lakukan pengobatan sebanyak 2 kali selama 1 minggu. Jika serangan scabies sudah berat ulangi pengobatan selama 2-3 minggu. Dengan aplikasi yang benar dan teratur tingkat kesembuhan dapat mencapai 100%.
  • Kambing yang sudah diobati sebaiknya dipindahkan ke kandang yang bersih dan bebas scabies. Kandang baru yang akan digunakan sebaiknya disemprot terlebih dahulu menggunakan insektisida. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah kambing terserang kembali jika ditempatkan pada kandang yang tercemar. Karena biasanya kambing yang baru sembuh dari scabies tidak cukup memiliki kekebalan.

Demikian Cara Pengobatan Penyakit Kudis Pada Kambing Menggunakan Ekstrak Daun Gamal. Sangat mudah bukan?

BACA JUGA

Cara Lengkap Mengatasi Kambing Kembung Atau Masuk Angin

Kenali Jenis-jenis Penyakit Pada Kambing dan Pengobatannya

Penyebab Bulu Kambing Rontok, Cara Pencegahan dan Pengobatannya

Membuat Pakan Fermentasi Jerami Untuk Ternak Kambing Dengan SOC

Langkah langkah Membuat Pakan Kambing Fermentasi Komplit Bernutrisi Tinggi

Cara Mengobati Penyakit Cacingan Pada Kambing