[Panduan Lengkap] Membuat Pakan Puyuh Petelur Sendiri

ternak puyuhMembuat Pakan Alternatif Puyuh Petelur

bertaniorganik.com – Panduan Lengkap Membuat Pakan Puyuh Petelur Sendiri. Tujuan dari membuat pakan puyuh alternatif adalah untuk menghemat biaya produksi peternakan burung puyuh. Karena selain pakan dibuat sendiri, bahan-bahan yang digunakan juga murah dan mudah didapat.

Tapi meskipun pembuatan pakan alternatif bertujuan menghemat biaya produksi ternak puyuh karena menggunakan bahan yang murah, tentu saja asupan nutrisi yang dibutuhkan ternak puyuh juga perlu diperhatikan.

Formula Pakan Puyuh Buatan sendiri

Seekor burung puyuh rata-rata membutuhkan energi sebanyak 2.700 kkal dan membutuhkan protein sebesar 22%. Untuk mencukupi kebutuhan ini haruslah terpenuhi dari pakan yang kita berikan. Oleh karena itu kita tidak bisa sembarangan dalam memberikan pakan, komposisi nutrisinya harus benar benar kita perhatikan. Sebab hal itu akan berpengaruh terhadap produksi telurnya dan tentu saja akan mempengaruhi keberhasilan ternak puyuh kita.

Namun harga pakan buatan pabrik yang sering naik drastis seringkali membuat kalangkabut para peternak, terutama para peternak pemula. Karena tingginya harga pakan buatan pabrik tentu saja akan membuat biaya pakan membengkak.

Oleh karena itu untuk mengatasi hal tersebut biasanya para peternak membuat pakan alternatif sendiri. Dengan membuat pakan sendiri selain menghemat biaya karena bahan yang digunakan terjangkau juga komposisi nutrisinya tetap diperhatikan.

Untuk membuat pakan alternatif tinggi nutrisi, berikut ini adalah panduan dan contoh bahan yang bisa digunakan:

Sumber Energi    

  1. Jagung giling
  2. Dedak halus atau bekatul
  3. Bungkil kelapa

Sumber Protein

  1. Bungkil kedelai
  2. Tepung tulang

Langkah Langkah Membuat Pakan Alternatif

Bahan

  1. Jagung giling 40 %
  2. Bekatul atau dedak halus 20%
  3. Bungkil kedelai 25%
  4. Tepung ikan 10%
  5. Premik, obat dan antibiotik 5%

Cara Membuat

  • Cari lokasi yang bersih untuk mencampur bahan-bahan pembuat pakan. Misalnya dilantai plester atau diatas karpet plastik lebar.
  • Campurkan terlebih dahulu bahan mikro seperti vitamin, antibiotik, dan obat.
  • Selanjutnya hamparkan satu persatu bahan ke atas lantai dimulai dari yang terbanyak seperti jagung giling, bungkil kedelai, dedak, tepung ikan kemudian bahan mikro yang sebelumnya sudah dicampur.
  • Aduk aduk semua bahan tersebut hingga rata.
  • Selanjutnya pakan siap diberikan ke ternak.

Demikian cara membuat pakan alternatif puyuh petelur yang bisa di cobakan dirumah. Semoga bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

ARTIKEL TERKAIT